• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pola Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Pengidap Eksim

Ini Pola Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Pengidap Eksim

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Pola Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Pengidap Eksim

“Tanpa disadari, asupan makanan dan kebiasaan tidak sehat yang sehari-hari dilakukan mampu memperparah gejala eksim. Eksim yang awalnya hanya menyebabkan gatal, pola hidup tidak sehat yang dijalani membuat eksim meradang dan memicu munculnya komplikasi. Lantas, apa saja pola hidup sehat pengidap eksim yang harus dilakukan?”

Halodoc, Jakarta – Eksim, atau yang dikenal dengan istilah dermatitis atopik cenderung sulit dicegah, karena penyebabnya sendiri belum diketahui secara pasti. Meski begitu, kamu dapat mencegah kekambuhan gejala dengan menghindari beberapa kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan. Beberapa hal tersebut terkait dengan makanan, kebiasaan, bahan baju yang dipakai, serta penggunaan produk dari bahan kimia. Berikut ini sejumlah pola hidup sehat pengidap eksim yang perlu diterapkan.

Baca juga: Pantangan Eksim, Hindari 9 Makanan Ini

1. Hindari Makanan Pemicu Alergi

Dari penelitian yang dilakukan, sebanyak 30 persen pengidap eksim alergi terhadap jenis makanan tertentu. Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari karena dapat memicu kekambuhan gejala eksim, seperti susu sapi dan produk olahannya, kacang kedelai dan produk olahannya, gandum, cengkeh, kayu manis, kacang-kacangan, telur, ikan, kerang, dan tomat.

Kamu juga perlu menghindari berbagai jenis makanan olahan, makanan kaleng, dan makanan cepat saji. Jangan lupa untuk membatasi makanan tinggi kandungan gula karena dapat memicu peradangan pada tubuh. Sejumlah makanan yang disebutkan memang tidak secara langsung menjadi penyebab eksim, tapi dapat memicu kekambuhan gejala.

2. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi sejatinya menjadi langkah mudah untuk mengembalikan kelembapan kulit. Namun, jika dilakukan terlalu lama justru akan membuat kulit kering. Kulit kering menjadi salah satu pemicu kekambuhan gejala eksim. Hal tersebut dikarenakan, saat mandi dan sabunan, sebum pada kulit akan hilang bersamaan. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi kulit untuk menjaganya tetap lembap.

3. Jangan Mandi dengan Air Panas

Jika tidak dilakukan dengan air yang terlalu panas, berendam air hangat dapat memberikan ketenangan. Namun, jika dilakukan dengan air yang terlalu panas, hal tersebut dapat memperparah gejala eksim. Jika ingin mandi dengan air hangat, pastikan suhunya tidak melebihi 37 derajat Celsius. Jangan mandi terlalu lama, agar kulit tidak kering karena paparan suhu hangat.

Baca juga: Makanan yang Bisa Memicu Eksim pada Bayi

4. Jangan Menggaruk Area Eksim

Kekambuhan gejala dapat memicu rasa yang sangat gatal pada kulit. Akibatnya, banyak pengidap yang menggaruk area eksim tanpa sadar. Tidak masalah jika dilakukan sekali saja, tetapi jika menggaruk terlalu keras dan sering dilakukan, maka kulit menjadi pecah-pecah, bahkan berdarah. Jika sudah begitu, alih-alih rasa gatal mereda, kamu justru bisa saja mengidap infeksi setelahnya.

5. Jangan Menggunakan Produk Berbahan Kimia

Bahan kimia dalam sabun mandi terkadang dapat mengikis minyak alami kulit yang bertugas untuk menjaga kelembapan kulit. Beberapa merek sabun bahkan mengandung alkohol, paraben, dan formaldehida yang dapat mengiritasi kulit. Jika kamu mengidap eksim, sebaiknya baca kemasan produk sebelum membeli. Pastikan produk aman digunakan dan tidak memicu kekambuhan gejala eksim.

6. Perhatikan Bahan Baju yang Digunakan

Perhatikan pakaian yang digunakan. Kulit pengidap eksim sangat sensitif dengan bahan wol atau sintetis seperti nilon dan poliester. Bahan-bahan tersebut membuat kulit terasa panas, cepat berkeringat, dan rentan iritasi. Para pengidap eksim sebaiknya menggunakan pakaian dari bahan katun dan rayon, karena keduanya mampu menyerap keringat dan menjaga suhu tubuh dengan baik.

Baca juga: Inilah Obat untuk Mengatasi Eksim yang Kambuh

Itulah beberapa pola hidup sehat pengidap eksim yang perlu diterapkan. Jika sejumlah langkah tersebut tidak mampu menekan gejala yang muncul, silahkan lakukan pemeriksaan diri di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Jika tidak mendapat penanganan tepat, komplikasi berupa rasa gatal parah, dan kulit terasa lebih tebal, kasar, bersisik, hingga berubah warna kegelapan bisa saja dialami. 

Referensi:
National Eczema Association. Diakses pada 2021. 20 Lifestyle and Health Hacks for Controlling Eczema.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Your Everyday Guide to Living Well With Eczema.