• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Penyebab Gusi Bengkak yang Biasa Terjadi

Ini Penyebab Gusi Bengkak yang Biasa Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Penyebab Gusi Bengkak yang Biasa Terjadi

Gusi bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa membantu dokter gigi untuk menemukan cara terbaik mengatasinya. Ini karena mengatasi gangguan ini harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Halodoc, Jakarta –Gusi bengkak bisa terjadi pada siapa saja dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Cara mengatasi kondisi ini tergantung pada penyebabnya, maka dari itu penting untuk mengetahui apa pemicu terjadinya pembengkakan. Kondisi ini sebaiknya segera ditangani, sebab selain membuat tidak nyaman, kondisi ini juga bisa memicu kerusakan pada gigi dan mulut. 

Jika dibiarkan begitu saja, pembengkakan pada gusi bisa memicu kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak, maka dari itu penting untuk mengetahuinya. Hal ini bertujuan untuk memastikan cara pengobatan yang dilakukan efektif. Lantas, apa saja penyebab gusi bengkak yang biasa terjadi? 

Baca juga: 4 Penanganan Pertama ketika Gusi Membengkak

Penyebab Gusi Bengkak yang Umum

Gusi bengkak ditandai dengan terjadinya pembengkakan, kemerahan pada gusi, serta keluar darah saat gusi disentuh atau saat menggosok gigi. Pada kondisi yang parah, pembengkakan pada gusi bisa memengaruhi jaringan tulang yang menopang gigi. Kondisi ini bisa memicu gejala seperti keluar nanah, napas berbau tidak sedap, serta rasa tidak nyaman di mulut. 

Gangguan kesehatan ini sebenarnya cukup umum dan sering terjadi. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak, di antaranya: 

  • Ada penumpukan plak pada gigi, biasanya terjadi karena jarang menggosok gigi,
  • Infeksi virus, jamur, atau bakteri yang menyebabkan peradangan gusi (gingivitis), 
  • Aktif merokok,
  • Tengah hamil, 
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu, 
  • Gusi terlalu sensitif dan salah memiliki pasta gigi atau obat kumur,
  • Kekurangan asupan vitamin C.

Seperti dikatakan sebelumnya, mengatasi kondisi ini tergantung pada penyebabnya. Namun secara umum, gusi bengkak bisa diatasi dengan cara meningkatkan kebersihan gigi dan mulut. Biasakan untuk rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari, selain itu usahakan untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang khusus alias dental floss.

Baca juga: Ketahui 5 Masalah Kesehatan Gigi yang Sering Muncul

Mengompres area pipi yang mengalami pembengkakan akibat masalah gusi, mengganti pasta gigi dan obat kumur, serta melakukan pemeriksaan ke dokter gigi juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk gusi bengkak adalah prosedur scalling yang bisa membantu membersihkan plak gigi. 

Jika ragu dan butuh saran dari ahlinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter gigi. Sampaikan keluhan seputar gusi bengkak atau pertanyaan terkait kesehatan gigi dan mulut dan dapatkan rekomendasi dari dokter terpercaya. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!

Bisakah Masalah Ini Dicegah? 

Oleh karena bisa memicu rasa tidak nyaman dan menyebabkan terjadi gangguan pada rongga mulut, kamu mungkin bertanya-tanya apakah kondisi ini bisa dicegah? Jawabannya bisa! Salah satu cara terbaik mencegah gusi bengkak adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Biasakan untuk menyikat gigi secara rutin, yaitu 2 kali sehari atau saat dibutuhkan. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mencegah Abses Gigi

Selain itu, kamu juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, terutama yang mengandung kalsium dan vitamin, perbanyak minum air putih, hindari konsumsi makanan pemicu gusi bengkak, serta berhenti merokok. Gusi memiliki peran yang cukup penting, terutama pada rongga mulut. Maka dari itu, penanganan yang tepat perlu segera dilakukan agar kondisi ini tidak memicu masalah pada jaringan lainnya. Dan jangan lupa, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi jika gejala tidak kunjung membaik atau malah semakin buruk. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Swollen Gums: Possible Causes and Treatments.
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Swollen Gums.
WebMD. Diakses pada 2021. Gum Problem Basic: Sore, Swollen, and Bleeding Gums.