• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Waktu Tepat untuk Datang ke Dokter Spesialis Ginekologi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Waktu Tepat untuk Datang ke Dokter Spesialis Ginekologi

Ini Waktu Tepat untuk Datang ke Dokter Spesialis Ginekologi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Agustus 2022

“Dokter spesialis ginekologi menangani masalah yang berhubungan dengan reproduksi wanita. Beberapa di antaranya adalah masalah keputihan, menstruasi hingga kehamilan.”

Ini Waktu Tepat untuk Datang ke Dokter Spesialis GinekologiIni Waktu Tepat untuk Datang ke Dokter Spesialis Ginekologi

Halodoc, Jakarta – Dokter spesialis ginekologi atau ginekolog berfokus pada kesehatan sistem reproduksi wanita. Mereka mendiagnosis dan mengobati masalah pada rahim, saluran tuba, ovarium dan payudara. 

Setiap wanita sebenarnya dianjurkan mengunjungi ginekolog untuk pemeriksaan tahunan. Hal ini bertujuan mencegah hingga mendeteksi dini penyakit berbahaya yang berkaitan dengan sistem reproduksi, misalnya kanker serviks atau kanker payudara. 

Kapan Perlu Mengunjungi Spesialis Ginekologi?

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, kunjungan ke dokter spesialis ginekologi bisa dimulai saat usia 13 tahun. Namun, kamu perlu segera mengunjungi ginekolog jika mengalami masalah di bawah ini:

1. Nyeri panggul

Sakit di perut bagian bawah, lebih tepatnya daerah panggul, sering menjadi pertanda masalah pada organ reproduksi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kram menstruasi, kista ovarium, endometriosis, hingga kehamilan ektopik.

2. Masalah pada haid 

Segera temui ginekolog jika periode haid tidak teratur, terlebih jika dibarengi dengan gejala nyeri dan pendarahan yang tidak biasa. Bagi wanita berusia 40-an atau 50-an, tanda-tanda di atas sering mengindikasikan menopause, tetapi bisa juga kanker serviks. 

3. Kehamilan dan keluarga berencana

Kalau kamu merasakan tanda-tanda kehamilan, sudah saatnya menemui ginekolog. Mereka juga menangani masalah kehamilan seperti hamil ektopik, preeklamsia, diabetes gestasional dan riwayat keguguran. Bagi pasangan yang ingin melakukan keluarga berencana, ginekolog bisa merekomendasikan jenis-jenis kontrasepsi yang paling sesuai. 

4. Keputihan yang tidak biasa

Keputihan yang abnormal atau tidak biasa juga termasuk indikasi masalah pada reproduksi. Tanda-tandanya bisa berupa cairan yang berwarna kekuningan atau kehijauan, tekstur yang seperti bubur dan bau yang tidak sedap.  Ginekolog dapat mendiagnosis penyebabnya dan memberikan pengobatan.

Tindakan yang Dilakukan Dokter Spesialis Ginekologi

Tergantung indikasi medis yang kamu alami. Tetapi, ginekolog umumnya akan memeriksa sistem reproduksi, baik secara internal dan eksternal. Untuk memeriksa panggul bagian dalam, dokter menggunakan alat khusus yang disebut spekulum untuk melihat bagian dalam vagina dan leher rahim.

Selama pemeriksaan panggul, dokter juga bisa melakukan prosedur yang disebut Pap smear. Biasanya, pemeriksaan ini dilakukan saat ada indikasi infeksi. Pap smear bertujuan untuk mengumpulkan sampel sel dari serviks untuk mengidentifikasi penyebab infeksi.

Jika ada indikasi kehamilan, ginekolog perlu melakukan ultrasonografi (USG) untuk mendeteksi tanda-tanda janin. Dari USG, dokter juga bisa mencari masalah kehamilan seperti janin yang tidak berkembang atau hamil di luar rahim (ektopik).

Bagi wanita yang merasakan benjolan di payudara, dokter perlu melakukan skrining untuk memastikan jenis benjolan tersebut. Sebab, benjolan di payudara bisa disebabkan oleh kista maupun tumor.

Jika ginekolog mendiagnosis sebuah penyakit, mereka dapat memberikan perawatan atau merujuk ke spesialis lainnya. Bergantung pada masalahnya, perawatan bisa mencakup pengobatan, pembedahan, atau hanya menunggu dan melihat perkembangan penyakit.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What Is a Gynecologist?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Gynecologists: When to visit and what to expect.