• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Gejala saat Liver Mengalami Masalah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Gejala saat Liver Mengalami Masalah

Inilah 4 Gejala saat Liver Mengalami Masalah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Desember 2021
Inilah 4 Gejala saat Liver Mengalami MasalahInilah 4 Gejala saat Liver Mengalami Masalah

“Masalah pada liver dapat menimbulkan berbagai gejala. Beberapa gejalanya mungkin terlihat seperti kondisi kesehatan lainnya. Kendati demikian, ada beberapa gejala khas yang menandakan liver bermasalah. Berikut gejala liver bermasalah yang perlu kamu ketahui.”

Halodoc, Jakarta – Liver atau hati merupakan salah satu organ terbesar tubuh. Organ tubuh ini juga memiliki banyak fungsi, salah satu yang paling utama adalah menyaring racun, membuat dan mengeluarkan empedu. Ketika muncul masalah pada hati, tentunya kamu akan mengalami sejumlah gejala yang tampak. 

Ada banyak penyakit hati yang dibedakan atas penyebabnya. Mulai dari sirosis hati, perlemakan hati, hepatitis, sampai penyakit hati. Dari sekian banyak jenis penyakit liver, gejala yang timbul sebenarnya punya persamaan. Nah, berikut sejumlah gejala penyakit hati yang perlu kamu ketahui.

Waspadai Gejala Liver Bermasalah

1. Mual

Mual

Gejala yang satu ini adalah paling khas dari penyakit hati. Rasa mual ini dipicu oleh penumpukan racun yang tidak tersaring sempurna oleh hati. Mual bisa terasa sangat hebat sampai-sampai kamu mungkin ingin muntah. Dalam kasus yang parah, seseorang yang mengidap penyakit hati bisa mengalami muntah darah. 

2. Jaundice

Jaundice

Fungsi hati lainnya adalah memproses bilirubin, yaitu senyawa berwarna kuning yang dihasilkan dari proses penguraian sel darah merah di dalam tubuh. Ketika muncul masalah pada liver, organ ini tentu kesulitan memproses bilirubin sehingga menyebabkan penyakit kuning atau jaundice. 

3. Nyeri perut

Nyeri perut

Pembengkakan liver atau adanya masalah pada organ ini pasti akan menimbulkan rasa nyeri. Nyeri perut biasanya terletak di bagian kanan atas tubuh, tepatnya dibawah diafragma dan di sisi kanan lambung. Jika kamu mengalami nyeri di bagian perut ini, bisa jadi liver mengalami masalah.

4. Kelelahan

Kelelahan

Hampir semua masalah kesehatan dapat memicu kelelahan, termasuk masalah pada liver. Pasalnya, organ yang seharusnya bekerja dengan baik tidak mampu menjalankan tugasnya. Akibatnya, fungsi-fungsi tubuh lain terganggu dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil, seseorang yang mengalami masalah liver mudah kelelahan. 

Supaya daya tahan tubuh tetap terjaga, jangan lupa konsumsi vitamin. Segera cek kebutuhan vitamin di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sampai sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi :
Medicinet. Diakses pada 2021. Liver Disease.
National Health Services. Diakses pada 2021. Liver Disease.
Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Common Characteristics of Liver Disease.