• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1

Ini Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1

“Sebaiknya jangan abaikan diabetes tipe 1 yang kamu alami. Diabetes tipe 1 berisiko menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lebih buruk. Segera lakukan pengobatan agar kondisi ini dapat diatasi dengan baik. Pengobatan diabetes tipe 1 terdiri dari pemberian insulin, penggunaan pankreas buatan, penggunaan obat, serta melakukan gaya hidup sehat.”

Halodoc, Jakarta – Diabetes adalah penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka panjang dan ditandai dengan meningkatkan kadar gula darah. Penyakit ini memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Keduanya memiliki penyebab dan penanganan yang berbeda.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh kekurangan atau tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Kondisi ini membuat pengidap diabetes tipe 1 membutuhkan tambahan insulin dari pengobatan. Selain insulin, ketahui pengobatan yang bisa dilakukan pengidap diabetes tipe 1, di sini!

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Diabetes Tipe 1

Pengobatan Diabetes Tipe 1

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab diabetes tipe 1. Pada pengidap diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang dan menyebabkan gangguan pada pankreas yang memproduksi hormon insulin bagi tubuh. Akibatnya, tubuh tidak dapat menghasilkan insulin atau kadar insulin dalam tubuh kurang.

Saat tubuh tidak dapat memproduksi atau kekurangan insulin, maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel sehingga menyebabkan penumpukan dalam darah. Kondisi ini yang memicu lonjakan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan, seperti tes hemoglobin A1C, tes gula darah puasa, dan tes gula darah dalam waktu tertentu. Jika kamu dinyatakan mengalami diabetes tipe 1 ada beberapa pengobatan yang bisa dijalankan. 

Namun, pengobatan dilakukan untuk menormalkan kadar gula darah, menurunkan risiko perburukan gejala, hingga mencegah komplikasi. Berikut pengobatan yang bisa dilakukan pengidap diabetes tipe 1, yaitu:

  1. Pemberian Insulin

Pengidap diabetes tipe 1 memerlukan pemberian insulin sepanjang hidupnya. Insulin tidak dapat diberikan menggunakan obat oral, biasanya insulin diberikan dalam bentuk suntikan atau pompa insulin. Hal ini disebabkan insulin yang dikonsumsi secara oral karena enzim dalam lambung akan memecah insulin dan menurunkan manfaat dari insulin. 

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai penggunaan insulin suntik dan pompa insulin untuk perawatan pengidap diabetes tipe 1. Gunakan aplikasi Halodoc dan dapat informasi mengenai perawatan pengidap diabetes tipe 1. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Diabetes Tipe 1 dan 2, Lebih Bahaya Mana?

  1. Penggunaan Pankreas Buatan

Pankreas buatan dapat bekerja menyerupai kemampuan pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Pengobatan ini dikenal juga sebagai pengiriman insulin loop tertutup.

Perangkat implan akan terhubung dengan monitor glukosa yang akan memeriksa kondisi kadar gula darah setiap 5 menit sekali ke pompa insulin. Secara otomatis, perangkat akan mengirimkan jumlah insulin sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.  

  1. Penggunaan Obat-Obatan

Selain insulin, diabetes tipe 1 dapat diatasi dengan penggunaan obat-obatan, seperti:

  • Obat Tekanan Darah Tinggi. Obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) atau penghambat reseptor angiotensin II (ARB) diberikan untuk menjaga kesehatan ginjal. Obat-obatan ini direkomendasikan bagi pengidap diabetes yang memiliki tekanan darah diatas 140/99 mmHg.
  • Aspirin. Aspirin digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, apabila terlihat adanya risiko gangguan kesehatan jantung. 
  • Obat Penurun Kolesterol. American Diabetes Association menyarankan pengidap diabetes sebaiknya tidak memiliki angka kolesterol tinggi. 
  1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kadar Gula Darah

Sebaiknya siapkan alat pemeriksaan kadar gula darah di rumah dan lakukan pemeriksaan dalam satu hari sesuai dengan anjuran dokter. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencegah kenaikan kadar gula darah secara tiba-tiba.

  1. Perubahan Gaya Hidup Sehat

Agar pengobatan yang kamu lakukan semakin maksimal, sebaiknya lakukan gaya hidup sehat selama menjalani perawatan di rumah. Sebaiknya pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung nutrisi baik, rendah lemak, serta memiliki kandungan serat tinggi. 

Sebaiknya perbanyak mengonsumsi buah, sayuran, hingga gandum utuh. Jangan lupa untuk selalu melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, sebelum melakukan olahraga, pastikan kondisi kesehatan kamu baik dan mendapatkan persetujuan dari dokter, ya.

Baca juga: Alasan Pengidap Diabetes Tipe 1 Rentan Kena Tinea Corporis

Itulah pengobatan dan perawatan yang bisa dilakukan pengidap diabetes tipe 1. Pengobatan yang dilakukan secara teratur dan tepat membuat kamu terhindar dari berbagai komplikasi yang mungkin terjadi.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Type 1 Diabetes.

Web MD. Diakses pada 2021. Type 1 Diabetes.

Healthline. Diakses pada 2021. What is Type 1 Diabetes?