• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pentingnya Mengajak Anjing untuk Berolahraga

Ini Pentingnya Mengajak Anjing untuk Berolahraga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Sama seperti manusia, anjing juga perlu olahraga yang cukup untuk tetap sehat dan mempertahankan berat badan ideal. Kamu bisa tahu kalau anjingmu kurang berolahraga ketika ia terlihat bosan, lesu, atau frustrasi. Ketika anjing kurang berolahraga, ia juga mungkin akan berperilaku agresif. 

Lalu, seberapa sering sebaiknya anjing berolahraga? Itu tergantung pada ras, ukuran, usia, dan faktor kesehatan lainnya. Misalnya, untuk beberapa anjing berjalan-jalan setiap hari tidak masalah. Namun, untuk ras besar dan energik lainnya, jalan cepat bukanlah aktivitas fisik yang cukup. Informasi selengkapnya mengenai kenapa penting mengajak anjing berolahraga bisa dibaca di sini!

Baca juga: Waspadai Masalah Pencernaan pada Anjing di Musim Hujan

Menghindari Obesitas dan Menjaga Kesehatan Mentalnya

Mengajak anjing rutin berolahraga bisa menghindarkannya dari obesitas. Selain itu, perilaku agresif juga bisa diminimalkan dengan rutin berolahraga. Berikut penjelasan lengkapnya!

 1. Menghindari Obesitas

Kombinasi pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik dapat membuat anjing peliharaan mengalami obesitas. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengunjungi dokter hewan untuk mendapatkan nasihat profesional tentang olahraga dan rencana diet yang tepat untuk hewan kesayangan tersebut.

Kalau kamu butuh informasi mengenai diet sehat untuk anjing, kamu bisa menanyakannya ke dokter hewan yang ada di Halodoc. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter hewan kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo, download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store!

2. Mengurangi Perilaku Negatif

Olahraga bisa menjadi salah satu cara bagi anjing untuk menyalurkan energinya. Jika anjing tidak bisa menyalurkan energinya, mungkin saja ia akan berperilaku agresif. Beberapa perilaku agresif yang ditunjukkan oleh anjing dapat berupa mengunyah barang di sekitar rumah, masuk ke tempat sampah, atau buang air besar di tempat yang tidak semestinya.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Kontrol Parasit pada Anjing Peliharaan

3. Supaya Anjing Tidak Gelisah 

Terlalu lama diam di rumah bisa membuat anjing merasa bosan maupun gelisah. Rutin mengajak anjing untuk berolahraga bisa menjadi cara untuk mengatasinya. Misalnya kamu bisa mengajaknya berlari atau berjalan-jalan di taman.

4. Terhindar dari Depresi 

Beberapa anjing menjadi penyendiri ketika mereka kekurangan stimulasi fisik dan mental. Perilaku ini dapat memanifestasikan dirinya dengan tidak tertarik pada apa yang terjadi, selalu berada di pojok ruangan, atau tidak bersemangat saat melihat kamu.

Tentu saja, ada alasan lain yang menyebabkan perilaku seperti ini. Oleh karena itu, kamu perlu juga melakukan pemeriksaan di dokter hewan untuk memeriksa kelenjar tiroid yang kurang aktif atau kemungkinan kondisi lainnya. 

5. Mengatasi Kekakuan

Apakah kamu pernah melihat anjing peliharaanmu kesulitan bergerak, tidak mau naik tangga, atau kesulitan untuk tidur? Untuk mengatasinya, kamu bisa mengajaknya untuk rutin berolahraga. Ketika anjing menjalani olahraga teratur, otot dan ligamennya akan tetap rileks dan longgar. Selain itu, rutin olahraga juga bisa melatih kekuatannya.

6. Supaya tidak Menggonggong Berlebihan

Menggonggong terus-menerus juga bisa menjadi cara anjing memberi tahu kamu bahwa ia perlu lebih banyak olahraga. Sebenarnya, ketika kamu membawa anjing berolahraga, secara tidak langsung kamu juga melatih kesehatanmu sendiri. Berolahraga dengan hewan kesayangan pastinya bisa menjadi ide yang bagus.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Flu pada Anak Anjing Peliharaan

Itulah beberapa penjelasan tentang pentingnya mengajak anjing untuk berolahraga. Jika anjing kesayanganmu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter hewan. Dengan begitu, masalah kesehatan yang dialami olehnya bisa diatasi dengan baik.

Referensi:
1-800-PetsMeds. Diakses pada 2020. How much exercise does a dog need every day?
Huntington Beach Pet Hospital.com. Diakses pada 2020. Signs Your Dog Isn’t Getting Enough Exercise.