• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Olahraga Rumahan yang Bisa Dicoba Bersama Si Kecil

Inilah 4 Olahraga Rumahan yang Bisa Dicoba Bersama Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu kegiatan aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Berbagai manfaat olahraga dapat dirasakan oleh anak-anak, seperti menjaga kesehatan anak, membantu anak meningkatkan kreativitas, membangun hubungan sosial, hingga meningkatkan rasa percaya diri. Ibu dapat memastikan olahraga yang cocok untuk dilakukan anak agar ia dapat merasakan manfaat dari kegiatan olahraga yang dilakukan.

Baca juga: 3 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Si Kecil

Tidak harus diluar rumah, ibu dapat mengajak anak untuk melakukan beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah secara bersama. Selain manfaat olahraga, melakukan olahraga bersama dengan anak juga dapat meningkatkan ikatan emosional antara anak dan orangtua. Tidak ada salahnya, ketahui beberapa olahraga rumahan yang bisa dicoba bersama Si Kecil.

1.Senam

Bagi orang dewasa, banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan olahraga senam. Mereka bisa mengunjungi tempat gym atau melakukan senam di rumah. Tidak hanya untuk orang dewasa, ibu bisa mengajak anak untuk melakukan olahraga senam di rumah. Melansir Kids Health, berbagai manfaat bisa ibu rasakan ketika rutin mengajak anak untuk senam, seperti meningkatkan kekuatan otot dan tulang, menurunkan risiko obesitas pada anak, dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur anak.

Lakukan beberapa gerakan senam yang mudah. Ibu bisa mengiringi olahraga senam dengan lagu-lagu kesukaan anak. Senam bersama anak bisa dilakukan selama 60 menit setiap harinya. Yang terpenting, buatlah olahraga menjadi menyenangkan agar anak mau melakukan olahraga senam secara rutin.

Baca juga: Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kebugaran Tubuh Anak

2.Lempar Tangkap Bola

Bola menjadi salah satu permainan yang menarik bagi seluruh anak-anak. Gunakan kesempatan ini untuk mengajak Si Kecil olahraga dalam rumah. Melansir Very Well Family, mengajak anak bermain bola dapat meningkatkan motorik, kekuatan tangan, dan juga gerakan koordinasi tubuh yang menjadi beberapa hal yang penting bagi pertumbuhan anak.

Namun, saat bermain bola sebaiknya sesuaikan jenis bola yang akan digunakan untuk bermain dengan Si Kecil. Untuk bermain di dalam rumah, sebaiknya hindari bermain dengan bola yang memiliki tekstur cukup keras. Pilihlah bola yang memiliki tekstur lembut dan ringan, kondisi ini untuk menghindari cedera pada anak.

3.Lompat Tali

Melompat merupakan kegiatan yang cukup disukai anak-anak. Melansir The Amazing Jump Rope, tidak ada salahnya mengajak Si Kecil untuk melakukan olahraga lompat tali. Kegiatan melompat pada anak ternyata dapat membantu meningkatkan kecerdasan. Tidak hanya itu, melakukan olahraga lompat tali dapat menurunkan stres pada anak. Kegiatan ini dapat melepaskan hormon endorfin sehingga meningkatkan kebahagiaan pada anak.

Pastikan saat akan melakukan lompat tali, ibu melakukan kegiatan ini di tempat yang aman. Ibu juga bisa meletakkan karpet agar permukaan lantai lebih nyaman untuk anak-anak dan menghindari cedera pada anak. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanya langsung dengan dokter jika anak mengalami cedera ringan saat melakukan olahraga lompat tali di rumah.

4.Menari

Tentunya sangat menyenangkan bisa menari bersama dengan anak di rumah sambil diiringi lagu kesukaan anak. Selain dapat menurunkan risiko stres yang dialami anak, ternyata menari bersama di rumah dapat membuat anak terhindar dari kondisi obesitas karena gerakan yang dilakukan. Tidak hanya itu, kekuatan otot dan keseimbangan tubuh pun dapat meningkat.

Baca juga: Lakukan Ini agar Si Kecil Suka Olahraga Sejak Kecil

Jadi, jangan ragu untuk melakukan beberapa olahraga tersebut bersama anak. Buatlah sesi olahraga yang ibu lakukan bersama anak menjadi menyenangkan agar anak mau melakukan olahraga secara rutin.

Referensi:
Stage Coach. Diakses pada 2020. The Benefits of Dance for Young Children.
The Amazing Jump Rope. Diakses pada 2020. Why Every Child Must Have Jump Rope?
Very Well Family. Diakses pada 2020. Why Your Child Should Be Playing With Balls.
Kids Health. Diakses pada 2020. Kids and Exercise.