• Home
  • /
  • Ini Risiko Hidradenitis Suppurativa pada Orang Dewasa

Ini Risiko Hidradenitis Suppurativa pada Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ini-risiko-hidradenitis-suppurativa-pada-orang-dewasa-halodoc

Halodoc, Jakarta – Dibandingkan anak-anak, orang dewasa memang lebih berisiko mengalami berbagai masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang cukup serius yang perlu diwaspadai orang dewasa adalah hidradenitis suppurativa (HS). Yuk, cari tahu faktor apa saja yang dapat membuat orang dewasa berisiko terkena hidradenitis suppurativa di sini.

Apa Itu Hidradenitis Suppurativa?

Hidradenitis suppurativa adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang menyakitkan di bawah kulit. Benjolan tersebut dapat pecah dan terbuka, atau membentuk terowongan di dalam kulit. Ketika pecah, benjolan yang sudah terinfeksi dan berisi nanah, akan mengeluarkan bau busuk. Mereka juga dapat meninggalkan bekas luka. Kondisi kulit ini paling sering memengaruhi area lipatan kulit yang sering bergesekan, seperti ketiak, selangkangan, bokong, dan payudara. 

Hidradenitis suppurativa biasanya dimulai setelah masa pubertas. Kondisi ini bisa bertahan selama bertahun-tahun dan memburuk dari waktu ke waktu dengan efek yang mengganggu aktivitas pengidapnya sehari-hari dan juga kesejahteraan emosionalnya.

Baca juga: Mengidap Hidradenitis Suppurativa Bisa Sebabkan Depresi

Penyebab Hidradenitis Suppurativa

Penyebab pasti hidradenitis suppurativa masih belum diketahui. Benjolan dapat terbentuk ketika folikel rambut di kulit tersumbat. Parah ahli menduga, kondisi kulit tersebut memiliki kaitan dengan hormon, gen yang diturunkan, dan masalah sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan merokok, kelebihan berat badan, dan sindrom metabolik mungkin juga berpengaruh dalam terbentuknya benjolan hidradenitis suppurativa.

Namun, hidradenitis suppurativa tidak disebabkan oleh infeksi atau kebersihan tubuh yang buruk serta tidak dapat menular ke orang lain.

Baca juga: Menyerang Kulit, Inilah 4 Gejala Hidradenitis Suppurativa

Faktor Risiko Hidradenitis Suppurativa pada Orang Dewasa

Hidradenitis suppurativa memang lebih sering terjadi pada orang dewasa. Berikut ini faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko hidradenitis suppurativa pada orang dewasa:

  • Usia. Hidradenitis suppurativa lebih sering terjadi pada kelompok orang dewasa dengan rentang usia 18 dan 29 tahun. Orang yang terkena kondisi kulit ini pada usia yang lebih muda, mungkin lebih berisiko mengembangkan penyakit yang dapat menyebar luas.

  • Jenis Kelamin. Wanita berisiko lebih tinggi terkena hidradenitis suppurativa daripada pria.

  • Riwayat Keluarga. Risiko untuk terkena hidradradnitis suppurativa juga dapat diturunkan.

  • Obesitas. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan adanya kaitan antara kelebihan berat badan dengan hidradenitis suppurativa.

  • Kebiasaan Merokok. Kebiasaan merokok tembakau juga telah dikaitkan dengan hidradenitis suppurativa.

Perawatan Rumahan yang dapat Meredakan Hidradenitis Suppurativa

Oleh karena para ahli belum dapat memastikan penyebab hidradenitis suppurativa, cara untuk mencegah kondisi kulit tersebut juga belum bisa ditentukan. Namun, ada beberapa perawatan rumahan sederhana yang dapat membantu meredakan gejala hidradenitis suppurativa yang ringan, mempercepat penyembuhannya, dan mencegah benjolan pecah:

  • Lakukan perawatan kulit harian. Bersihkan area kulit yang terkena HS setiap hari dengan lembut dengan menggunakan sabun antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bau. Hindari menggosok dengan menggunakan waslap, loofah atau benda lain pada area yang terkena, karena dapat mengiritasi kulit. 

  • Turunkan berat badan yang berlebih. Mengurangi berat badan dapat membuat kulit lebih sedikit bergesekan, sehingga gejala HS pun bisa diredakan.

  • Berhenti Merokok. Bila kamu seorang perokok, cobalah untuk berhenti merokok. Merokok dan penggunaan tembakau lainnya dapat memperburuk gejala hidradenitis suppurativa.

  • Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Cara ini dapat membantu meredakan gejala HS dengan mengurangi gesekan pada kulit.

Baca juga: Idap Hidradenitis Suppurativa, Ini Pengobatannya

Nah, itulah beberapa faktor risiko hidradenitis suppurativa pada orang dewasa. Bila kamu menemukan benjolan di bawah kulit yang terasa nyeri, coba tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, untuk minta solusi kesehatan yang tepat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Hidradenitis Suppurativa.