• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Panduan Memilih Tensimeter yang Tepat untuk di Rumah

Ini Panduan Memilih Tensimeter yang Tepat untuk di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Panduan Memilih Tensimeter yang Tepat untuk di Rumah

“Bingung memilih tensimeter yang tepat untuk digunakan di rumah? Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah fitur, kemudahan penggunaan, dan keakuratan hasil pengukuran. Mudahnya, kamu bisa pilih alat seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.”

Halodoc, Jakarta – Pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya disarankan untuk rutin mengukur tekanan darahnya sendiri di rumah. Namun, bagaimana memilih tensimeter yang tepat?

Tentunya ada banyak pilihan dan jenis tensimeter atau alat pengukur tekanan darah yang dijual di pasaran. Namun, agar mudah digunakan di rumah oleh orang awam, tentunya kamu perlu cermat memilih. Yuk simak tips berikut ini!

Baca juga: 5 Pola Hidup Sehat agar Tekanan Darah Selalu Normal

Beberapa Tips Memilih Tensimeter yang Tepat

Ada banyak sekali produk tensimeter di pasaran, dengan berbagai harga dan fitur yang ditawarkan. Secara umum, berikut ini beberapa tips memilih tensimeter yang tepat untuk digunakan di rumah:

  • Pastikan angka pengukuran tekanan darah di monitor ditampilkan dengan jelas. Bila membeli untuk orangtua atau lansia, sebaiknya pilih yang tampilan angkanya berukuran besar agar mudah terbaca.
  • Sebaiknya pilih tensimeter yang digunakan di lengan, karena lebih akurat dibanding yang digunakan di pergelangan tangan atau jari.
  • Pilih tensimeter dengan manset yang lilitannya pas, tidak terlalu sempit ataupun terlalu longgar. Ini untuk menghindari ketidakakuratan pengukuran.
  • Bila ada, pilihlah tensimeter dengan manset yang bisa menggembung dengan otomatis.
  • Bila ingin memantau grafik pengukuran tekanan darah rutin, kamu bisa memilih tensimeter yang bisa terhubung pada smartphone dan mengirim hasil pengukuran ke aplikasi tertentu.

Pertimbangan Lainnya

Setelah mengetahui tips-tips umum memilih tensimeter yang tepat tadi, ada beberapa hal lain yang juga bisa kamu pertimbangkan ketika memilih tensimeter untuk di rumah, yaitu:

1. Mudah Digunakan

Sebelum memutuskan membeli, pastikan kamu mencoba tensimeter yang akan dibeli terlebih dahulu. Pertimbangkan untuk membeli jika tensimeter mudah untuk digunakan dan dibaca hasil pengukurannya. Sebab, setiap alat bisa saja berbeda.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

2. Fitur yang Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih tensimeter yang tepat, kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya, jika tensimeter akan digunakan oleh beberapa orang di rumah, pilih yang memiliki fitur penyimpan hasil pengukuran beberapa orang.

Pilih juga tensimeter dengan layar yang lebar dan ukuran angka yang besar. Hal ini untuk memudahkan membaca hasil pengukuran, bila ada anggota keluarga di rumah yang sudah lanjut usia.

3. Tidak Perlu yang Paling Mahal

Meski perlu mencurigai tensimeter yang dijual terlalu murah dari seharusnya, kamu tidak perlu membeli alat yang paling mahal, kok. Sebab, ada beberapa produk tensimeter yang cukup canggih dan bagus, tetapi harganya terjangkau.

Jadi, mahalnya harga tidak menjamin sebuah tensimeter bisa memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Selama bisa berfungsi dengan baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan, memilih yang harganya lebih murah ketimbang yang lain tidak ada salahnya kok.

Mengenal Jenis-jenis Tensimeter

Agar tidak bingung dalam memilih tensimeter yang tepat untuk digunakan di rumah, tidak ada salahnya untuk mengenal jenis-jenisnya. Di pasaran, tensimeter tersedia dalam berbagai jenis. Berikut ini dijelaskan satu persatu:

1. Tensimeter Arm Monitor

Seperti namanya, tensimeter ini adalah jenis yang biasa digunakan di lengan. Jenisnya terbagi lagi menjadi dua, yaitu:

  • Aneroid monitor. Biasa digunakan di klinik, puskesmas, dan rumah sakit. Alat ini digunakan dengan menekan pompa agar manset yang melilit lengan bisa menggelembung. Ini adalah yang paling murah, tetapi relatif cepat rusak.
  • Digital monitor. Ada yang bisa menggembungkan lilitan pada lengan secara otomatis, dan ada juga yang tetap harus dipompa. Tensimeter jenis ini cukup mudah digunakan untuk mengukur tekanan darah.

Baca juga: Benarkah Genjer Ampuh untuk Menjaga Tekanan Darah?

2. Tensi Meter Wrist Monitor

Ini adalah jenis tensimeter yang digunakan di pergelangan tangan. Namun, alat ini cukup sulit digunakan karena harus menjaga posisi pergelangan tangan sejajar jantung, sembari membaca hasil pengukuran.

Bila ada gerakan sedikit saja, hasil bisa berubah dan jadi tidak akurat. Untuk penggunaan rumahan, tensimeter jenis ini tidak disarankan. Namun, tetap bisa jadi pilihan jika tidak memungkinkan menggunakan tensimeter lengan.

Itulah pembahasan mengenai cara memilih tensimeter yang tepat untuk digunakan di rumah. Dapat diketahui bahwa kemudahan penggunaan dan fitur yang sesuai kebutuhan jadi patokan utama dalam memilih tensimeter.

Sebelum membeli, pastikan kamu sudah mencobanya terlebih dahulu dan merasa yakin. Pertimbangan lain dalam memilih tensimeter kembali lagi pada kebutuhan kamu.

Bila saat mencoba tensimeter di rumah kamu mengalami kesulitan atau kebingungan, jangan dulu panik. Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Harvard Heart Publishing. Diakses pada 2021. Choosing and Using a Home Blood Pressure Monitor.
American Heart Association. Diakses pada 2021. Monitoring Your Blood Pressure at Home.
WebMD. Diakses pada 2021. How to Pick a Home Blood Pressure Monitor.