25 June 2018

Ini Perawatan Kulit Yang Tepat Usai Berlibur

perawatan kulit, perawatan kulit usai liburan, perawatan kuli tepat. cara merawat kulit, bagaimana merawat kulit

Halodoc, Jakarta – Usai liburan, biasanya kulit menjadi kusam karena padatnya aktivitas yang tidak sejalan dengan perawatan yang semestinya. Belum lagi, perjalanan menuju tempat berlibur yang bisa jadi sangat melelahkan membuat kulit jadi stres. Tak heran, ketika pulang sehabis liburan penampilan jadi berantakan. Karenanya, kamu membutuhkan perawatan kulit yang tepat usai liburan untuk mengembalikan kecerahan kulitmu.

Lantas, perawatan seperti apa yang sejatinya cocok untuk dilakukan?

  1. Istirahat yang Cukup

Aktivitas yang padat dapat membuat kulit stres, belum lagi paparan cuaca terhadap kulit dan tubuh dapat menghilangkan kecerahan kulitmu. Terutama buat kamu yang berlibur di tempat yang memiliki cuaca ekstrem dengan panas dan dinginnya. Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mengistirahatkan tubuh secara optimal, supaya sel-sel kulit mati dapat beregenerasi dengan baik.

  1. Scrubbing

Idealnya di hari pertama kembali dari liburan, perawatan kulit yang tepat untuk dilakukan adalah scrubbing. Ada beberapa produk kecantikan yang bisa kamu gunakan langsung atau pun membuatnya sendiri, seperti ampas kopi atau parutan lidah buaya. Caranya adalah dengan menggosokkan scrub tersebut ke kulit, diamkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan seperti biasa. Baca juga: 5 Fakta Seputar Selulit

  1. Memijat Kulit dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang dapat melembabkan dan mengenyalkan kulit. Kulit pecah-pecah dan kusam dapat dicerahkan dengan mengaplikasikan minyak zaitun secara rutin ke seluruh kulit. Apalagi kamu baru kembali dari bepergian, minyak zaitun sangat ampuh mengembalikan kecerahan kulit. Lakukan secara rutin setiap malam sembari memijat lembut, supaya minyak zaitun menyerap sempurna.

  1. Berendam dengan Essential Oil

Perawatan kulit yang tepat usai berlibur sebaiknya juga dapat merilekskan tubuh dan jiwa. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berendam di air hangat yang sudah diberi essential oil. Kamu bisa memilih wangi lavender, melati, atau kayu manis yang dapat memberikan sensasi relaksasi serta meredakan stres pada kulit. Pakar kesehatan kulit dari Schweiger Dermatology Group, New York mengatakan kulit yang stres dapat menunda regenerasi dan merusak fungsi pelindung pada lapisan luar kulit. Baca juga: Anak Jahil Bukan Berarti Nakal, Ini yang Harus Dilakukan

  1. Mengaplikasikan Pelembab

Mengaplikasikan pelembab secara lebih intens pada pagi dan malam hari, terutama saat mau pergi keluar dapat menjadi salah satu cara perawatan kulit yang tepat usai berlibur. Pelembab yang tepat tidak hanya asal wangi saja, tetapi juga lembut dan meresap di kulit, serta tidak meninggalkan sensasi berminyak ketika terkena keringat.  

  1. Mengenakan Pakaian Tertutup saat Matahari Menyengat

Perubahan cuaca yang ekstrem dapat mengganggu kesehatan dan kecerahan kulit. Apalagi kamu baru pulang dari liburan dan kembali beraktivitas seperti biasa. Mengenakan pakaian tertutup dapat melindungimu dari teriknya matahari. Tertutup jangan asal tertutup, ya. Perhatikan juga bahan pakaianmu, supaya kelembaban kulit tetap terjaga. Pilih bahan pakaian yang menyerap keringat seperti katun. Baca juga: Hati-hati, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Flu Makin Parah

Mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan juga bisa menjadi salah satu cara mengembalikan kesehatan, kelembaban, dan kecerahan kulit. Produk perawatan kulit yang tepat juga bisa menjadi salah satu cara mengembalikan kulit sehatmu. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai perawatan kulit yang tepat usai berlibur seperti apa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.