• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Dimaksud dengan Ictus Cordis Normal dalam Dunia Medis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Dimaksud dengan Ictus Cordis Normal dalam Dunia Medis

Ini yang Dimaksud dengan Ictus Cordis Normal dalam Dunia Medis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Agustus 2022

“Tidak semua orang mengalami ictus cordis normal. Kondisi ini biasanya menimpa orang yang berperawakan kurus atau anak-anak.”

Ini yang Dimaksud dengan Ictus Cordis Normal dalam Dunia MedisIni yang Dimaksud dengan Ictus Cordis Normal dalam Dunia Medis

Halodoc, Jakarta – Umumnya, seseorang tidak bisa melihat denyutan jantung karena letaknya di rongga dada yang cukup dalam. Tetapi, bagi sebagian orang, denyutan jantung bisa terlihat hingga ke luar kulit lho!

Kondisi ini dikenal sebagai ictus cordis normal yaitu denyut jantung yang berasal dari apex jantung atau bagian terluar jantung. Letak apex jantung memang lebih dekat dengan kulit sehingga wajar bila seseorang bisa melihat dan merasakan detak jantung. 

Ictus cordis normal biasanya dialami oleh orang berperawakan kurus atau anak-anak, mereka cenderung punya lapisan lemak yang lebih sedikit. 

Kenali Anatomi Jantung Lainnya

Jantung terdiri dari dinding, ruang, katup, pembuluh darah dan sistem konduksi listrik. Masing-masing punya memiliki fungsinya sendiri.

1. Dinding jantung

Bagian ini terdiri dari otot-otot yang bisa berkontraksi dan melemas. Fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Otot-otot ini dibungkus oleh tiga lapisan yaitu lapisan dalam (endokardium), lapisan tengah (miokardium) dan lapisan luar (epikardium).  

Di luar epikardium, terdapat sebuah kantung pelindung lagi yang disebut perikardium. Kantung tersebut menutupi seluruh jantung dan menghasilkan pelumas agar jantung tidak bergesekan langsung dengan organ lainnya. 

2. Ruang jantung

Jantung terbagi menjadi empat ruang, dua dibagian atas (atrium) dan dua di bagian bawah (ventrikel). 

Ventrikel memiliki dinding yang tebal dan berotot. Sebab, mereka punya tugas yang lumayan berat, yaitu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan paru-paru. Ventrikel kanan berfungsi memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru. Ventrikel kiri bekerja memompa darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh. 

Jika dibandingkan dengan ventrikel, dinding atrium lebih tipis dan tidak berotot. Pasalnya, bagian ini hanya bekerja menerima darah saja. Atrium kanan bertugas menerima darah kotor yang dibawa oleh pembuluh darah vena. Sedangkan, atrium kiri sebaliknya, mereka menerima darah bersih yang berasal dari paru-paru.

3. Katup jantung

Bagian ini diumpamakan seperti pintu yang terdapat pada ruang-ruang jantung. Mereka membuka dan menutup supaya darah bisa mengalir bebas.   

  • Katup trikuspid: Pintu antara atrium kanan dan ventrikel kanan.
  • Katup mitral: Pintu antara atrium kiri dan ventrikel kiri.
  • Katup aorta: Terbuka ketika darah mengalir keluar dari ventrikel kiri ke pembuluh nadi terbesar dalam tubuh (aorta).
  • Katup pulmonal: Terbuka ketika darah mengalir dari ventrikel kanan ke arteri pulmonalis, yaitu arteri yang membawa darah kotor ke paru-paru. 

4. Pembuluh darah

Jantung memompa darah melalui tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena dan kapiler. Arteri membawa darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh. Sebaliknya, pembuluh darah vena bertugas mengangkut darah kotor kembali ke jantung. Sedangkan kapiler adalah pembuluh darah kecil yang menjadi tempat pertukaran darah kotor dengan darah bersih. 

5. Sistem konduksi listrik

Sistem konduksi jantung diumpamakan seperti kabel listrik sebuah rumah. Mereka mengontrol ritme dan kecepatan detak jantung. Contohnya, sinoatrial node, sistem ini bertugas mengirimkan sinyal agar jantung terus berdetak. Ada pula yang disebut nodus atrioventrikular, sistem tersebut bekerja membawa sinyal listrik dari atrium ke ventrikel. 

Kalau kamu masih bingung soal anatomi jantung, tanyakan pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Dokter akan menjawab pertanyaan medis kamu dan memberikan solusi atas keluhan yang kamu alami. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Heart.
Medical Dictionary. Diakses pada 2022. Apex beat.