Ini Prosedur Operasi untuk Menangani Neuralgia Trigeminal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Prosedur Operasi untuk Menangani Neuralgia Trigeminal

Halodoc, Jakarta - Neuralgia trigeminal adalah kondisi nyeri kronis yang memengaruhi saraf trigeminal, yang membawa sensasi dari wajah ke otak seseorang. Jika kamu mengidap neuralgia trigeminal, bahkan rangsangan ringan pada wajah, seperti menyikat gigi atau merias wajah, dapat memicu sentakan rasa sakit luar biasa.

Awalnya kamu mungkin mengalami serangan singkat dan ringan. Namun, neuralgia trigeminal dapat berkembang dan menyebabkan serangan nyeri yang lebih lama dan lebih sering. Neuralgia trigeminal lebih sering menyerang wanita daripada pria, dan lebih cenderung terjadi pada orang yang berusia lebih dari 50 tahun.

Karena beragam pilihan perawatan yang tersedia, memiliki neuralgia trigeminal tidak selalu berarti kamu akan mengalami kesakitan. Dokter biasanya dapat secara efektif mengelola neuralgia trigeminal dengan obat-obatan, suntikan, atau operasi.

Baca Juga : Bisa Atasi Neuralgia Trigeminal, Ketahui Fakta Dekompresi Mikrovaskular

Diagnosis Neuralgia Trigeminal

Diagnosis dari neuralgia trigeminal adalah proses dengan beberapa tahap. Awalnya, dokter akan mengambil riwayat medis. Pastikan untuk menyebutkan trauma fisik apapun yang mungkin kamu alami di masa lalu, khususnya di kepala atau leher. Gambarkan rasa sakit parah yang pernah terjadi dan di bagian mana timbulnya.

Kamu akan diberikan ujian fisik yang mencakup pemeriksaan neurologis. Hal ini berguna untuk menentukan apakah neuralgia trigeminal tersebut disebabkan oleh kompresi saraf. Jika benar, maka akan dilakukan pencitraan dengan MRI di kepala dan leher bagian atas. Dokter mungkin akan mengangkat tumor atau sklerosis multiple yang terjadi.

Baca Juga : Cara Pencegahan Trigeminal Neuralgia yang Perlu Dipahami

Prosedur Operasi Neuralgia Trigeminal

Jika pengobatan tidak cukup mengendalikan gejala atau menyebabkan efek samping yang terus-menerus menyusahkan, kamu dapat dirujuk ke dokter spesialis. Gunanya adalah untuk membahas berbagai pilihan bedah dan non-bedah yang tersedia untuk menghilangkan rasa sakit.

Sejumlah prosedur telah digunakan untuk mengobati neuralgia trigeminal, jadi kamu harus mendiskusikan potensi manfaat dan risiko masing-masing dengan ahli medis sebelum membuat keputusan. Cobalah untuk mencari tahu tentang perawatan yang tepat untuk kamu.

Tidak ada jaminan bahwa satu atau salah satu dari prosedur ini akan bekerja. Namun, begitu kamu sudah memiliki prosedur yang berhasil, maka tidak perlu meminum obat penghilang rasa sakit kecuali jika rasa sakitnya kembali.

Jika satu prosedur tidak berhasil, kamu dapat mencoba yang lain atau tetap menggunakan obat untuk sementara atau selamanya. Beberapa prosedur yang dapat digunakan untuk mengobati neuralgia trigeminal, yaitu:

Prosedur Perkutan

Terdapat beberapa prosedur yang dapat meredakan nyeri neuralgia trigeminal, setidaknya untuk sementara, dengan memasukkan jarum atau tabung tipis melalui pipi dan ke dalam saraf trigeminal di dalam tengkorak. Cara ini dikenal sebagai prosedur perkutan.

Hal ini dilakukan menggunakan sinar-X untuk memandu jarum atau tabung ke tempat yang benar saat kamu sedang dibius dengan obat-obatan atau di bawah anestesi umum. Prosedur perkutan yang dapat digunakan untuk mengobati seseorang dengan neuralgia trigeminal meliputi:

  • Suntikan gliserol - obat yang disebut gliserol disuntikkan di sekitar ganglion gasserian, yaitu tiga cabang utama saraf trigeminal bergabung bersama.
  • lesi radiofrekuensi - jarum digunakan untuk memberikan panas langsung ke ganglion gasserian.
  • kompresi balon - balon kecil dilewatkan di sepanjang tabung tipis dimasukkan melalui pipi dan dipompa di sekitar ganglion gasserian untuk menekannya dan kemudian balon tersebut dilepas.

Prosedur ini bekerja dengan sengaja melukai atau merusak saraf trigeminal, yang dianggap mengganggu sinyal rasa sakit yang menyertainya. Setelah operasi ini dilakukan, kamu dapat langsung pulang ke rumah.

Operasi cara ini juga membawa risiko efek samping dan komplikasi jangka pendek dan jangka panjang lainnya. Di antaranya adalah pendarahan, memar wajah, masalah mata, dan gangguan pendengaran pada sisi yang sakit. Pada tahap yang sangat jarang, kondisi ini bisa menyebabkan stroke.

Baca Juga : Kenali Prosedur Operasi untuk Mengatasi Neuralgia Trigeminal

Itulah prosedur operasi untuk menangani neuralgia trigeminal. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!