Ini Tindakan Medis untuk Hilangkan Lipoma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengobati lipoma

Halodoc, Jakarta - Lipoma, atau yang lebih dikenal dengan tumor jinak jaringan lemak merupakan penyakit yang berhubungan dengan kelenjar lemak. Penyakit ini dapat muncul pada bagian tubuh manapun dan umumnya tidak bersifat ganas. Tumor ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis tertentu.

Jika tumor jinak jaringan lemak ini sudah mulai membesar dan menimbulkan rasa sakit, operasi pengangkatan tumor akan diperlukan. Apa saja tindakan medis yang dilakukan untuk menghilangkan lipoma?

Baca juga: Ini 7 Ciri Benjolan Lipoma

Ini Tindakan Medis untuk Hilangkan Lipoma

Sebenarnya, tumor jinak jaringan lemak tidak memerlukan penanganan medis secara khusus. Penanganan baru akan dibutuhkan jika benjolan terus membesar dan menimbulkan rasa sakit pada pengidapnya. Jika hal tersebut sampai terjadi, begini beberapa tindakan medis yang dilakukan:

1. Operasi Pengangkatan Lipoma

Metode ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil pada kulit pada area munculnya tumor. Jika tumor jinak jaringan lemak ini muncul di dalam organ tubuh, operasi akan dilakukan dengan menggunakan anestesi umum. Operasi ini biasanya dilakukan pada kasus lipoma yang sudah membesar. Setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor jinak jaringan lemak, maka peluang munculnya tumor untuk yang kedua kalinya sangat kecil.

Baca juga: Lipoma Muncul, Harus Segera Operasi?

2. Liposuction atau Sedot Lemak

Metode yang satu ini dilakukan untuk mengatasi tumor jinak jaringan lemak dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih lunak. Sedot lemak sendiri merupakan salah satu bentuk operasi yang dilakukan guna menghilangkan lemak pada tubuh yang tidak diinginkan. Biasanya, pengidap akan melakukan sedot lemak jika diet dan olahraga tidak juga ampuh untuk menghilangkan lemak ini. Hal ini merupakan salah satu bentuk estetik kosmetik atau kecantikan.

3. Suntikan Steroid

Metode yang satu ini dilakukan dengan menyuntik steroid pada daerah yang berlemak, tetapi lemak tidak dapat dihilangkan secara keseluruhan. Suntik ini biasanya dilakukan untuk membentuk otot secara instan dan mempercepat kesembuhan, jika sedang mengalami penyakit tertentu. Biasanya, suntikan ini dilakukan oleh para atlet guna meningkatkan kemampuan fisik.

Lipoma dapat menyebabkan rasa nyeri apabila tumbuh membesar dan menekan saraf yang banyak mengandung pembuluh darah. Parahnya, tumor jinak jaringan lemak yang tumbuh di otak atau saraf tulang belakang dapat menimbulkan komplikasi, seperti gangguan bicara, bahkan kelumpuhan. Kamu ingin melakukan sejumlah metode di atas? Tak perlu repot keluar rumah, kamu bisa langsung membuat  janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc.

Ketahui, Ini yang Jadi Gejala dari Tumor Jinak Jaringan Lemak

Gejala umum pada pengidap lipoma adalah munculnya benjolan di area tubuh. Selain itu, ini beberapa hal yang wajib kamu perhatikan:

  • Benjolan tidak terasa nyeri. Jika terasa nyeri, diskusikan dengan dokter segera, ya!

  • Benjolan bersifat lunak dan bisa digerakkan ketika diraba.

  • Benjolan berukuran tidak lebih dari tiga sentimeter.

  • Benjolan pada kulit tidak berwarna.

  • Benjolan biasanya tumbuh sangat lama dan tidak mengalami perkembangan menjadi ganas.

Baca juga: Lipoma, Benjolan pada Bagian Tubuh yang Jangan Diabaikan

Segera memeriksakan diri ke dokter jika ada benjolan di area tubuh mana pun, karena penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat yang kamu alami. Untuk membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan, segera buka Google Play atau App Store kamu, kemudian download aplikasi Halodoc segera. Perlu diingat bahwa, benjolan di permukaan tubuh belum tentu tumor jinak jaringan lemak, benjolan bisa saja disebabkan oleh kista atau kanker. Hal ini dapat membahayakan nyawamu jika tidak segera ditangani.