• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Menu Sarapan yang Baik untuk Hindari Obesitas

Inilah 4 Menu Sarapan yang Baik untuk Hindari Obesitas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan energi guna menjalankan aktivitas seharian, salah satunya dengan mengonsumsi sarapan setiap pagi. Sarapan menjadi kegiatan yang cukup penting untuk dilakukan setelah kamu menjalani “puasa” selama satu malam saat tidur. Sarapan sangat baik untuk menambahkan kebutuhan nutrisi yang hilang selama kamu tidur.

Baca juga: 5 Pilihan Sarapan Sehat dan Mengenyangkan untuk Si Kecil

Tidak hanya untuk menambah energi, kebiasaan sarapan dapat membantu meningkatkan fungsi otakmu. Jika kamu melewati sarapan, kamu akan berisiko menjadi lebih lesu dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Selain itu, sarapan juga dapat membantu untuk mengontrol berat badan sehingga kamu akan terhindar dari kondisi obesitas. Namun, kamu harus mengonsumsi beberapa makanan yang tepat. Nah, ketahui beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika sarapan, agar kamu terhindar dari kondisi obesitas, di sini. Berikut ulasannya.

Sarapan Sehat untuk Hindari Obesitas

Jangan remehkan sarapan. Dengan sarapan, tubuh akan kembali mendapatkan berbagai asupan nutrisi dan gizi yang hilang selama tidur. Sarapan juga digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan kadar glukosa yang dapat diubah kembali menjadi energi.

Dengan begitu, tubuh akan menjalankan fungsinya dengan optimal dan kamu akan terhindar dari kondisi lesu maupun kesulitan untuk berkonsentrasi. Melansir dari Better Health, melewatkan waktu sarapan pada pagi hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti kekurangan berat badan, gangguan tidur, bahkan hingga munculnya penyakit kronis.

Beberapa orang melewatkan sarapan karena memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Tahukah kamu dengan rutin sarapan dapat membantu kamu untuk mengontrol berat badan? Namun, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat setiap paginya agar kalori yang masuk dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik.

Baca juga: Kenali Ragam Menu Sehat untuk Diet

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi saat sarapan agar terhindar dari kondisi obesitas, seperti:

1.Pisang

Melansir Health, buah pisang menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika sarapan. Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, buah pisang juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup banyak. 

Jenis pisang Cavendish menjadi pisang yang sebaiknya kamu konsumsi untuk sarapan. Satu buah pisang cavendish memiliki sekitar 150 kalori didalamnya yang terdiri dari serat, antioksidan, dan beberapa nutrisi.

2.Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal saat sarapan nyatanya dapat membantu kamu untuk mengontrol berat badan. Melansir dari Everyday Health, mengonsumsi oatmeal membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu bisa lebih memerhatikan makanan yang akan kamu konsumsi siang hari. Untuk menu yang sehat, kamu bisa mencampur oatmeal dengan buah pisang agar lebih menarik.

3.Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang rendah kalori, tetapi kaya akan protein sehingga baik untuk dikonsumsi saat sarapan. Banyak berbagai pilihan menu sarapan dengan telur, kamu bisa membuat telur rebus untuk sarapan atau membuat sandwich dari roti gandum yang digabung dengan telur dan sayuran.

4.Chia Seeds

Chia seeds menjadi salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sarapan dan dapat membantu kamu untuk mengontrol berat badan. Dalam satu ons chia seeds atau setara dengan 28 gram, terdapat 11 gram serat. 

Chia seeds juga menjadi salah satu makanan yang dapat menyerap air sehingga dapat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama. Namun, meskipun baik untuk mengontrol berat badan, tetapi perlu diketahui bahwa chia seeds memiliki kandungan protein sedikit. Sebaiknya kombinasikan chia seeds dengan susu almond dan buah beri agar kandungan protein dapat meningkat.

Baca juga: Intip 5 Sarapan Para Miliarder di Pagi Hari dan Manfaatnya

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk sarapan agar berat badan dapat terkontrol dengan baik. Untuk merasakan manfaat ini, jangan lupa tetap lakukan olahraga secara rutin dan gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung dengan dokter mengenai cara menjaga berat badan agar tetap stabil. Praktis, kan?

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2020. Breakfast.
Health. Diakses pada 2020. The 20 Healthiest Foods to Eat for Breakfast.
Healthline. Diakses pada 2020. The 12 Best Foods to Eat in The Morning.
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Evidence Based Health Benefits of Bananas.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 7 Reasons You Should Eat Oatmeal Every Day.