25 September 2018

Ini Tekanan Darah yang Sehat Secara Medis

Tekanan darah, ciri tekanan darah normal

Halodoc, Jakarta - Tekanan darah yang sehat adalah tekanan darah yang angkanya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Tekanan darah adalah ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lalu, seperti apakah ciri tekanan darah normal? Berapa tekanan darah yang sehat?

Tekanan darah sehat atau tensi normal pada tubuh, umumnya terjadi ketika badan dalam kondisi sehat dan bugar. Tekanan darah yang normal pada seseorang berkisar pada angka 120/80 mmHg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung sedang memompa darah. Jantung memompa darah untuk dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Angka 120, atau angka atas tekanan darah disebut sebagai angka sistolik.

Sedangkan pada angka 80, atau angka bawah tekanan darah, itu disebut sebagai angka diastolik. Arti angka ini adalah jantung sedang beristirahat sebentar untuk memompa darah. Tekanan darah tidak selamanya stabil atau menetap di satu angka tertentu. Ini tergantung pada kegiatan yang sedang kamu lakukan, perasaan yang kamu rasakan, atau kondisi kesehatan saat itu.

Tekanan darah normal juga bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang sedang kamu lakukan dan tergantung kondisi emosional kamu. Kamu tidak perlu panik ketika tekanan darah kamu berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu yang lama. Hal-hal berikut ini harus kamu lakukan agar tekanan darah kamu tetap dalam kondisi normal:

1. Olahraga Secara Teratur

Cara menjaga tekanan darah berada pada titik normal adalah dengan berolahraga. Jika hal ini kamu lakukan secara teratur, minimal 30 menit dalam beberapa hari setiap minggu, tekanan darah yang berkurang bisa berkisar antara 5 hingga 8 mmHg.

Namun, jika kamu tidak melakukannya secara teratur, tekanan darah kamu dapat kembali naik. Jika kamu adalah pengidap hipertensi, olahraga teratur akan sangat berguna. Sebab, perkembangan kondisi hipertensi dapat diredam dengan aktivitas fisik yang teratur.

2. Mengatur Asupan Garam dalam Tubuh

Ion natrium dalam garam sangat memengaruhi tekanan darah. Untuk itu, demi memperoleh tekanan darah normal, kamu perlu mengatur asupan garam setiap harinya. Sebelum menentukan pola diet sehat yang kamu pilih, coba ukur tekanan darahmu saat ini. Apabila tekanan darahmu cenderung rendah, coba perbanyaklah asupan garam. Sebaliknya, jika kamu adalah pengidap hipertensi, kamu harus membatasi konsumsi garam.

3. Jaga Berat Badan

Jika berat badan kamu berlebih, tekanan darah yang kamu miliki kemungkinan akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan, berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur atau sleep apnea. Tak ada ruginya jika kamu menurunkan berat badan sekarang. Sebab, setiap penurunan bobot badan sebesar 4,5 kilogram, tekanan darah akan berkurang secara signifikan.

4. Batasi Kafein

Tahukah kamu? Mengonsumsi minuman berkafein dapat jadi penyebab tekanan darah tinggi secara tiba-tiba. Hal ini berkaitan dengan terhambatnya hormon yang melebarkan pembuluh darah. Sebagai usaha menjaga supaya tekanan darahmu tetap normal, cobalah batasi asupan kafein dalam jumlah normal dan wajar. Meskipun efek kafein terhadap tekanan darah akan bervariasi pada setiap orang, ada baiknya kamu tetap berjaga-jaga.

Nah, itulah penjelasan mengenai tekanan darah yang sehat dan bagaimana cara menjaga tekanan darah kamu tetap normal. Namun, tekanan darah normal ini hanya berlaku pada orang dewasa. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa bertanya pada dokter ahli di Halodoc. Kamu dapat langsung mengobrol di mana pun dan kapan pun melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga dapat membeli obat dengan layanan apotik antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: