• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Perlu Diperhatikan saat Mengidap Dorsalgia

Ini yang Perlu Diperhatikan saat Mengidap Dorsalgia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini yang Perlu Diperhatikan saat Mengidap Dorsalgia

Halodoc, Jakarta – Dorsalgia bisa memberikan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Jika salah memilih posisi, penyakit yang berkaitan dengan nyeri punggung ini bisa semakin parah. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengidap dorsalgia. Tak hanya membuat nyaman, hal ini juga penting untuk mempercepat pemulihan. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat mengidap dorsalgia? 

Dorsalgia merupakan cedera yang menyerang punggung dan leher. Secara umum, penyakit ini didefinisikan sebagai sekumpulan kondisi yang menyebabkan nyeri dan sensasi terbakar pada pada beberapa bagian tubuh. Gejala penyakit ini umumnya menyerang otot, saraf, tulang, dan sendi yang semuanya terkait dengan trauma di struktur kolom tulang belakang. 

Baca juga: 7 Kebiasaan Pemicu Nyeri Punggung Bawah

Pengidap Dorsalgia Harus Perhatikan Ini 

Dorsalgia merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan nyeri pada area punggung dan leher. Saat mengidap penyakit ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya: 

  • Banyak Penyebabnya 

Ada banyak kondisi yang bisa memicu dorsalgia. Secara umum, penyebab nyeri punggung pada satu orang bisa berbeda dengan orang lainnya. Dorsalgia bisa disebabkan oleh gangguan pada sendi tulang belakang, saraf, tulang, dan otot. Pada lansia di atas usia 50 tahun, dorsalgia mungkin terjadi karena gangguan cakram degeneratif atau hernia. 

  • Gejala Berbeda 

Beda penyebab, maka akan berbeda pula gejala dorsalgia yang muncul. Namun, secara umum penyakit ini bisa ditandai dengan muncul sensasi terbakar atau menyengat di sendi, kesulitan membungkuk atau mengubah postur tubuh bagian atas, gangguan saat berjalan, hingga muncul nyeri hebat pada kondisi yang melibatkan saraf terjepit. 

  • Perawatan Dorsalgia 

Cara menangani dan merawat nyeri ini biasanya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Setelah melakukan pemeriksaan dan diagnosis, dokter akan membantu mencari tahu pengobatan dan terapi yang sesuai. Dorsalgia bisa ditangani dengan terapi fisik di rumah, konsumsi obat-obatan, hingga pembedahan. 

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Menstruasi

Mengenal Jenis-Jenis Dorsalgia 

Sangat penting untuk mengenal jenis-jenis nyeri punggung atau dorsalgia. Seperti dikatakan sebelumnya, gejala maupun penanganan dorsalgia akan sangat tergantung pada lokasi nyeri dan terjadinya cedera. Ada beberapa jenis dorsalgia, yaitu: 

  • Dorsalgia Servikal 

Jenis dorsalgia yang satu ini menyerang leher. Biasanya terjadi karena cedera atau proses penuaan saraf tulang belakang. Biasanya, gejala atau rasa nyeri bisa menjalar sampai ke lengan dan leher disertai dengan rasa kebas dan kesemutan. 

  • Dorsalgia Cervicothoracic

Dorsalgia jenis ini muncul di dua daerah sekaligus. Dorsalgia cervicothoracic menyerang area servikal dan thorax di tulang belakang. 

  • Dorsalgia Thoracic

Jenis dorsalgia yang satu ini cukup jarang terjadi. Dorsalgia terjadi pada saraf thoracic yang ada di tulang belakang. 

  • Dorsalgia Thoracolumbar

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan dorsalgia yang muncul di dua tempat sekaligus, thoracic dan lumbar. Kondisi ini akan menyebabkan nyeri punggung bawah.

  • Lumbar atau Lumbal

Dorsalgia jenis ini paling sering terjadi, yaitu nyeri punggung yang menyerang saraf lumbar tulang belakang. Area ini adalah yang paling sering digunakan oleh manusia sehingga rentan mengalami gangguan dan berujung pada lumbar dorsalgia. 

  • Dorsalgia Lumbosacral 

Jenis dorsalgia ini menyebabkan nyeri dan gejala muncul di lumbar sekaligus juga di arena sacral (tulang ekor).

Baca juga: Awas, Ini Penyebab dan Jenis Sakit Punggung yang Perlu Diketahui

Cari tahu lebih lanjut seputar dorsalgia dan hal yang perlu diketahui dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa berbicara pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan tips dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Dorsal Health. Diakses pada 2021. Dorsalgia: What Is It and How Do I Treat It?
Trendy Damsels. Diakses pada 2021. Dorsalgia: Causes, Symptoms, Types, Treatment, Surgery.
National Library of Medicine. Diakses pada 2021. Low back pain: epidemiology of consultations.