• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah

Ini Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Mei 2022

“Diare yang masih terbilang ringan umumnya bisa ditangani dengan perawatan rumahan. Mulai dari perbanyak asupan cairan, membuat oralit sendiri, hingga mengonsumsi teh jahe.”

Ini Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah

Halodoc, Jakarta – Diare terjadi saat kamu mengalami buang air besar berulang kali dengan tekstur feses yang cair. Kondisi ini membuat tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Berbagai Obat Diare Alami yang Bisa Dicoba

Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, berikut ini obat diare alami yang bisa dicoba untuk meredakan diare:

  1. Oralit

Kamu berisiko tinggi mengalami dehidrasi ketika mengalami diare. Selain minum air putih lebih banyak, disarankan minum oralit sebagai pengganti cairan tubuh. 

Oralit juga bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya, larutan sebanyak 6 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam di dalam satu liter air. Aduk sampai tercampur dan minum sebanyak 250 mililiter setiap empat hingga enam jam sekali. 

  1. Teh Jahe

Jahe banyak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meringankan rasa tidak nyaman pada area perut. Memiliki sifat antinyeri, antibakteri, antiperadangan, dan tinggi antioksidan membuat jahe juga dipercaya mampu meredakan diare. 

  1. Lada Putih

Lada putih dalam bentuk kering umumnya dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan sakit perut karena kandungan piperine di dalamnya. Senyawa tersebut meringankan rasa nyeri dan mengurangi peradangan pada tubuh. Meski dampaknya menggiurkan, masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai hal ini.

  1. Cuka Apel

Cuka apel berasal dari ekstrak apel yang telah mengalami proses fermentasi. Proses tersebut menghasilkan senyawa pektin yang diyakini membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Keberadaan bakteri baik mencegah peradangan yang umum dialami ketika sedang diare.

  1. Chamomile dan Akar Marshmallow

Chamomile memiliki kandungan zat aktif antiperadangan untuk menenangkan perut dari rasa mual maupun kembung. Marshmallow juga kerap dipakai sebagai obat alami mengatasi peradangan pada lapisan perut. 

Itulah obat alami diare yang bisa kamu coba di rumah. Jika diare tidak kunjung membaik, kamu bisa mencoba obat diare generik yang diresepkan dokter. Beli lebih mudah secara online di Toko Kesehatan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di ponselmu!

Referensi:
The American Journal of Chinese Medicine. Diakses pada 2022. Stir-fried white pepper can treat diarrhea in infants and children efficiently: a randomized controlled trial.
International Journal of Applied And Pure Science and Agriculture. Diakses pada 2022. Antibacterial Effect of Garlic and Ginger Extracts.
Journal of Agricultural and Food Chemistry. Diakses pada 2022. Ginger and Its Bioactive Component Inhibit Enterotoxigenic Escherichia coli Heat-Labile Enterotoxin-Induced Diarrhea in Mice.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Diarrhea.