• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Perkuat Imun di Musim Hujan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Perkuat Imun di Musim Hujan

Ini Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Perkuat Imun di Musim Hujan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 November 2022

“Memasuki musim hujan tentunya kamu perlu memenuhi vitamin daya tahan tubuh. Vitamin C, A, dan D menjadi beberapa jenis vitamin yang perlu dipenuhi untuk meningkatkan imun.”

Ini Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Perkuat Imun di Musim HujanIni Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Perkuat Imun di Musim Hujan

Halodoc, Jakarta – Memasuki musim hujan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai paparan penyakit. Bahkan, musim hujan juga identik dengan berbagai penyakit, seperti flu hingga batuk yang dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman pada kesehatan.

Sebaiknya pastikan kamu memenuhi kebutuhan berbagai jenis vitamin daya tahan tubuh yang diperlukan untuk meningkatkan imun di musim hujan. Yuk, ketahui berbagai jenis vitamin yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim hujan berikut ini! 

Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Hadapi Musim Hujan 

Daya tahan tubuh dibangun dari berbagai sel dan bahan kimia dalam tubuh yang menjaga kesehatan dari berbagai serangan patogen seperti virus, kuman, hingga bakteri. Menjaga daya tahan tubuh tetap optimal menjadi salah satu kunci yang bisa kamu lakukan untuk menghindari berbagai penyakit yang dapat dialami oleh tubuh.

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Selain mengonsumsi berbagai makanan sehat dan mencukupi kebutuhan tidur, kamu juga perlu memastikan bahwa tubuh tidak mengalami kekurangan vitamin yang diperlukan untuk menjaga imun di tengah musim hujan.

Berikut ini beberapa vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang kamu perlukan:

1. Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin daya tahan tubuh yang sangat penting untuk kesehatan. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin ini, maka kamu akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Kekurangan vitamin C menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terpapar patogen yang memicu berbagai penyakit. 

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang memicu kerusakan sel atau peradangan dalam tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri sehingga vitamin ini perlu diperoleh dari berbagai makanan sehat. Beberapa di antaranya adalah jeruk, kiwi, stroberi, pepaya, bayam, hingga kale.

2. Vitamin E

Vitamin E juga menjadi vitamin yang perlu kamu penuhi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat, seperti kacang almond, alpukat, mangga, lobster, brokoli, hingga asparagus.

3. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu jenis nutrisi larut dalam lemak yang penting untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Vitamin D mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh. Bahkan, terpenuhinya kebutuhan vitamin D dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

4. Vitamin B6

Vitamin ini sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Salah satu peran vitamin ini untuk meningkatkan jumlah sel darah putih yang membantu untuk merespon gangguan, seperti bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

5. Vitamin A

Vitamin A juga menjadi salah satu jenis vitamin yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh di musim penghujan. Jadi tidak ada salahnya untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, labu, dan sayuran hijau.

6. Zinc

Zinc membantu tubuh untuk mencegah paparan patogen yang masuk ke dalam tubuh dan memicu berbagai gangguan pada kesehatan. 

Itulah berbagai vitamin daya tahan tubuh yang bisa memperkuat imunitas selama musim hujan. Kamu pun buat bisa buat janji di rumah sakit pilihan menggunakan Halodoc untuk mendapatkan injeksi vitamin atau booster vitamin. Praktis bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 5 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 8 Vitamins & Minerals You Need for a Healthy Immune System.
Healthline. Diakses pada 2022. The 15 Best Supplements to Boost Your Immune System Right Now.