• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pentingnya Lakukan Vaksin Flu di Masa Pandemi

Ini Pentingnya Lakukan Vaksin Flu di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Flu dan COVID-19 merupakan penyakit yang berbahaya dan menyerang sistem pernapasan. Meskipun disebabkan oleh virus, tetapi kedua virus penyebab penyakit ini berbeda. Penyakit flu disebabkan oleh virus influenza, sedangkan COVID-19 disebabkan oleh virus corona atau SARS-CoV-2.

Baca juga: Serba Serbi Vaksin Flu Sebelum Suntik Vaksin Corona

Keduanya merupakan penyakit yang berbahaya dan sangat mudah menular. Untuk itu, pencegahan perlu dilakukan untuk menghindari dampak buruk dari flu maupun COVID-19. Flu sendiri dapat dicegah dengan melakukan vaksin flu secara rutin setiap tahunnya. Namun, seberapa penting melakukan vaksin flu di masa pandemi? Simak ulasannya dalam artikel ini!

Inilah Pentingnya Vaksin Flu di Masa Pandemi

Flu dan COVID-19 seringkali dianggap penyakit yang sama. Padahal, keduanya merupakan penyakit yang berbeda. Flu disebabkan oleh virus influenza, sedangkan COVID-19 disebabkan oleh virus corona atau SARS-CoV-2.

Gejala dan penularan yang hampir serupa membuat penyakit ini sulit untuk dibedakan. Ada beberapa persamaan pada gejala flu dan COVID-19. Demam, batuk, nafas menjadi pendek, hidung berair, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan nyeri otot serta badan menjadi gejala yang dapat dialami oleh pengidap flu maupun COVID-19.

Akan tetapi, pada pengidap COVID-19 biasanya gejala tersebut akan disertai dengan kondisi kehilangan indera penciuman dan perasa. Bahkan, tidak jarang gejala yang timbul bisa lebih parah, seperti kesulitan untuk beraktivitas hingga gangguan pernapasan.

Vaksin flu dinilai mampu mencegah penyakit flu bertambah parah. Dengan begitu, penyakit flu tidak dapat memicu komplikasi yang berbahaya. Lalu, seberapa penting vaksin flu di masa pandemi? Meskipun kedua penyakit ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda, tetapi melakukan vaksin flu di tengah pandemi pun merupakan tindakan tepat yang bisa dilakukan.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, vaksin flu di masa pandemi sangat penting untuk dilakukan. Meskipun tidak dapat mencegah COVID-19, tetapi vaksin flu dapat membuat gejala COVID-19 lebih ringan. Tidak hanya itu, seseorang yang rutin melakukan vaksin flu setiap tahunnya akan lebih terhindar dari risiko komplikasi COVID-19.

Baca juga: Vaksin Corona Belum Tersedia, Lakukan Vaksin Flu Lebih Dulu?

Dr. Ming-Jim Yang, seorang dokter di University of Florida mengatakan telah melihat manfaat vaksin flu pada pengidap COVID-19. Pasien COVID-19 yang tidak menerima vaksin flu selama 1 tahun terakhir berisiko 2,4 kali lebih besar untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit, dan 3,3 kali lebih besar berisiko mendapatkan perawatan di ruang gawat darurat (ICU).

Hal serupa juga disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp. PD, K-AI, yang merupakan Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia. Beliau mengatakan vaksin flu sebagai langkah preventif untuk melindungi masyarakat dari virus influenza. 

Selain itu menurut Prof. Iris, vaksin flu dinilai mampu menurunkan resiko terburuk dan komplikasi pada pengidap COVID-19. Bahkan, ia menganggap pemberian vaksin flu di masa pandemi ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan.

Tidak hanya pada orang dewasa atau lansia, manfaat vaksin flu di masa pandemi juga dapat dirasakan bagi anak-anak. Dalam sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal Cureus, mengatakan anak-anak yang rutin mendapatkan vaksin flu memiliki resiko lebih rendah mengalami gejala parah serta berbagai komplikasi COVID-19.

Menurut Ashanti Woods, MD, seorang dokter anak di Baltimore’s Mercy Medical Center, hal ini tentunya tidak mengejutkan. Meskipun disebabkan oleh virus yang berbeda, tetapi vaksin flu yang diberikan mampu membuat imunitas tubuh anak lebih kuat, dibanding anak yang tidak menerima vaksin.

Baca juga: Cegah COVID-19, Ini Pentingnya Vaksin Flu Untuk Lansia

Saat ini proses vaksinasi COVID-19 di Indonesia sedang berlangsung. Tidak ada salahnya sambil menunggu kesempatan mendapatkan vaksin COVID-19, kamu bisa melakukan vaksin flu terlebih dahulu. Gunakan Halodoc dan buat janji untuk melakukan vaksinasi flu di rumah sakit terdekat. Kamu tinggal download Halodoc melalui App Store atau Google play sekarang juga!

Bukan hanya melindungi diri sendiri dari bahaya penyakit flu dan COVID-19. Dengan melakukan vaksin flu secara rutin, kamu juga membantu menjaga kesehatan orang-orang tersayang atau kerabat dekat yang rentan terhadap paparan flu dan COVID-19. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, daftarkan diri kamu untuk vaksin flu di masa pandemi.

Referensi:
Kompas Online. Diakses pada 2021. Kenapa Vaksin Influenza Penting di Masa Pandemi.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What Are The Benefits of Flu Vaccination?
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Similarities and Differences Between Flu and COVID-19.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Symptoms of Coronavirus.
Web MD. Diakses pada 2021. Flu Shot May Shield You From Severe COVID.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Want to Protect Your Child From COVID-19? The Flu Shot May Help.
Cureus. Diakses pada 2021. The Flu Vaccination May Have a Protective Effect on the Course of COVID-19 in the Pediatric Population: When Does Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) Meet Influenza?