Ini Prosedur Tes Darah untuk Diagnosis Pneumonia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
ini-prosedur-tes-darah-untuk-diagnosis-pneumonia

Halodoc, Jakarta - Demam, batuk, dan sesak napas bisa menjadi tanda atau gejala bahwa kamu mengalami pneumonia. Saat kamu memeriksakan diri untuk melakukan diagnosis pneumonia, dokter akan memulai evaluasi dengan memeriksa organ-organ vital kamu. Ia akan mengukur suhu, tekanan darah, detak jantung, dan laju pernapasan. Selain itu, dokter juga akan memeriksa tingkat oksigen menggunakan oksimetri nadi. Diagnosis pneumonia ini dilakukan dengan meletakkan alat kecil di jari untuk memperkirakan persentase oksigen dalam darah. 

Tingkat oksigen yang rendah mengkhawatirkan dan mungkin berarti kamu perlu mendapatkan suplai oksigen tambahan. Dengan menggunakan stetoskop, dokter akan mendengarkan paru-paru. Dokter ingin mendengar suara berderak atau mengi. Penurunan suara di satu area bisa berarti pneumonia telah terbentuk di sana. Mengetuk punggung kamu di area itu dapat membantu menentukan apakah ada pengumpulan cairan terkait atau konsolidasi. Jangan kaget jika kamu diminta mengucapkan huruf "E" dengan lantang. Jika kamu memiliki cairan di paru-paru, itu akan terdengar seperti "A" saat mendengarkan melalui stetoskop.

Baca juga: Waspada Komplikasi yang Diakibatkan Pneumonia Aspirasi

Pemeriksaan Darah untuk Diagnosis Pneumonia

Sementara pemeriksaan fisik dapat meningkatkan kecurigaan untuk pneumonia, diagnosis dapat diperkuat menggunakan berbagai tes. Kamu dapat menanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai tes yang perlu kamu jalani.  Ketahuilah bahwa sebagian besar tes sederhana dan mudah, contohnya pemeriksaan darah. Pengambilan darah adalah tes yang sederhana, dilakukan dengan pengumpulan sampel, cepat dan tidak menyakitkan.

Pemeriksaan darah yang akan dilakukan untuk diagnosis pneumonia yaitu hitung darah lengkap (complete blood count), ini adalah tes sederhana dan murah. Hitung darah putih adalah salah satu dari jumlah darah yang diukur. Jika meningkat, infeksi atau peradangan hadir. Hanya saja sebenarnya pemeriksaan darah ini tidak secara khusus memberi tahu kamu jika kamu mengidap pneumonia.

Dalam tes darah untuk mendiagnosis pneumonia ini akan menghitung sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih membantu tubuh melawan infeksi. Jenis pemeriksaan darah CBC mengukur jumlah dan jenis sel darah putih dalam tubuh. Setiap peningkatan atau penurunan abnormal dalam jumlah atau jenis sel darah putih bisa menjadi membuat tubuh infeksi, peradangan, atau kanker.

Baca juga: Ini Prosedur Pemeriksaan untuk Diagnosis Pneumonia Aspirasi

Persiapan Sebelum Pemeriksaan CBC

Sebelum menjalani tes darah hitung darah lengkap (CBC), pastikan kamu mengenakan kemeja lengan pendek atau kemeja lengan yang bisa kamu gulung dengan mudah. Kamu biasanya dapat makan dan minum secara normal sebelum CBC. Namun, dokter mungkin mengharuskan kamu berpuasa untuk waktu tertentu sebelum tes. Itu biasa jika sampel darah akan digunakan untuk pengujian tambahan. Dokter akan memberikan instruksi spesifik kepada kamu.

Apa yang Terjadi Selama CBC?

Selama CBC, teknisi laboratorium akan mengambil darah dari vena, biasanya dari bagian dalam siku atau dari bagian belakang tangan. Tes hanya akan memakan waktu beberapa menit. Dalam proses ini, tugas akan melakukan:

  • Membersihkan kulit kamu dengan lap antiseptik.

  • Letakkan pita elastis, atau tourniquet, di sekitar lengan atas kamu untuk membantu pembuluh darah membengkak dengan darah.

  • Memasukkan jarum ke dalam dan mengumpulkan sampel darah dalam satu botol atau lebih.

  • Menghapus band elastis.

  • Menutupi area dengan perban untuk menghentikan pendarahan.

  • Melabeli sampel darah pasien dan mengirimkan ke laboratorium untuk dianalisis.

Baca juga: Begini Tes Umum untuk Deteksi Bakteri Pneumonia

Tes darah bisa sedikit tidak nyaman. Ketika jarum menusuk kulit, kamu mungkin merasakan tusukan atau sensasi mencubit. Beberapa orang juga merasa pingsan atau pusing ketika melihat darahnya sendiri. Setelah itu, mungkin orang yang menjalani pemeriksaan mengalami sedikit memar, tetapi akan hilang dalam beberapa hari.

Sebagian besar hasil CBC tersedia dalam beberapa jam sampai sehari setelah pemeriksaan. CBC bukan tes diagnostik definitif. Jumlah sel darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat ditemukan pada berbagai kondisi. 

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2019. How Pneumonia Is Diagnosed?

Health Line. Diakses pada 2019. Complete Blood Count (CBC)