• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Prosedur untuk Menghilangkan Tompel
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Prosedur untuk Menghilangkan Tompel

Ini Prosedur untuk Menghilangkan Tompel

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 September 2022

“Ada beberapa prosedur untuk menghilangkan tompel yang biasa dilakukan. Seperti misalnya operasi, melakukan terapi laser, atau menggunakan obat tertentu untuk mengecilkan tompel.”

Ini Prosedur untuk Menghilangkan TompelIni Prosedur untuk Menghilangkan Tompel

Halodoc, Jakarta – Tompel, tahi lalat, ataupun tanda lahir adalah bercak yang sudah ada sejak lahir ataupun muncul setelah lahir. Sebagian orang menganggap tompel sangat mengganggu sehingga ia perlu dihilangkan. 

Ada beberapa prosedur untuk menghilangkan tompel yang biasa dilakukan. Beberapa diantaranya operasi, melakukan terapi laser, dan juga menggunakan obat tertentu untuk mengecilkan tompel. Informasi selengkapnya mengenai prosedur menghilangkan tompel bisa dibaca di sini!

Berbagai Prosedur Menghilangkan Tompel

Tompel yang tidak mengganggu kesehatan sebenarnya tidak jadi masalah dan kalau dibiarkan pun tidak apa-apa. Akan tetapi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tak jarang orang melakukan prosedur untuk menghilangkan tompel karena alasan estetika. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan prosedur yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Terapi Laser

Terapi laser dapat membantu menghilangkan tompel yang berwarna merah. Sinar laser bekerja dengan cara mengecilkan atau menghilangkan pembuluh darah, sehingga membuat tompel kurang terlihat.

Terapi laser paling efektif bila digunakan sejak bayi, tetapi juga dapat digunakan pada anak-anak dan orang dewasa. Tipe tompel yang biasanya dapat dihilangkan dengan prosedur laser adalah yang sifatnya vaskular bawaan.

2. Pembedahan 

Operasi ataupun pembedahan, biasanya menjadi pilihan bila ukuran tompel cukup besar. Untuk melakukan prosedur ini, akan dilakukan anestesi lokal. 

3. Pengobatan

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan beta-blocker, yang biasanya digunakan untuk tekanan darah tinggi. Ini dilakukan untuk mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke suatu daerah, membuat tompel menjadi kurang terlihat. 

Kortikosteroid juga bisa mengecilkan pembuluh darah dan dapat meminimalkan hemangioma pada bayi. Prosedur perawatan ini hanya efektif selama tompel sedang tumbuh, yang biasanya berakhir di usia 1 tahun. 

Setelah itu, tompel akan mulai menghilang dengan sendirinya. Jika mau dilakukan prosedur selanjutnya, maka bisa dilakukan  pembedahan atau dengan terapi laser.

Mengenal Tompel atau yang Biasa Disebut Tanda Lahir

Tompel adalah area perubahan warna pada kulit yang muncul sejak lahir dan seringkali bersifat permanen. Tompel bisa muncul dalam bentuk bercak merah, merah muda, ungu atau coklat dengan ukurannya bervariasi. Tompel pun bisa muncul di bagian tubuh manapun. 

Tompel vaskular yang biasanya berwarna merah, merah muda atau ungu, disebabkan oleh kelainan pada pembuluh darah kulit. Sedangkan, tompel berrpigmen coklat biasanya disebabkan oleh kelompok melanin (pigmen) di kulit.

Beberapa solusi alami umum untuk menghilangkan tompel adalah mengoleskan jus lemon atau minyak zaitun ke daerah tompel. Jus lemon secara historis telah digunakan untuk memudarkan bintik-bintik dan mencerahkan kulit. 

Oleskan beberapa tetes jus lemon pada tompel, biarkan selama minimal 20 menit, bilas dengan air hangat dan kemudian keringkan kulit dengan handuk bersih. Ulangi proses ini setidaknya tiga kali sehari sampai tompel memudar.

Selain lemon, minyak zaitun adalah pelembap alami dan juga dapat digunakan untuk melembutkan area kulit yang kering dan bertekstur kasar. 

Sayangnya, sebagian besar tompel tidak berbahaya dan tidak membutuhkan prosedur untuk menghilangkannya. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, untuk alasan kesehatan, tompel memang perlu dihilangkan. Ini menjadi keharusan bisa tompel malah memicu sakit ataupun nyeri, serta kondisi kesehatan lainnya. Sebenarnya juga tompel bisa memudar seiring dengan pertambahan usia, dan itu adalah situasi yang wajar.

Itulah informasi mengenai prosedur menghilangkan tompel dan apakah tompel berbahaya atau tidak. Kalau kamu ingin memeriksakan tompel untuk tahu apakah tompel tersebut bisa mengganggu kesehatan atau tidak, kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Remove a Birthmark.
Sknclinics.co.uk. Diakses pada 2022. How To Remove Your Birthmarks The Natural Way.