• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Payudara

Ini Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Payudara

“Mengidap kanker payudara bukan akhir dari segalanya. Sebab, tersedia banyak pilihan pengobatan yang bisa dijalani, dan kemungkinan sembuh pun ada. Mulai dari operasi, terapi radiasi, kemoterapi, terapi hormon, hingga terapi yang ditargetkan.”

Halodoc, Jakarta – Menerima diagnosis kanker payudara mungkin sangat mengejutkan, serasa dunia runtuh seketika. Padahal, ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia untuk kanker ini. Jadi, harapan kesembuhan tentunya ada, terutama bila kanker terdeteksi sejak stadium awal. 

Pada kebanyakan kasus, pengidap kanker payudara membutuhkan kombinasi dari dua atau lebih perawatan. Seperti apa pengobatan untuk mengatasi kanker payudara? Yuk simak dalam pembahasan berikut ini!

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker Payudara

Kanker Payudara dan Pengobatan yang Bisa Dijalani

Setelah diagnosis, dokter biasanya menentukan stadium kanker. Kemudian, dokter akan memutuskan pilihan pengobatan terbaik berdasarkan stadium dan faktor lainnya, seperti usia, riwayat keluarga, status mutasi genetik, dan riwayat medis pribadi.

Berikut ini berbagai pilihan pengobatan untuk mengatasi kanker payudara:

  1. Operasi

Kebanyakan orang dengan kanker payudara akan menjalani operasi untuk mengangkat sel kanker atau tumor dari payudara dan daerah lain yang terkena.

Lumpektomi dan mastektomi adalah dua pilihan bedah. Memutuskan opsi mana yang akan digunakan didasarkan pada ukuran dan lokasi tumor primer, pilihan pribadi, dan faktor lain seperti predisposisi genetik.

Mastektomi adalah operasi untuk mengangkat seluruh payudara. Prosedur ini direkomendasikan bila kanker ditemukan di seluruh payudara. Beberapa orang akan menjalani mastektomi ganda atau bilateral, di mana kedua payudara diangkat. 

Sementara itu, lumpektomi (disebut juga operasi konservasi payudara) adalah prosedur untuk mengangkat sel-sel kanker dan menyisakan bagian payudara lainnya. Ini adalah pilihan ketika kanker terbatas pada satu area payudara.

Lumpektomi juga dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan, yang berarti pengidap dapat segera pulang setelah operasi dan tidak perlu menginap di rumah sakit semalaman.

  1. Terapi Radiasi

Radiasi adalah jenis terapi bertarget di mana sinar-X berenergi tinggi digunakan untuk memberantas sel kanker dan mencegahnya menyebar. Biasanya direkomendasikan pada stadium awal kanker payudara, setelah lumpektomi untuk kanker stadium 0, dan dapat digunakan bersamaan dengan perawatan lain. Terapi ini biasanya diberikan 5 hari per minggu selama 5 sampai 7 minggu.

Baca juga: Tes yang Ampuh Deteksi Gejala Kanker Payudara

  1. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker yang dilakukan menggunakan obat khusus untuk membunuh sel kanker di seluruh tubuh. Ini biasanya diberikan secara intravena atau oral melalui pil, tetapi kadang-kadang diberikan langsung ke dalam cairan tulang belakang yang mengelilingi sumsum tulang belakang.

Tidak semua orang yang terkena kanker payudara membutuhkan kemoterapi. Biasanya disarankan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor, sehingga dapat diangkat dengan lebih mudah, atau setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tersisa.

Kemoterapi juga digunakan sebagai pengobatan sentral pada orang dengan kanker metastatik stadium lanjut yang telah menyebar ke seluruh tubuh. Obat kemoterapi biasanya diberikan di kantor dokter, rumah sakit, atau pusat infus menggunakan infus atau suntikan. 

Ini adalah standar untuk perawatan kemoterapi yang diberikan dalam siklus 2 hingga 3 minggu diikuti dengan periode istirahat untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih. Lama pengobatan kemoterapi tergantung pada seberapa baik pengobatan bekerja dan seberapa baik tubuh mentolerirnya .

  1. Terapi Hormon

Terapi hormon, juga disebut terapi endokrin, menghentikan hormon-hormon ini menempel pada sel kanker, sehingga menghentikan penyebarannya. Terapi ini sering digunakan setelah operasi untuk mengurangi risiko kanker kembali, tetapi kadang-kadang dilakukan sebelum operasi. Ini adalah perawatan jangka panjang yang dilakukan setidaknya selama 5 hingga 10 tahun.

Baca juga: 3 Komplikasi Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

  1. Terapi yang Ditargetkan

Terapi yang ditargetkan mengacu pada berbagai obat yang memasuki aliran darah dan mengobati kanker di seluruh tubuh. Obat terapi yang ditargetkan bertujuan untuk menyerang sel kanker tanpa merusak sel sehat, dan cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat kemoterapi.

Terapi ini sering digunakan untuk mengobati kanker jenis HER2-positif. Ini adalah kanker yang memiliki kelebihan protein yang disebut HER2 yang mendorong pertumbuhan sel kanker.

Itulah berbagai pilihan untuk mengobati kanker payudara. Bicarakan lebih lanjut dengan dokter terkait rencana pengobatan seperti apa yang bisa dijalani, karena setiap pengidap bisa berbeda. Bila dokter memberi resep, kamu bisa beli obat dan vitamin yang diresepkan melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Treating Breast Cancer.
Healthline. Diakses pada 2021. Breast Cancer Treatment.
WebMD. Diakses pada 2021. Breast Cancer Treatment.