• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Dimaksud dengan Swab Test Mandiri

Ini yang Dimaksud dengan Swab Test Mandiri

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Virus corona masih menjadi momok yang mengerikan sejauh ini karena belum ditemukannya pengobatan yang efektif untuk mengatasinya. Maka dari itu, setiap orang wajib untuk melindungi diri dan orang disekitarnya agar terhindar dari penyakit ini. Cara yang paling ampuh sejauh ini adalah dengan selalu menggunakan masker saat keluar rumah, menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan.

Meski begitu, terkadang beberapa orang merasakan gejala yang berhubungan dengan COVID-19, atau hanya sekedar ingin mengetahui apakah dirinya positif pada penyakit tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan guna memastikan jika kamu terserang virus corona adalah melakukan swab test mandiri. Seperti apakah pemeriksaan tersebut? Baca pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: Akses Layanan Rapid Test Drive Thru Bisa Dilakukan Melalui Halodoc

Segala Hal yang Harus Diketahui Terkait Swab Test Mandiri

Swab tes mandiri memang dilakukan atas keinginan pribadi dan membayarnya sendiri, tetapi pemeriksaan harus dilakukan oleh tenaga medis profesional di rumah sakit atau laboratorium klinik. Hal ini dikarenakan proses pengambilan sampel dari metode swab tersebut tidak mudah untuk dilakukan.Metode ini harus dilakukan oleh ahli medis profesional yang telah terlatih agar pengambilan sampel lendir dapat dilakukan di area yang tepat dan menjamin keamanan saat alat swab dimasukkan ke hidung atau mulut. Pemerintah menetapkan tarif untuk swab test mandiri dengan PCR sebesar Rp900 ribu.

Baca juga: Wajib Lakukan Rapid Test Sebelum SBMPTN


Melalui swab test mandiri, virus corona yang masuk ke dalam tubuh dapat terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imun di dalam tubuh dan dengan cepat seseorang didiagnosis COVID-19, sebelum gangguan tersebut menyebarkan infeksinya yang menimbulkan dampak buruk. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tetap mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan dengan proses yang sama, seperti pemeriksaan Swab selama ini.


Baca juga: Cek Risiko Tertular Virus Corona secara Online di sini

Jika kamu ingin melakukan swab test mandiri untuk memastikan kesehatan tubuh terbebas dari COVID-19, Halodoc menyediakan layanan pemeriksaan tersebut. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih lokasi tes, tanggal, dan waktu kunjungan di laboratorium klinik untuk mendapatkan layanan pemeriksaan swab test mandiri. Zero worry bukan.

Referensi:

Indonesiare. Diakses pada 2020. Pemeriksaan Swab Mandiri, Memang Bisa, Ya?
Detikhealth. Diakses pada 2020. Mengintip Harga Tes Swab Mandiri Sebelum Dikenai Batas Tertinggi.