• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Penyebab dan 2 Cara Mengatasi Micropenis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Penyebab dan 2 Cara Mengatasi Micropenis

Ini Penyebab dan 2 Cara Mengatasi Micropenis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 September 2022

“Penyebab utama dari micro penis yaitu masalah hormonal sejak anak masih dalam kandungan. Untuk mengatasinya yaitu dengan terapi hormon dan operasi phalloplasty.”

Ini Penyebab dan 2 Cara Mengatasi MicropenisIni Penyebab dan 2 Cara Mengatasi Micropenis

Halodoc, Jakarta – Micropenis adalah istilah medis untuk kondisi penis berukuran kecil. Meski penis berukuran kecil, tapi strukturnya masih normal. Micropenis biasanya disebabkan oleh faktor hormonal atau genetik. 

Selama tidak ada masalah kesehatan lainnya, micropenis dapat berfungsi secara normal untuk sistem reproduksi. Pria dengan micropenis masih bisa buang air kecil dan ereksi. Lantas, bagaimana cara mengatasi micropenis?

Penyebab Terjadinya Micropenis

Micropenis merupakan kondisi yang terbilang sangat langka. Masalah hormonal adalah penyebab paling umum dari micropenis. Selain itu, kondisi ini dapat terjadi ketika ibu mengalami paparan pestisida atau bahan kimia beracun lainnya selama kehamilan, tapi penyebab ini jarang terjadi.

Kekurangan hormon testosteron selama kehamilan, biasanya menjadi penyebab micropenis dan juga dapat menyebabkan kelainan genital lainnya. Kondisi tersebut dapat muncul ketika janin laki-laki tidak menghasilkan cukup testosteron, atau ketika ibu tidak menghasilkan cukup hormon human chorionic gonadotropin (hcg) selama kehamilan. Sebab, hCG merangsang perkembangan testosteron pada janin.

Ketika masalah hormonal muncul, penis janin laki-laki mungkin tidak berkembang dengan cara biasa. Bayi laki-laki akan mengalami lonjakan testosteron sekitar 0 hingga 3 bulan setelah lahir. Ini adalah periode penting untuk pertumbuhan penis. Jika proses tersebut terganggu oleh masalah hormonal, bayi mungkin memiliki ukuran penis yang lebih kecil.

Dalam kasus yang jarang terjadi, mciropenis bersifat idiopatik, artinya dokter tidak dapat menemukan penyebab spesifiknya. Karena masalah hormon biasanya menyebabkan micropenis, orang dengan kondisi ini mungkin juga memiliki gejala lain. 

Beberapa diagnosa yang dikaitkan dengan micropenis di antaranya:

  • Hipogonadisme hipogonadotropik.
  • Sindrom prader-willi.
  • Sindrom kallman.
  • Defisiensi hormon pertumbuhan.
  • Kromosom abnormal.
  • Sindrom laurence-moon.

Cara Mengatasi Micropenis

Mengatasi micropenis dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri di kemudian hari dan meningkatkan peluang kepuasan aktivitas seksual. Untuk mengatasi micropenis, maka kamu perlu berbicara dengan spesialis endokrin, spesialis urologi, dan spesialis bedah, tentang pilihan pengobatan. Dengan begitu kamu akan memahami apa saja pilihan perawatan sesuai pada usia. 

Perawatan yang dilakukan di awal kehidupan dapat memberikan hasil yang lebih baik. Usia anak, riwayat kesehatan, dan tingkat kondisinya akan membantu menentukan pilihan perawatan yang paling tepat. Dokter dapat merekomendasikan perawatan berikut untuk micropenis:

  1. Terapi hormon

Perawatan testosteron dapat membantu penis tumbuh. Mengaplikasikan krim testosteron ke alat kelamin selama masa bayi, atau memberikan suntikan testosteron intramuskular dapat meningkatkan ukuran penis. Perlu diketahui, perawatan  lebih efektif jika dilakukan sebelum masa pubertas. 

  1. Operasi 

Jika perawatan terapi hormon tidak berhasil, maka bisa dilakukan operasi yang disebut phalloplasty. Dokter akan memasukkan implan ke penis, yang membuatnya terlihat lebih besar dari sebelumnya. Operasi dapat dilakukan saat anak berusia remaja atau saat sudah dewasa.

Namun, operasi ini memiliki kemungkinan komplikasi yang tinggi. Komplikasi dapat mempengaruhi saluran kemih, fungsi ereksi, dan fungsi lainnya, sehingga memerlukan prosedur selanjutnya. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa perubahan ukuran dan panjang yang dihasilkan tidak cukup signifikan. 

Seiring kemajuan dalam operasi plastik, bukan tidak mungkin penis yang dimodifikasi melalui pembedahan dapat tetap menjaga fungsi kemih dan seksual tetap sehat. Dengan begitu risiko komplikasi dapat diminimalkan atau hilang sama sekali. Penting untuk menemukan dokter bedah berpengalaman yang memahami semua potensi risiko dari prosedur tersebut. 

Itulah yang perlu diketahui tentang penyebab dan cara mengatasi micropenis. Jika Si Kecil menunjukkan gejala micropenis, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter di rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis dan saran medis. Kamu bisa menemukan daftar dokter spesialis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. Micropenis Overview
Healthline. Diakses pada 2022. How is a Micropenis Defined?
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about micropenis
WebMD. Diakses pada 2022. Micropenis: Causes, Symptoms, Treatments
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Micropenis