• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Tanda-Tanda Kucing Peliharaan Terkena Hairball

Ini Tanda-Tanda Kucing Peliharaan Terkena Hairball

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Melihat tingkah laku hewan peliharaan terkadang menjadi suatu hal yang menyenangkan dan mampu menghilangkan rasa stres yang dimiliki oleh pemilik. Namun, sebaiknya waspada terhadap kondisi kucing yang sering mengeluarkan cairan atau muntah, karena kondisi ini bisa menjadi tanda hairball pada kucing.

Baca juga: Vaksin Kucing Kesayangan, Sebaiknya Umur Berapa?

Hairball merupakan kondisi dimana terdapat bola yang terbentuk dari rambut-rambut mati yang dijilat oleh kucing dan masuk ke dalam pencernaan. Hairball dapat dikeluarkan kembali oleh kucing melalui kotoran maupun memuntahkannya kembali. Namun, jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kucing. Simak beberapa tanda lain dari hairball pada kucing, di sini!

Kenali Tanda Hairball pada Kucing

Sebaiknya jangan pernah melewatkan waktu untuk menyikat atau menyisir rambut kucing peliharaan, apalagi jika kamu memiliki kucing dengan jenis rambut yang panjang. Kurang merawat rambut pada kucing peliharaan dapat menyebabkan kucing lebih sering merawat dirinya sendiri dengan menjilat tubuhnya.

Melalui proses ini, kucing menghilangkan berbagai kotoran yang ada pada rambutnya. Saat menjilat tubuh, biasanya papila pada lidah mereka akan mengangkat rambut yang mati dan rontok. Kondisi ini menyebabkan rambut masuk ke dalam pencernaan.

Namun jangan khawatir, kondisi ini merupakan hal yang normal dialami oleh kucing. Sebagian besar rambut mati yang tertelan akan dikeluarkan kembali melalui kotoran dan juga melalui muntah dalam bentuk hairball. Saat muntah, hairball akan dikeluarkan bersama dengan cairan pencernaan dari saluran cerna kucing.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Namun, tidak ada salahnya kenali tanda-tanda hairball pada kucing agar kamu dapat melakukan penanganan yang tepat. Biasanya, kucing akan lebih sering tersedak dan muntah saat ia mengalami hairball. Selain itu, terdapat gumpalan rambut pada muntahan dan kotoran kucing yang menjadi tanda dari hairball.

Hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kucing, saat kucing mengalami muntah cukup sering, tanpa munculnya hairball, dan disertai kondisi yang lemas. Sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai kondisi kucing. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa hairball sudah berpindah dari perut ke usus yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Apalagi jika kondisi tersebut disertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti penurunan nafsu makanan, sembelit atau diare, hingga perut yang membengkak.

Pencegahan Hairball pada Kucing

Hairball menjadi salah satu kondisi pada kucing yang dapat dicegah. Dengan rutin menyisir atau menyikat rambut kucing, maka kamu dapat membantu kucing menghilangkan rambut rontok dan mati. Hal ini dapat menurunkan risiko rambut yang akan tertelan oleh kucing ketika sedang menjilat tubuhnya. 

Kamu juga bisa rutin membawa kucing untuk melakukan perawatan di salon hewan profesional agar kucing mendapatkan perawatan yang tepat untuk kesehatan rambut. Selain itu, pastikan kamu memangkas rambut kucing secara berkala, khususnya pada kucing yang memiliki jenis bulu panjang.

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dan serat pada kucing. Kedua jenis kandungan ini dapat membantu kucing untuk lebih mudah mengeluarkan hairball dari tubuhnya. Selain itu, memilih makanan yang tepat juga bisa dilakukan untuk mencegah hairball. Berikan kucing makanan yang dapat memenuhi kebutuhan serat dan merawat kekuatan rambut.

Itulah beberapa tanda dan pencegahan yang bisa kamu ketahui mengenai hairball pada kucing. Jangan sepelekan perubahan perilaku yang terjadi pada kucing. Hal tersebut bisa menandakan adanya gangguan kesehatan pada kucing yang perlu segera diatasi.

Referensi:
Purina One. Diakses pada 2020. Dealing With Cat Hairballs.
Purina. Diakses pada 2020. Cat Hairballs: What You Should Know.
Fetch by Web MD. Diakses pada 2020. What to Do About Hairballs in Cats.