• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 3 Jenis Infeksi Kulit yang Disebabkan oleh Parasit

Inilah 3 Jenis Infeksi Kulit yang Disebabkan oleh Parasit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah 3 Jenis Infeksi Kulit yang Disebabkan oleh Parasit

Halodoc, Jakarta - Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia, sehingga rentan untuk mengalami banyak masalah, seperti luka dan penyakit kulit. Pada gangguan kulit, banyak hal yang menjadi penyebabnya dan berbeda pula cara untuk mengatasinya. Parasit adalah salah satu yang menjadi penyebab terjadinya infeksi pada kulit. Untuk mengetahui beberapa jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit, baca ulasan berikut ini!

Jenis Infeksi Kulit Karena Parasit

Kulit merupakan bagian terbesar pada tubuh manusia dan berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi. Terkadang, bagian itu sendiri yang mengalami infeksi yang dapat disebabkan oleh parasit dan gejalanya dapat bervariasi, mulai dari ringan hingga yang parah. Jenis parasit yang biasanya menyerang adalah serangga kecil atau cacing yang bersembunyi di kulit untuk hidup dan bertelur.

Baca juga: Ini Cara Mengobati Infeksi Kulit Berdasarkan Penyebabnya

Infeksi kulit yang disebabkan oleh parasit umumnya terjadi pada orang-orang yang tinggal bersama beramai-ramai, seperti asrama, atau pada lingkungan yang kurang menjaga kebersihan. Seseorang yang mengalami gangguan ini umumnya akan merasakan gatal dan mungkin diikuti benjolan merah. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis gangguan kulit yang disebabkan oleh parasit karena penanganannya dapat berbeda dengan jenis lainnya. Berikut ini jenisnya:

1. Pedikulosis

Salah satu jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh parasit adalah pedikulosis atau kutu rambut. Kutu ini adalah serangga kecil, tidak bersayap, dan pengisap darah. Hewan ini hidup di rambut pada kepala seseorang dan memakan darah dari kulit kepala. Saat mengalaminya, kamu akan merasakan rasa gatal yang tidak tertahankan. Penyakit ini sangat mudah menular dan setiap orang dapat terinfeksi, ketika menyentuh kepala atau menggunakan barang seseorang yang mengidapnya.

Penyakit kulit ini dapat terdiagnosis dengan cara memeriksa rambut dan kulit kepala dari kutu atau telur kutu. Selain itu, kamu juga dapat menyisir dengan sisir yang agak rapat untuk menangkap kutu yang berwarna terang atau telur kutu yang berwarna gelap. Lalu, cara untuk mengatasinya dengan menggunakan obat kutu rambut yang dilakukan dua kali bersama perawatan kedua setelah seminggu, hingga 9 hari agar telur yang baru menetas langsung mati.

Baca juga: Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Kulit Ringan

2. Scabies

Scabies atau kudis juga termasuk infeksi kulit yang disebabkan oleh parasit atau tungau dengan jenis Sarcoptes scabiei. Seseorang yang mengidapnya harus segera mendapatkan pengobatan karena tungau dapat hidup selama berbulan-bulan di kulit. Tungau berkembang biak di permukaan kulit kemudian bersembunyi dan bertelur. Kamu dapat mendapati timbulnya rumah merah dengan rasa gatal di kulit.

Kondisi ini terbilang sangat mudah ditularkan dari seseorang yang mengidapnya melalui kontak kulit langsung. Kamu juga dapat terserang penyakit ini melalui pakaian atau alas tidur, sehingga tidak perlu kontak kulit. Jangan khawatir, penyakit ini dapat diatasi dengan obat yang efektif membunuh tungau dan telurnya. Pengobatannya juga direkomendasikan dilakukan juga pada orang-orang yang ada di sekitarnya.

3. Creeping Eruption

Infeksi kulit lainnya yang terjadi karena parasit adalah creeping eruption atau penyakit cacing pasir. Penyakit ini disebabkan oleh cacing tambang yang dapat menyebabkan gatal-gatal parah, lecet, dan ruam merah yang terus membesar dan berkelok-kelok. Ruam bisa tumbuh sebesar 1 hingga 2 sentimeter per harinya. Infeksi biasanya muncul di area tubuh yang terkena tanah yang telah terkontaminasi, seperti kaki, tungkai, dan bokong.

Sekarang kamu tahu jenis infeksi kulit apa saja yang disebabkan oleh parasit. Jika kamu melihat gejala yang sama, ada baiknya untuk langsung mendapatkan pengobatan agar masalah yang terjadi lebih mudah diatasi. Dengan begitu, rasa tidak nyaman karena gatal yang parah dapat teratasi dengan baik.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Infeksi Kulit yang Menghitam

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait infeksi kulit yang disebabkan oleh parasit, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah saja, hanya dengan download aplikasi Halodoc, dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa perlu ke luar dari rumah. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Skin Infection: Types, Causes, and Treatment.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. Parasitic Infections of the Skin.