• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Teknik Dasar dan Manfaat Olahraga Bola Basket
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Teknik Dasar dan Manfaat Olahraga Bola Basket

Ini Teknik Dasar dan Manfaat Olahraga Bola Basket

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Agustus 2022

“Permainan bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang banyak digandrungi anak laki-laki. Untuk ikut bermain, seseorang perlu memahami teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu.”

Ini Teknik Dasar dan Manfaat Olahraga Bola BasketIni Teknik Dasar dan Manfaat Olahraga Bola Basket

Halodoc, Jakarta – Permainan bola basket adalah olahraga yang dilakukan dengan  mempertandingkan dua tim dengan setiap tim terdiri dari lima pemain. Cabang olahraga ini melibatkan kelincahan, kecepatan, daya tahan dan tentunya kerja sama tim. 

Tujuan utama bermain basket adalah menghasilkan poin sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam ring. Sebelum mengikuti permainan ini, setiap pemain perlu mengetahui teknik-teknik dasar bola basket. 

Teknik Dasar Bermain Bola Basket

Ada lima dasar teknik permainan bola basket, yaitu:

1. Dribbling

Teknik yang paling sering dilakukan dalam permainan bola basket adalah dribbling. Metodenya yaitu membawa bola dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian sambil berjalan atau berlari.

Dribbling dilakukan untuk melindungi bola agar tidak direbut lawan. Kegunaan menggiring bola antara lain mencari peluang dari serangan, menerobos pertahanan lawan, ataupun memperlambat tempo permainan. 

 2. Catching & Passing

Passing adalah mengoper atau memberikan bola ke kawan dalam permainan bola basket. Sementara catching adalah menangkap bola basket dari tim maupun lawan. Teknik ini pada umumnya dilakukan dengan 2 bahkan 1 tangan. Gerakannya harus cepat, tepat dan keras, tetapi tidak tergesa-gesa sehingga dapat dikuasai oleh kawan yang menerimanya.

Dalam menangkap bola, pemain perlu memperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. 

3. Shooting

Teknik dasar berikut ini sangat menentukan kemenangan.  Butuh akurasi yang tepat agar bola bisa masuk ke dalam ring. Untuk menjadi shooter yang handal, permain perlu menjaga keseimbangan badan dan koordinasi yang baik, konsentrasi penuh, serta punya rasa sensitivitas tinggi. 

Jenis shooting dalam bola basket pun bervariasi. Mulai dari one-handset shoot, jump shoot, free throw, lay up, hook shoot, runner, dan three point shoot.

4. Pivot

Istilah pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sebagai porosnya sambil memegang bolabasket. Gerakan putaran pivot sebaiknya tidak sampai menggeser letak kaki (poros) yang dipakai berputar. Jika sampai geser maka sudah termasuk pelanggaran. Gerakan berputar tersebut bisa sampai 380 derajat. 

Tujuan utama teknik ini adalah untukcmenyelamatkan bola agar tidak sampai direbut dan lepas ke tangan lawan. 

5. Rebound

Pengertian rebound adalah pemain mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ring. Para pemain yang biasanya melakukan rebound adalah mereka yang berada di posisi depan dan tengah atau pemain yang memiliki tinggi badan lebih tinggi daripada pemain lain.

Manfaat Bermain Bola Basket untuk Kesehatan

Saat bermain basket, kamu bisa mendapatkan manfaat-manfaat di bawah ini:

  • Satu jam bermain basket dapat membakar 630–750 kalori
  • Membangun daya tahan
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
  • Mengembangkan konsentrasi dan disiplin diri
  • Meningkatkan massa otot.

Jika mengalami cedera setelah bermain basket, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis,. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Fakultas Ilmu Keolahragaan UM. Diakses pada 2022. Buku Ajar Bolabasket .
STACK Basketball. Diakses pada 2022. WHAT ARE THE 5 BASIC SKILLS IN BASKETBALL?
Better Health. Diakses pada 2022. Basketball – health benefits.