• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Obat Alami Sakit Tenggorokan yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Obat Alami Sakit Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Ini Obat Alami Sakit Tenggorokan yang Bisa Dicoba

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

“Ada banyak pilihan obat alami sakit tenggorokan yang bisa dipilih. Mulai dari air garam hingga cuka sari apel.”

Ini Obat Alami Sakit Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan umumnya bisa membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, karena gejalanya mengganggu, kamu bisa mengatasinya dengan mencoba obat alami sakit tenggorokan berikut ini!

Obat Alami Sakit Tenggorokan di Rumah

Sakit tenggorokan dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, atau iritasi pada tenggorokan. Gejala mungkin menjadi lebih buruk ketika menelan makanan atau cairan. Jika sudah parah, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Namun, jika masih tahap awal, pengobatan rumahan biasanya cukup untuk mengendalikan gejala. Berikut ini beberapa pilihan obat alami untuk sakit tenggorokan:

  1. Kumur Air Garam
air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Ini juga dapat membantu membunuh bakteri di tenggorokan. 

Buatlah larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Lakukan setiap 3 jam sekali secara rutin.

  1. Madu
madu

Madu yang dicampur dalam teh atau dikonsumsi begitu saja dapat menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Hal ini karena madu memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. 

  1. Teh Camomile
teh camomile

Teh chamomile secara alami dapat memberi efek menenangkan. Teh ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk untuk mengatasi sakit tenggorokan. Sebab, teh ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

  1. Akar Licorice
akar licorice

Akar licorice telah lama digunakan sebagai obat untuk sakit tenggorokan dan batuk. Akar licorice dapat membantu mengencerkan sekresi lendir dan melegakan tenggorokan.

  1. Cuka Sari Apel
cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki banyak bahan alami yang bersifat antimikroba. Ini bisa digunakan untuk meredakan gejala sakit tenggorokan, terutama akibat infeksi bakteri. Caranya, encerkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air, lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan ini setiap beberapa jam secara rutin. 

Itulah beberapa obat alami untuk sakit tenggorokan yang bisa dicoba di rumah. Jika gejala sakit tenggorokan tak kunjung membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Kamu bisa download Halodoc dan gunakan untuk membuat janji rumah sakit favoritmu dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Natural Remedies for Sore Throat.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 6 Sore Throat Remedies That Actually Work.