• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Perbedaan Tumor dan Kanker yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Perbedaan Tumor dan Kanker yang Perlu Diketahui

Ini Perbedaan Tumor dan Kanker yang Perlu Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Februari 2022

“Tak semua tumor menandakan adanya indikasi penyakit kanker. Akan tetapi, kanker sudah pasti berupa tumor yang sifatnya ganas. Oleh karena itu, mengetahui perbedaan tumor dan kanker sangat penting sehingga pengobatan yang didapatkan pun sesuai. Tak hanya itu, risiko komplikasi yang membahayakan nyawa juga bisa dicegah.”

Ini Perbedaan Tumor dan Kanker yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sampai sekarang, tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa perbedaan tumor dan kanker. Memang sekilas tampak sama, tetapi keduanya ternyata punya perbedaan yang bisa dibilang sangat penting untuk kamu ketahui. Tumor merupakan jaringan atau benjolan yang muncul secara abnormal, sifatnya bisa jinak atau ganas.

Sementara itu, kanker merupakan tumor yang sifatnya ganas dan bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya dengan begitu cepat. Tak hanya itu, pertumbuhan sel kanker juga bisa mengakibatkan kerusakan terhadap sel sehat yang ada di sekitarnya. Munculnya masalah kesehatan ini diyakini terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah paparan zat yang bersifat kanker atau karsinogen.

Lalu, Apa Perbedaan Tumor dan Kanker?

Umumnya, tumor muncul saat ada pertumbuhan sel yang terjadi secara berlebihan di dalam suatu jaringan dan membentuk seperti benjolan. Apabila sel ini bersifat ganas dan bertumbuh tanpa terkendali, tumor ini disebut dengan kanker. 

Sel tumor dapat muncul pada area tubuh mana saja, termasuk saraf, otot, kulit, organ tertentu, tulang, dan jaringan lemak. Sementara itu, tumor yang sifatnya jinak tidak akan mengakibatkan kerusakan pada sel maupun jaringan sehat yang lainnya. Pun, perkembangan tumor jinak biasanya lebih lambat dan tidak berisiko menyebar ke bagian atau jaringan tubuh lainnya.

Inilah sebabnya tumor jinak dianggap bukan sebagai kondisi yang membahayakan. Tak seperti tumor yang lebih ganas atau kanker yang sangat mudah menyebar ke bagian tubuh lain sekaligus merusak sel maupun jaringan sehat lainnya. Sel kanker akan tumbuh begitu cepat dan mengambil nutrisi yang berasal dari sel sehat. 

Tak hanya itu, sel kanker akan menyebar ke area tubuh lainnya dan membentuk tumor baru dengan sifat merusak. Oleh karenanya, perlu dilakukan pemeriksaan maupun deteksi secara dini, sehingga penanganan bisa dilakukan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius dan membahayakan nyawa.  

Mengenali dan Mendiagnosis Tumor dan Kanker

Apabila kamu mendapati adanya benjolan yang tidak biasa pada tubuh, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Perbedaan tumor dan kanker yang cukup mudah dikenali adalah benjolan yang menandakan tumor umumnya bisa berpindah atau bergerak saat diraba. 

Sementara itu, benjolan sel kanker tidak bergerak dan bentuknya tidak rata. Berbeda dengan sel tumor yang memiliki bentuk cenderung teratur dan halus. Meski demikian, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat. 

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti MRI, CT scan, USG, atau Sinar-X. Selain itu, pemeriksaan darah juga bisa dilakukan, tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, dokter akan menyarankan kamu untuk melakukan biopsi. 

Prosedur biopsi dilakukan dengan mengambil sampel dari jaringan. Lokasi dari tumor akan menjadi penentu terhadap metode biopsi yang nantinya akan dilakukan, apakah dengan memakai biopsi jarum atau pilihan lain seperti operasi atau kolonoskopi. Jaringan yang telah diambil selanjutnya diperiksa di laboratorium untuk menentukan apakah jaringan ini bersifat jinak, pra-kanker, atau justru ganas. 

Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui perbedaan tumor dan kanker, kamu bisa memilih satu dari beberapa rekomendasi dokter spesialis onkologi terbaik berikut ini.

  1. dr. Subianto, Sp.B (K) Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Telogorejo Semarang. Dokter Subianto mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Diponegoro. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  • dr. Wimpie Florentinus Panggarbesi, Sp.B(K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Dharma Nugraha, RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, dan RS Mitra Keluarga Bekasi Barat. Dokter Wimpie Florentinus Panggarbesi mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Indonesia dan Universitas Sumatera Utara. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  • dr. Yan Wisnu Prajoko, M.Kes., Sp.B (K) Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Telogorejo Semarang. Dokter Yan Wisnu Prajoko mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Diponegoro. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

Kamu bisa membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit atau cek kebutuhan obat dan vitamin melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Benign and Malignant Tumors: How Do They Differ?
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to Know About Cancer.
Healthline. Diakses pada 2022. Benign Tumors. 
WebMD. Diakses pada 2022. Understanding Cancer – the Basics.