• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Anak

Inilah 4 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 September 2022

“Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga bulu tangkis bagi anak. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.”

Inilah 4 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk AnakInilah 4 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Selain sepak bola, olahraga bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Lantaran Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu negara kuat, ketika pertandingan bulu tangkis internasional diadakan. Alhasil, tak heran mengapa baik orang dewasa hingga anak-anak senang bermain bulu tangkis. 

Nah, selayaknya jenis olahraga lainnya yang membutuhkan ketangkasan, bulu tangkis nyatanya juga memiliki manfaat yang baik bagi anak. Lantas, kira-kira apa saja manfaat olahraga bulu tangkis untuk anak? Yuk, simak informasinya di sini! 

Beberapa Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Anak

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga bulu tangkis bagi anak:

1. Meningkatkan kesehatan tubuh 

Gerakan bulu tangkis mewajibkan seseorang untuk terus bergerak, baik untuk menangkis, melompat, hingga melakukan servis. Beberapa gerakan tersebut tentunya bermanfaat dalam meningkatkan kondisi fisik anak tetap prima. Ketika anak melakukan gerakan pada bulu tangkis, hal ini juga dapat meningkatkan kekuatan paru-paru. 

Bahkan, bulu tangkis juga dapat meningkatkan kesehatan organ jantung pada tubuh anak. Sebab, sebagian besar jantung terdiri dari otot yang kinerjanya akan meningkat ketika secara teratur ditantang oleh olahraga. Maka dari itu, penguatan otot jantung dapat membantu menangkal penyakit jantung

2. Membantu menurunkan berat badan

Risiko obesitas nyatanya tak hanya rentan dialami oleh orang dewasa saja, karena anak-anak juga dapat mengalaminya. Nah, manfaat kesehatan selanjutnya dari bermain bulu tangkis bagi anak adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini lantaran bulu tangkis memerlukan ketangkasan dan cenderung membuat pemainnya terus bergerak, sehingga lemak akan terbakar. 

Nah, perlu diketahui bahwa satu jam bermain bulu tangkis dapat membakar lemak setidaknya 450 kalori. Agar hasilnya lebih optimal, ibu juga dapat mengombinasikan latihan bulu tangkis dengan memberikan anak makanan sehat bergizi seimbang. 

3. Mengurangi stres

Olahraga bulu tangkis juga dapat mengurangi stres pada anak. Sebab, ketika anak bermain bulu tangkis, tubuhnya akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Mulai dari dopamin, endorfin, serotonin, hingga triptofan. Nantinya, hormon tersebut akan menggantikan hormon kortisol, yaitu hormon steroid yang dialirkan ke dalam darah sebagai respons tubuh terhadap rasa stres. Berdasarkan manfaat yang satu ini, dapat dikatakan bahwa bermain bulu tangkis tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental anak. 

4. Membantu menurunkan kadar gula darah

Melakukan olahraga bulu tangkis untuk anak juga bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Sebab, olahraga secara umum dapat mencegah gula dalam darah untuk terakumulasi. Hal ini dapat terjadi karena saat berolahraga, otot akan terpicu untuk mengambil lebih banyak glukosa dari aliran darah, untuk digunakan sebagai energi. Dengan demikian, bermain bulu tangkis secara rutin tentunya dapat membantu anak untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. 

Itulah beberapa manfaat olahraga bulu tangkis untuk anak. Mulai dari  meningkatkan kesehatan tubuh, membantu menurunkan berat badan, mengurangi stres, hingga membantu menurunkan kadar gula darah. Selain pada aspek kesehatan, bermain bulu tangkis juga dapat menjadi ajang anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan keterampilan bersosialisasi anak.

Berdasarkan beberapa manfaat tersebut, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk mendukung anak yang memiliki ketertarikan di bidang olahraga bulu tangkis. Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memperhatikan kesehatan anak. Jika anak memiliki keluhan kesehatan yang tak kunjung membaik, segeralah periksakan kondisinya ke dokter. 

Melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter spesialis anak, untuk memeriksakan kondisi Si Kecil. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Parents. Diakses pada 2022. 10 Benefits of Physical Activity for Kids. 
Medline Plus. Diakses pada 2022. Benefits of Exercise. 
Grid Kids. Diakses pada 2022. Sederet Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Fisik dan Mental.