• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Perbedaan Hepatitis A, B, C, D, dan E

Ini Perbedaan Hepatitis A, B, C, D, dan E

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Perbedaan Hepatitis A, B, C, D, dan E

Hepatitis disebabkan oleh infeksi dari virus, tetapi juga dapat disebabkan oleh infeksi dari zat beracun dan penyakit autoimun. Hepatitis terbagi menjadi 5 jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Setiap jenis hepatitis tersebut disebabkan oleh virus sejenis yang berbeda dan menimbulkan dampak yang berbeda pula.”


Halodoc, Jakarta – Racun dapat masuk ke tubuh melalui makanan. Saat itu terjadi, hati akan melakukan fungsinya untuk menetralisir gangguan tersebut. Hati juga mempunyai fungsi untuk mencerna lemak melalui produksi empedu.

Hati gagal menjalankan fungsinya jika mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang sering menyerang organ hati adalah hepatitis. Penyakit ini terbagi menjadi beberapa jenis dan setiap gangguan mempunyai perbedaan satu sama lain. Maka dari itu, penting untuk mengetahui perbedaan tiap hepatitis yang dapat menyerang. Berikut perbedaan hepatitis A, B, C, D, dan E! 

Jenis yang Berbeda Memberikan Dampak yang Berbeda

Hepatitis adalah gangguan peradangan yang terjadi pada hati dan dapat berkembang menjadi fibrosis hingga sirosis (kanker hati). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari virus, tetapi juga dapat disebabkan oleh infeksi dari zat beracun dan penyakit autoimun.

Baca juga: Hepatitis A Bisa Sebabkan Terjadinya Gagal Hati

Hepatitis terbagi menjadi 5 jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Setiap jenis hepatitis tersebut disebabkan oleh virus sejenis yang berbeda dan menimbulkan dampak yang berbeda pula. Berikut ringkasan dari setiap jenis penyakit tersebut:

Hepatitis A

Jenis penyakit yang menyerang hati tersebut yang pertama adalah hepatitis A atau HAV. Virus penyebab gangguan ini terdapat di dalam kotoran seseorang yang telah terinfeksi dan paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang telah mengalami kontaminasi. Infeksi yang terjadi umumnya hanya ringan dan cepat pulih, tetapi juga dapat berkembang menjadi parah dan mengancam nyawa. Umumnya, penyakit ini terjadi pada daerah dengan sanitasi yang buruk.

Hepatitis B

Gangguan yang kedua dapat menyerang hati adalah hepatitis B. Perbedaan hepatitis ini dengan yang lainnya adalah penularannya melalui paparan darah, air mani, hingga cairan tubuh lainnya. Selain itu, HBV juga dapat ditularkan ke bayi melalui air susu ibunya. Selain itu, transfusi darah dan berbagi suntikan narkoba juga dapat menjadi salah satu penyebab. Gangguan ini dapat lebih parah dibandingkan HBA, karena dapat menyebabkan kanker hati yang parah. Penting untuk mendapatkan vaksin agar tubuh lebih kebal, sehingga tidak mudah terserang.

Baca juga: Jenis Makanan yang Bisa Meringankan Hepatitis B

Hepatitis C

Perbedaan penularan hepatitis C dengan yang lainnya adalah melalui paparan darah yang terinfeksi, seperti transfusi darah, injeksi, dan penggunaan narkoba suntik. Penularan HCV pada dasarnya sama dengan HBV. Selain itu, penularan melalui kegiatan seksual juga dapat terjadi meski terbilang lebih jarang. Sejauh ini belum ada vaksin yang digunakan untuk menangkal HCV.

Hepatitis D

Gangguan ini hanya terjadi pada seseorang yang sedang mengalami infeksi dari hepatitis B. Infeksi ganda yang disebabkan oleh hepatitis D dan hepatitis B dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius, bahkan sangat parah. Namun, ketika kamu mendapatkan vaksin hepatitis B ini dapat memberikan perlindungan efektif dari infeksi hepatitis D.

Hepatitis E

Penyebaran virus hepatitis E pada dasarnya sama dengan hepatitis A, yaitu melalui konsumsi air atau makanan yang telah terkontaminasi. HEV adalah penyebab yang paling umum terjadi di negara berkembang. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin pencegahan penyakit ini jika memadai.

Baca juga: Pengobatan dan Pencegahan Hepatitis E

Itulah perbedaan dari setiap jenis hepatitis yang dapat menyerang hati setiap orang. Penting untuk mendapatkan vaksin dari setiap hepatitis ini agar tubuh benar-benar terlindungi dari penyakit yang dapat menimbulkan bahaya ini. Dengan begitu, kamu dapat memastikan salah satu penyakit berbahaya benar-benar kesulitan untuk menyebabkan gangguan.

Informasi lebih lengkap mengenai perbedaan hepatitis A, B, C, D, dan E bisa ditanyakan langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc!

Referensi:
WHO. Diakses pada 2021. What is hepatitis?
MedicineNet. Diakses pada 2021. Hepatitis (Viral Hepatitis A, B, C, D, E, G).