• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Ide Quality Time untuk Dilakukan Bersama Keluarga

Inilah 4 Ide Quality Time untuk Dilakukan Bersama Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah 4 Ide Quality Time untuk Dilakukan Bersama Keluarga

Halodoc, Jakarta - Di sela kesibukan semua anggota keluarga, pasti ada satu waktu yang ingin dihabiskan bersama. Hal ini untuk meningkatkan kembali kedekatan yang mungkin sebelumnya terasa agak memudar karena padatnya aktivitas. Terkadang, orangtua kebingungan terkait kegiatan yang cocok untuk dilakukan agar mendapatkan quality time bersama keluarga. Nah, berikut adalah beberapa alternatif yang dapat dilakukan agar kedekatan kembali terjalin!

Menciptakan Beberapa Momen Quality Time Bersama Keluarga

Banyak orang yang berpikir jika keluarga adalah hal yang paling berharga dalam hidupnya. Namun, pikiran ini tidak dibarengi dengan tindakan nyata. Salah satu cara yang paling tepat untuk membuat kedekatan satu sama lain dalam keluarga adalah menghabiskan waktu bersama. Maka dari itu, sebagai orangtua, kamu harus tahu kegiatan yang tepat untuk mendapatkan quality time yang baik dalam keluarga.

Baca juga: Ayah Bekerja, Ini Cara Quality Time dengan Anak

Selain mendapatkan kedekatan dengan anak, kamu mungkin juga dapat mengurangi perasaan stres yang timbul akibat beban pekerjaan. Hal ini juga dapat membuat ayah atau ibu memahami sesuatu yang disukai atau tidak disukai anak. Karena itu, minat dan bakatnya mungkin juga terlihat saat menghabiskan waktu bersama. Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang cocok sebagai quality time bersama keluarga:

1. Makan Bersama

Salah satu cara tepat untuk mendapatkan quality time bersama keluarga adalah dengan makan bersama. Hal ini dapat dilakukan jika kamu sekeluarga memang terbilang jarang makan bareng, atau makan di luar untuk mengganti suasana jika bosan dengan suasana rumah. Cobalah untuk mengatur waktu di sela-sela kesibukan yang ada. Saat waktunya bersama keluarga, lupakan sejenak masalah pekerjaan dan lebih fokus ke anak untuk menghabiskan waktu yang berkualitas.

2. Olahraga Bersama

Saat menghabiskan waktu dengan berolahraga bersama, tubuh yang sehat dan kebersamaan didapatkan secara bersamaan. Cobalah untuk berlari di sekitar komplek atau membeli peralatan olahraga sederhana yang dapat dimainkan bersama, seperti bulutangkis, basket, dan lainnya. Dengan mengajari permainan tersebut, mungkin saja timbul minat anak untuk mendalami olahraga ini agar lebih mahir.

Baca juga: Ibu bekerja, Bagaimana Quality Time dengan Anak?

3. Melakukan Permainan

Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan quality time pada keluarga adalah melakukan sebuah permainan. Jika anggota keluarga berjumlah genap, cobalah untuk membagi menjadi dua tim. Permainan yang cocok untuk hal ini adalah board game atau monopoli yang membutuhkan kerja sama. Contoh permainan lainnya yang dapat menyenangkan dan mencerdaskan adalah Scrabble. Kemampuan anak terhadap bahasa Inggris dapat meningkat secara signifikan jika rutin memainkannya.

4. Menonton Film

Menonton film juga dapat menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menjaga kedekatan dengan anak. Pastikan untuk memilih judul film yang sesuai dengan usianya atau tanya dulu film apa yang ingin ditonton anak. Mungkin anak banyak bertanya tentang segala sesuatu yang ada dalam film tersebut, sehingga lebih baik menghabiskan waktu di rumah. Ibu juga dapat menyediakan berbagai makanan bergizi untuk menemani waktu menonton.

Itulah beberapa kegiatan untuk mendapatkan quality time bersama keluarga. Penting untuk memperhatikan kedekatan bersama anak dengan menghabiskan waktu bersamanya. Cobalah untuk mengatur waktu rutin, seperti seminggu sekali atau sebulan sekali, yang dihabiskan hanya bersama keluarga tersayang.

Baca juga: Kedekatan dengan Keluarga Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Selain itu, beberapa orangtua mungkin bingung menentukan minat dan bakat anak, psikolog dari Halodoc mungkin bisa membantu dengan melihat segala hal yang disukainya. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan. Unduh aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
First Cry. Diakses pada 2021. 10 Best Ways to Spend Time with Your Family.
Happiness is Homemade. Diakses pada 2021. 5 Simple Activities for Quality Family Time.