• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Perkembangan yang Terjadi pada Si Kecil di Trimester 2

Ini Perkembangan yang Terjadi pada Si Kecil di Trimester 2

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Trimester kedua kehamilan adalah bulan keempat, kelima, dan keenam. Seiring dengan perkembangan kehamilan, janin yang berada di dalam kandungan juga mengalami perkembangan. Mengetahui apa saja yang terjadi pada Si Kecil pada masa ini bisa membuat calon ibu merasa senang dan semakin bersemangat. Lantas, apa saja perkembangan janin di trimester 2? 

Dua bulan yang lalu, janin yang ada di kandungan masih berbentuk sekelompok sel. Namun, memasuki trimester kedua perubahan dan perkembangan janin semakin terlihat jelas dan nyata. Pada usia kandungan ini, janin sudah mulai memiliki organ, saraf, dan otot-otot yang mulai berfungsi. Berikut penjelasan seputar perkembangan janin di trimester 2 dari minggu ke minggu!

Perkembangan Janin di Trimester 2 

Trimester kedua kehamilan dimulai pada bulan keempat atau minggu ketiga belas. Ada beberapa perubahan dan perkembangan yang mulai ditunjukkan Si Kecil pada tahap ini, di antaranya: 

  • Minggu 13, Melepas Urine

Pada minggu ke-13, janin mulai membuat urine dan melepaskannya. Urine janin dilepaskan ke dalam cairan ketuban dan sekitarnya. Pada minggu ini juga, tulang di kerangka bayi mulai mengeras. Sementara kulit bayi masih tipis dan transparan, tetapi akan segera menebal. 

Baca juga: Inilah Perubahan Pada Ibu Hamil di Trimester Kedua

  • Minggu 14, Jenis Kelamin Janin 

Janin mulai mengalami perkembangan pada bagian leher, di mana leher bayi menjadi lebih jelas. Selain itu, pada minggu keempat belas sel darah merah sudah mulai terbentuk dalam limpa bayi. Pada waktu ini, jenis kelamin bayi sudah semakin jelas. Bayi laki-laki sudah akan mulai membentuk prostat dan pada bayi perempuan mulai terbentuk folikel pada ovarium. 

  • Minggu 15, Perkembangan Pola Kulit Kepala 

Pada masa ini, perkembangan janin akan semakin cepat. Perkembangan tulang berlanjut dan akan segera bisa dilihat melalui tes USG. Selain itu, pola rambut kulit kepala bayi juga mulai terbentuk.

  • Minggu 16, Mata Bergerak 

Pada minggu ke-16, perkembangan kepala bayi sudah semakin sempurna dan tegak. Selain itu, mata janin perlahan bisa bergerak dan telinga hampir mencapai posisi akhir. Kulit bayi juga akan semakin tebal. Gerakan anggota tubuh bayi mulai terkoordinasi dan dapat dideteksi. 

  • Minggu 17, Kuku Kaki Bayi 

Pada tahap ini, kuku kaki bayi mulai berkembang. Bayi juga akan menjadi lebih aktif dalam kantung ketuban, berguling dan membalik.

  • Minggu 18, Bayi Mulai Mendengar 

Telinga bayi mulai menonjol di sisi kepala dan mungkin mulai bisa mendengar suara. Pada minggu ke 18, mata bayi mulai menghadap ke depan dan sistem pencernaan mulai bekerja. 

  • Minggu 19, Terbentuk Lapisan Pelindung 

Pada kehamilan minggu ke 19, terbentuk lapisan yang berguna untuk melindungi kulit bayi agar tidak lecet, pecah-pecah, atau mengalami pengerasan akibat paparan cairan ketuban. 

  • Minggu 20, Titik Pertengahan 

Gerakan bayi mulai terasa. Selain itu, bayi mulai akan teratur tidur dan bangun. Si Kecil mungkin juga akan terbangun oleh suara-suara atau gerakan dari ibu. 

  • Minggu 21, Belajar Mengisap 

Perkembangan terus terjadi pada minggu ini. Di minggu ke 21, refleks mengisap bayi mulai berkembang dan bayi mungkin sudah bisa mengisap ibu jarinya. 

Baca juga: Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Saat Masuk Trimester Kedua

  • Minggu 22, Rambut Bayi Terlihat 

Alis dan rambut bayi mulai terlihat. Selain itu, terbentuk juga lemak coklat tempat produksi panas. Pada janin laki-laki, testis sudah mulai turun. 

  • Minggu 23, Sidik Jari Terbentuk 

Janin mulai bisa menggerakkan mata dengan cepat. Selain itu, telapak tangan dan kaki mulai menciptakan fondasi untuk sidik jari dan jejak kaki. Pada minggu ini, bayi mungkin mulai cegukan dan menyebabkan gerakan menyentak. 

  • Minggu 24, Perubahan pada Kulit 

Minggu ke 24 mulai terjadi perubahan pada kulit bayi. Kulit akan menjadi keriput, tembus cahaya, serta terlihat merah muda karena darah terlihat di kapiler. 

  • Minggu 25, Merespon Suara 

Pada masa ini, bayi di kandungan mulai bisa merespon suara yang akrab, misalnya suara ibu. Selain itu, bayi lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur. 

  • Minggu 26, Perkembangan Paru-paru 

Paru-paru Si Kecil mulai berkembang dan menghasilkan surfaktan, yaitu zat yang berperan penting pada paru-paru. 

  • Minggu 27, Akhir Trimester 2

Setelah melewati minggu ini, kehamilan akan masuk trimester 3. Pada minggu 27 kehamilan, sistem saraf bayi terus berkembang sempurna. Kulit bayi juga terlihat lebih halus. 

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Ibu Masuk Trimester Kedua

Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan seputar kehamilan Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Fetal development: The 2nd trimester. 
Johns Hopkins. Diakses pada 2020. The Second Trimester.