Ini Tips Tambah Berat Badan Saat Puasa

tambah berat badan saat puasa

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang tengah menjalani usaha dalam menaikkan berat badan pastinya akan lebih tertantang saat sedang menjalani puasa. Salah satu kunci menaikkan berat badan adalah makan lebih sering dari biasanya. Namun, ketika puasa kamu enggak bisa maksimal melakukannya. Nah, bagaimana cara mengatasi kondisi ini? Berikut tips tambah berat badan saat puasa.

Baca juga: Puasa Bisa Menambah Berat Badan, Ini Caranya

  • Konsumsi Makanan Berkalori

Syarat utama menaikkan berat badan adalah menambah jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi kalori berlebih dapat menimbulkan masalah pencernaan dan perut akan terasa begah. Bagi seseorang yang ingin menambah berat badan saat berpuasa, tambahkan kalori secara bertahap. Kamu bisa menambahkan 300-500 kalori pada menu makanan kamu saat sahur dan berbuka puasa.

Kalori bisa kamu peroleh dari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Kamu bisa memilih makanan sehat tinggi karbohidrat seperti gandum utuh, roti, tepung, sayuran, beras merah, kacang polong, atau sereal. Sedangkan untuk lemak sehat bisa berasal dari lemak tak jenuh yang biasanya terdapat pada ikan, kacang-kacangan, dan alpukat. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng bahan makanan tersebut.

  • Tambahkan Asupan Protein

Tidak hanya kalori, kebutuhan protein juga tidak kalah pentingnya. Karena protein berperan dalam membentuk otot tubuh, sehingga berat badan akan bertambah. Nah, kamu bisa mendapatkan protein dari daging, kacang-kacangan, telur, atau ikan. Selain dari makanan, kamu bisa mendapatkan protein lebih dengan meminum susu sapi atau susu kambing. Protein juga merupakan asupan gizi yang bisa kamu konsumsi saat sahur guna menjaga tenaga tetap terkontrol dan mencegah rasa lemas.

Baca juga: Puasa Malah Bikin Gemuk, Ini Alasannya

  • Jangan Lupa Berolahraga

Agar berat badan kamu bisa bertambah dengan maksimal, jangan lupa maksimalkan usaha kamu dengan olahraga. Kamu bisa memilih olahraga ringan yang sesuai dengan kondisi kamu saat berpuasa, seperti olahraga kardio, lompat tali, jalan cepat, joging, dan bersepeda.

Ada beberapa waktu terbaik yang disarankan untuk melakukan olahraga ini, yaitu sebelum berbuka, setelah berbuka, dan setelah sahur. Olahraga sangat baik untuk membentuk massa otot. Namun, kamu juga harus mengingat jangan berolahraga secara berlebihan. Karena bisa-bisa tenaga kamu habis untuk melakukan olahraga, dan puasa kamu pun jadi terganggu.

  • Jaga Asupan Air Putih

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi saat puasa penting dilakukan. Selain memperhatikan pola makan saat puasa, waktu minum juga perlu kamu atur. Karena waktu minum yang tidak tepat bisa menyebabkan asupan makanan yang kamu dapatkan berkurang. Untuk itu, jangan lupakan pola delapan gelas setiap hari, yaitu tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan dua gelas saat menjelang tidur. Nah, buat orang yang tengah berusaha menaikkan berat badan, hindari minum air terlalu banyak sebelum makan sahur atau berbuka.

Baca juga: Berat Badan Naik Saat Puasa, Apa yang Salah?

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!