• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Perbedaan Gangguan Kecemasan Sosial dengan GAD

Ini Perbedaan Gangguan Kecemasan Sosial dengan GAD

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Gangguan kecemasan adalah gangguan psikologis yang menyebabkan pengidapnya mengalami rasa cemas dan gelisah secara berlebihan. Secara umum, gangguan ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gangguan panik, gangguan kecemasan sosial dan, gangguan kecemasan umum alias generalized anxiety disorder (GAD). 

Meski keduanya termasuk gangguan kecemasan, gangguan kecemasan sosial dan gangguan kecemasan umum (GAD) adalah dua kondisi yang berbeda. Biar lebih jelas, simak pembahasan seputar perbedaan antara kedua jenis gangguan mental tersebut di artikel berikut! 

Baca juga: Mengidap Gangguan Kecemasan, Ini Dampaknya pada Tubuh

Gangguan Kecemasan Sosial Vs GAD

Kedua kondisi ini sama-sama menunjukkan gejala cemas atau takut yang berlebihan. Namun, pada pengidap GAD umumnya rasa cemas menetap dalam jangka waktu yang lama dan bisa meliputi banyak hal. Orang dengan gangguan ini bisa merasa cemas terhadap masalah keuangan, karir, hingga kesehatan. Rasa cemas bisa menyebabkan pengidap GAD terlalu banyak berpikir alias overthinking

Selain merasa cemas berlebihan, pengidap gangguan ini juga menunjukkan gejala tidak fokus pada satu hal, sulit berkonsentrasi, serta susah merasa santai. Kondisi ini juga bisa berkembang menjadi semakin parah dan menyebabkan depresi. Selain itu, gangguan kecemasan umum juga menimbulkan gejala gemetar dan keringat dingin, otot tegang, pusing dan sakit kepala, susah tidur, mudah marah, serta dada berdebar-debar dan tidak nafsu makan. 

Sementara pada gangguan kecemasan sosial alias fobia sosial, rasa cemas dan takut biasanya akan muncul saat pengidapnya tengah berada atau menghadapi situasi sosial tertentu. Pengidap gangguan ini juga akan mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Umumnya, orang dengan gangguan ini akan merasa takut untuk mengatakan atau melakukan sesuatu di depan orang banyak. 

Pengidap gangguan mental ini menganggap bahwa semua hal yang dia lakukan di lingkungan sosial bisa membuat dirinya dipermalukan. Gangguan kecemasan sosial berbeda dengan perasaan malu biasa. Kondisi ini lebih ekstrem dan bisa membuat pengidapnya sama sangat kesulitan saat berada di tengah lingkungan sosial tertentu.

Baca juga: Cemas Berlebihan, Waspadai Penyakit Gangguan Kecemasan

Gejala yang menandai gangguan kecemasan sosial adalah kerap merasa takut atau enggan untuk menyapa dan berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang tidak dikenali. Gangguan ini juga menyebabkan pengidapnya memiliki rasa percaya diri yang rendah, menghindari tatapan mata orang lain, takut dikritik, malu atau takut untuk melakukan satu hal saat berada di tempat umum. 

Gangguan kecemasan sosial maupun gangguan kecemasan umum sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Jika gejala yang muncul sudah sangat ekstrem dan menyulitkan dalam beraktivitas, sebaiknya segera minta bantuan pada ahli, yaitu psikolog atau psikiater. Hal ini bertujuan untuk membantu meredakan gejala dan membuat pengidap gangguan mental ini menjadi lebih nyaman. 

Kamu juga bisa mencoba untuk berbicara pada psikolog melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan yang dialami pada psikiater atau psikolog melalui Voice/Video Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar gangguan kecemasan sosial dan GAD serta tips untuk meredakan gejala yang muncul. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: Idap Fobia Sosial Sebaiknya Periksa ke Mana?

Kedua kondisi ini bisa ditangani dengan konsumsi obat-obatan khusus dan psikoterapi. Semakin cepat ditangani akan lebih baik. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, gangguan kecemasan sosial maupun gangguan kecemasan umum bisa memberi dampak negatif, terutama pada kualitas hidup pengidapnya. Hubungan dengan orang sekitar juga bisa terganggu hingga yang paling parah muncul depresi karena gangguan kecemasan. 

Referensi 
NHS UK. Diakses pada 2020. Social Anxiety (Social Phobia).
NIH. Diakses pada 2020. Social Anxiety Disorder: More Than Just Shyness.
American Psychiatric Association. Diakses pada 2020. What Are Anxiety Disorders?
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know about Anxiety.