• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Andrologi

Ini Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Andrologi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Andrologi

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu atau orang terdekatmu diminta dokter untuk menemui dokter spesialis andrologi? Banyak orang yang mungkin belum familiar dengan spesialis andrologi, padahal spesialis ini sangat penting untuk menunjang kesehatan pria. 

Istilah Andrologi berasal dari kata Yunani, Andros yang artinya laki-laki. Ini adalah cabang ilmu kedokteran yang menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan sistem reproduksi pria. Ini dapat dianggap sebagai ginekologi versi laki-laki. Andrologi adalah bidang spesialisasi baru yang belum mendapatkan popularitas sebanyak ginekologi. Pada beberapa tahun terakhir, banyak perhatian telah diberikan pada bidang kedokteran ini karena meningkatnya kesadaran tentang masalah kesuburan dan prostat pria.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Membantu Tingkatkan Kesuburan Pria

Masalah yang Ditangani Dokter Spesialis Andrologi

Dokter yang mengkhususkan diri dalam menangani masalah yang berhubungan dengan reproduksi pria dikenal sebagai ahli andrologi. Ahli urologi, yang mengkhususkan diri pada masalah terkait sistem kemih pria dan wanita, juga dapat berspesialisasi dalam Andrologi.

Dokter spesialis andrologi biasanya mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti: 

Infertilitas Pria

Dari semua masalah kesuburan yang dialami pasangan suami istri, sekitar 50 persen kasus disebabkan oleh ketidaksuburan faktor pria. Mencari bantuan dari seorang dokter spesialis andrologi yang mengkhususkan diri dalam memberikan perawatan yang tepat dan tepat waktu untuk semua masalah terkait ketidaksuburan faktor pria akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Disfungsi Ereksi

Ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat berhubungan seksual dikenal sebagai disfungsi ereksi. Pria mungkin merasa sulit untuk menghadapi situasi ini. Namun, dengan pengobatan yang tepat dilakukan pada waktu yang tepat oleh dokter spesialis andrologi, kondisi ini dapat diobati.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Ejakulasi Dini dengan Disfungsi Ereksi

Gangguan Prostat

Masalah prostat sering terjadi pada pria di atas usia 50 tahun. Prostat adalah kelenjar yang berhubungan dengan produksi air mani pada pria. Pembesaran kelenjar prostat, prostatitis, dan kanker prostat adalah beberapa penyakit umum yang berhubungan dengan kelenjar ini.

Kekurangan Hormon Pria

Setiap kekurangan hormon atau androgen pria, yang memainkan peran penting dalam memberi pria atribut khas pria, dan ini juga dapat menyebabkan banyak masalah terkait kesehatan lainnya. Berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi dapat membantu seseorang menemukan penyebab pasti dan solusi yang efektif akan masalah kesehatan yang ia alami.

Jadi jika kamu atau orang terdekatmu mengalami masalah seperti prostatitis, kanker prostat, kanker penis, kanker testis, disfungsi ereksi, infertilitas, varikokel, hidrokel, balanitis, torsio testis, dan ejakulasi dini, maka segera buat janji dengan dokter spesialis andrologi di rumah sakit terdekat. Kamu pun kini bisa buat janji di rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Dengan begini, kamu jadi tak perlu lagi repot antre untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Baca juga: Kata Dokter: Male Sexuality, Sebuah Filsafat tentang Hidup

Kemampuan yang Harus Dimiliki Dokter Andrologi

Demi memberikan pengobatan terbaik untuk pra pasiennya, seorang dokter andrologi dituntut memiliki kompetensi dalam melakukan beberapa prosedur medis, seperti: 

  • Analisis sperma dan air mani.
  • Kriopreservasi (metode yang digunakan untuk penyimpanan dan pembekuan sel sperma).
  • Perawatan untuk membantu proses pembuahan dan spermatogenesis.
  • Kontrasepsi pria.
  • Terapi hormon.
  • Prosedur bayi tabung (in vitro fertilization/IVF).

Selain itu, secara umum seorang dokter harus memiliki keterampilan dasar lain dalam merawat pasien, seperti kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan untuk membuat pasiennya merasa nyaman, serta perilaku yang profesional.

Referensi:
American Society of Andrology. Diakses pada 2021. Handbook of Andrology – Second Edition.
National Health Service UK. Diakses pada 2021. Reproductive Science and Andrology.
Nova IVF Fertility. Diakses pada 2021. What Is Andrology?