• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pemeriksaan Penunjang untuk Diagnosis Polisitemia Vera

Ini Pemeriksaan Penunjang untuk Diagnosis Polisitemia Vera

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Polisitemia vera merupakan jenis kanker darah yang harus diwaspadai. Pasalnya, penyakit yang satu ini sering kali muncul tanpa ditandai dengan gejala yang jelas. Alhasil, pengobatan sering terlambat dilakukan atau baru ditangani setelah gejala memburuk. Namun jangan khawatir, nyatanya ada beberapa jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis polisitemia vera. 

Penyakit ini yang satu ini disebut rentan menyerang orang yang sudah berusia di atas 60 tahun. Polisitemia vera adalah jenis kanker yang langka alias jarang sekali terjadi. Meski demikian, seperti penyakit kanker lainnya, polisitemia vera sama sekali tidak boleh dianggap remeh, sebab bisa menimbulkan komplikasi yang mengancam nyawa. Biar lebih jelas, simak penjelasannya berikut! 

Baca juga: 7 Fakta tentang Penyakit Langka Polisitemia Vera

Mendiagnosis Polisitemia Vera

Sayangnya, hingga kini tidak diketahui secara pasti apa penyebab pasti seseorang bisa mengalami polisitemia vera. Namun, penyakit ini disebut bisa terjadi karena adanya gangguan atau kelainan pada sumsum tulang belakang. Untuk memastikan diagnosis, perlu dilakukan pemeriksaan ke rumah sakit serta serangkaian pemeriksaan penunjang untuk polisitemia vera.

Polisitemia vera merupakan penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, pengobatan tetap perlu dilakukan untuk mengurangi jumlah sel darah merah, mencegah komplikasi, dan meringankan gejala yang muncul akibat penyakit ini. Selain jarang menimbulkan gejala, penyakit ini juga cenderung berkembang secara perlahan sehingga harus diwaspadai. 

Hal itu yang menyebabkan penyakit ini cenderung sulit terdeteksi, atau baru terdeteksi saat menjalani proses pemeriksaan untuk penyakit lain. Salah satu metode pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker darah ini adalah tes darah lengkap. Pemeriksaan ini nantinya akan menunjukkan beberapa hasil yang bisa digunakan untuk diagnosis. 

Sebelumnya, dokter akan menanyakan gejala yang muncul serta riwayat penyakit. Baru setelah itu dimulai tes melalui darah dan pemeriksaan penunjang lainnya. Tes darah lengkap terdiri dari pemeriksaan terhadap peningkatan jumlah sel darah merah dan disertai kenaikan jumlah platelet dan sel darah putih, peningkatan kadar hemoglobin, serta menurunnya kadar hormon eritropoietin yang merangsang sel sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah. 

Berikut penjelasan seputar pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan untuk mendeteksi polisitemia vera: 

  • Hitung Darah Lengkap 

Pemeriksaan pertama yang bisa dilakukan adalah hitung darah lengkap. Nantinya, hasil tes ini akan menunjukkan peningkatan jumlah sel darah merah, peningkatan hematokrit, peningkatan kadar hemoglobin, serta penurunan kadar eritropoetin. Hormon ini berperan dalam merangsang produksi sel darah merah oleh sumsum tulang.  

Baca juga: Lebih banyak Diidap Pria, Inilah Penyakit Langka Polisitemia Vera

  • Tes Genetik 

Selain memeriksa kondisi darah, nantinya orang yang dicurigai mengidap polisitemia vera juga akan melakukan tes genetik melalui sampel darah. Nantinya, sampel darah akan diteliti untuk mendeteksi kemungkinan adanya mutasi gen. 

  • Biopsi Sumsum Tulang

Pemeriksaan penunjang selanjutnya yang bisa dilakukan adalah biopsi sumsum tulang. Pemeriksaan ini bisa membantu memastikan diagnosis polisitemia vera dengan mengambil sampel cairan sumsum tulang. Nantinya, sampel akan diperiksa di laboratorium. 

  • USG Perut

USG juga bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit. Dalam kasus polisitemia vera, diagnosis mungkin dilakukan melalui USG perut untuk mendeteksi apakah ada gangguan pada ginjal atau tidak.

Baca juga: Simak Cara Mendeteksi Kanker Tulang Pada Anak Sedini Mungkin

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter tepercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play. 

Referensi 
NHS UK. Diakses pada 2020. Polycythaemia.
Rare Disease Information. Diakses pada 2020. Polycythemia Vera.
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Polycythemia Vera.