Inilah 3 Cara Alami Mengatasi Penyakit Graves

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah 3 Cara Alami Mengatasi Penyakit Graves

Halodoc, Jakarta – Penyakit Graves adalah sebuah gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh dan memengaruhi tiroid. Penyakit ini merupakan penyebab umum hipertiroidisme atau produksi hormon tiroid berlebih. Graves termasuk dalam kategori penyakit autoimun, yaitu jenis penyakit yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat dalam tubuh.

Dalam kondisi graves, sistem kekebalan tubuh menyerang dan memengaruhi kelenjar tiroid. Padahal, sistem kekebalan tubuh harusnya berperan dalam melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Penyakit graves menyebabkan kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di dalam tubuh manusia, hormon tiroid berperan untuk mengatur banyak hal. Mulai dari fungsi sistem saraf, perkembangan otak, serta suhu tubuh. Kabar buruknya, saat kadar hormon ini terlalu banyak di dalam tubuh, maka risiko terjadinya gangguan yang serius pada jantung, otot, tulang, mata, kulit, hingga siklus menstruasi dan masalah kesuburan.

Pada dasarnya, semua orang bisa mengalami penyakit ini. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit graves, salah satunya adalah jenis kelamin. Penyakit graves disebut lebih berisiko menyerang wanita dibanding pria.

Usia juga menjadi salah satu faktor penyakit ini, yaitu orang di bawah usia 40 tahun cenderung lebih sering mengalami penyakit ini. Tak hanya itu, faktor genetik juga disebut berpengaruh. Adanya riwayat penyakit graves dalam keluarga membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit ini.

Namun jangan khawatir, ternyata ada beberapa cara sederhana dan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit graves. Apa saja?

1. Makanan Sehat

Salah satu cara alami untuk mengatasi penyakit graves adalah mengonsumsi makanan sehat. Kamu bisa mencoba untuk menjalani dietnya dengan mengonsumsi jenis makanan tertetu, mulai dari sayuran, buah segar, bumbu rempah, makanan probiotik, dan lemak omega-3.

Tujuan menjalani diet ini adalah untuk mengurangi peradangan didalam tubuh, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh agar lebih baik, hingga menjaga kesehatan usus. Pasalnya, peradangan pada usus bisa memicu gangguan sistem kekebalan tubuh dan bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi.

2. Kelola Stres

Tak dapat dimungkiri, salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah dengan menghindari stres. Reaksi tubuh terhadap stres yang terjadi nyatanya bisa memicu reaksi autoimun dan memperparah gejala peradangan yang sudah ada.

Maka dari itu, pastikanlah untuk selalu menjaga dan mengolola tingkat stres agar penyakit graves tidak semakin parah. Hindarilah hal-hal yang bisa memicu perubahan suasana hati, amarah dan emosi, serta hal lain yang berkaitan dengan stres.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi gejala penyakit graves. Pasalnya, berolahraga bisa membantu mengendalikan stres, membuat tubuh lebih santai, dan menurunkan peradangan dalam tubuh. Agar lebih menyenangkan, lakukanlah jenis olahraga yang disukai, sederhana, dan tidak terlalu berat untuk tubuh.

Cari tahu lebih lanjut mengenai penyakit graves dan cara alami untuk mengatasinya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi terlengkap dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca Juga: