• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pemeriksaan Kesehatan untuk Wanita Berdasarkan Usia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pemeriksaan Kesehatan untuk Wanita Berdasarkan Usia

Ini Pemeriksaan Kesehatan untuk Wanita Berdasarkan Usia

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 April 2022

“Ada beberapa pemeriksaan kesehatan untuk wanita di usia-usia tertentu yang sebaiknya jangan dilewatkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit yang bisa terjadi pada wanita.”

Ini Pemeriksaan Kesehatan untuk Wanita Berdasarkan Usia

Halodoc, Jakarta – Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan. Mulai dari berolahraga secara rutin, menjaga gaya hidup tetap sehat, hingga mengatur pola makan. Namun, apakah kamu sudah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh? Jika belum, sebaiknya jangan lewatkan pemeriksaan kesehatan setiap tahunnya.

Bukan hanya pria, wanita juga perlu melakukan berbagai pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyakit yang bisa dialami oleh wanita. Ada beberapa pemeriksaan kesehatan untuk wanita yang perlu dilakukan berdasarkan usia. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan tetap dalam kondisi yang baik. Berikut ulasannya!

Pemeriksaan Kesehatan untuk Wanita

Pemeriksaan kesehatan untuk wanita menjadi hal yang penting dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit yang mengganggu kondisi kesehatan. Apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu yang diturunkan dari keluarga. 

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, gangguan kesehatan yang ada bisa didiagnosis lebih dini sehingga pengobatan dan perawatan akan lebih mudah dilakukan. Ada berbagai jenis pemeriksaan kesehatan untuk wanita, mulai dari pemeriksaan payudara hingga skrining kanker serviks. 

Namun, sebaiknya ketahui beberapa pemeriksaan kesehatan untuk wanita berdasarkan usia seperti berikut ini:

  1. Usia 20an

Memasuki usia 20an, kamu perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui kadar gula darah, kolesterol, hingga tekanan darah. Jika kamu tidak memiliki riwayat kesehatan dengan penyakit diabetes, kolesterol, atau hipertensi, maka kamu bisa melakukan pemeriksaan kesehatan setiap dua tahun sekali. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit tersebut, sebaiknya lakukan pemeriksaan setahun sekali atau sesuai anjuran dokter. 

Sementara itu, untuk wanita berusia 21 hingga 29 tahun yang sudah aktif secara seksual, mereka perlu melakukan screening atau tes pap smear setiap tiga tahun sekali untuk mencegah munculnya kanker serviks. 

  1. Usia 30an

Di usia 30an kamu juga wajib memantau kadar gula darah, apalagi jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dan tekanan darah. 

Skrining kanker serviks juga perlu dilakukan secara rutin di usia 30 hingga 65 tahun. Pemeriksaan dilakukan dengan sitologi dan tes pemeriksaan HPV setiap lima tahun sekali. Pemeriksaan sitologi juga perlu dilakukan tanpa pemeriksaan HPV setiap tiga tahun sekali.

Sesekali melakukan skrining kesehatan kulit juga perlu dilakukan, apalagi jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan gangguan kesehatan kulit, seperti kanker kulit.

  1. Usia 40an

Selain pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah secara rutin, di usia 40an kamu perlu melakukan pemeriksaan kesehatan mata dan gigi. Semakin bertambah usia, hal ini akan membuat kondisi kesehatan mata juga semakin menurun. 

Pemeriksaan mata secara rutin mencegah berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada mata, seperti glaukoma dan katarak. Jika kamu tidak memiliki riwayat gangguan pada mata, kamu bisa melakukan pemeriksaan setiap dua tahun sekali. Namun, jika kamu memiliki gangguan kesehatan mata, lakukan pemeriksaan sesuai saran dokter.

Pemeriksaan gigi juga tidak boleh dilewatkan ketika memasuki usia 40an. Gangguan pada mulut dan gigi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada organ tubuh lainnya. Jika kamu sehat, sebaiknya lakukan pemeriksaan setiap enam bulan sekali.

Memasuki usia 40, kamu juga wajib melakukan pemeriksaan payudara melalui mammogram. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi adanya massa dalam payudara. 

Hal ini penting untuk mendeteksi dan mendiagnosis adanya penyakit kanker payudara sejak dini. American College of Obstetrics and Gynecology juga menyarankan agar wanita 40 tahun melakukan mammogram setiap 1 hingga 2 tahun. 

  1. Usia 50an ke Atas

Memasuki usia 50 tahun, kamu perlu melakukan mammogram setahun sekali. Bukan hanya itu, pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah juga perlu dilakukan lebih sering untuk memastikan kondisi kesehatan.

Kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan tulang saat memasuki usia 65 tahun. Skrining kanker kolorektal juga tidak boleh dilewatkan pada usia ini. Jangan lupakan juga untuk pemeriksaan kesehatan telinga dan mata secara rutin.

Selain pemeriksaan kesehatan fisik, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan mental. Gejala gangguan kesehatan mental yang diketahui lebih dini tentunya dapat membantu kamu mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Selain itu, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter mengenai persiapan pemeriksaan kesehatan yang akan kamu lakukan. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Better Health. Diakses pada 2022. Health Checks for Women.
Today. Diakses pada 2022. Women’s Health Guide for Every Age: Preventive Screenings You Shouldn’t Miss.
Mount Sinai. Diakses pada 2022. Health Screening – Women – Ages 18 to 39.
Revere Health. Diakses pada 2022. Women’s Health Screenings by Age.
Cedars Sinai. Diakses pada 2022. Prevention Guidelines for Women 50–64.
Health Resources and Service Administration. Diakses pada 2022. Women’s Preventive Services Guidelines.