• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Profesi yang Berisiko Terkena Plantar Fasciitis

Inilah 4 Profesi yang Berisiko Terkena Plantar Fasciitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah 4 Profesi yang Berisiko Terkena Plantar Fasciitis

Halodoc, Jakarta - Kamu sedang mengalami pembengkakan pada kaki dan sering merasa nyeri saat bangun pagi? Bisa jadi kamu ternyata mengalami plantar fasciitis atau inflamasi pada tumit. Seseorang yang mengalami masalah ini menjadi sulit untuk berjalan. Gangguan ini dapat terjadi akibat cedera atau kebiasaan sehari-hari karena tuntutan profesi. Maka dari itu, kamu harus tahu profesi apa saja yang berisiko menyebabkan masalah ini. Berikut ulasannya!

Profesi dengan Risiko Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah terjadinya peradangan pada jaringan yang menghubungkan antara bagian tumit dengan jari kaki. Jaringan tersebut disebut juga dengan plantar fascia. Fungsi dari plantar fascia adalah sebagai penyangga telapak kaki dan membantu tubuh untuk berjalan. Saat terlalu banyak digunakan, cedera dapat terjadi. Hal ini yang akhirnya memicu peradangan dan timbulnya rasa nyeri pada tumit.

Baca juga: Ini Penyebab Plantar Fasciitis dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap plantar fasciitis. Salah satunya adalah profesi yang mengharuskan kamu berdiri sepanjang hari. Hal tersebut dapat membuat kamu mengalami pembengkakan kaki yang akhirnya terjadi peradangan. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa profesi yang memiliki risiko tinggi dari peradangan pada tumit ini agar kamu dapat menghindarinya. Berikut ini beberapa profesi tersebut:

1. Perawat

Salah satu profesi yang memiliki risiko terhadap plantar fasciitis adalah perawat. Seseorang dengan pekerjaan ini menghabiskan banyak waktu dengan posisi berdiri. Hal ini karena kaki menopang tiga kali berat tubuh setiap melangkah. Selain itu, perawat juga harus melakukan beberapa pekerjaan, seperti mengangkat pasien, berlari karena keadaan darurat, dan lainnya. Maka dari itu, jika kamu berprofesi sebagai perawat, ada baiknya untuk berhati-hati terhadap gangguan ini.

2. Balerina

Semua orang tahu jika balerina sangat bertumpu pada kakinya saat melakukan gerakan indah. Hal tersebut dapat berisiko tinggi menyebabkan cedera atau bengkak pada jaringan di tumit. Karena itu, lama-kelamaan akan mengakibatkan peradangan yang berakhir pada plantar fasciitis. Memang, risiko ini sulit dihindari oleh seseorang dengan profesi berikut karena kesehariannya seperti itu. Cara satu-satunya untuk mencegahnya adalah dengan berhenti dari profesi tersebut.

Baca juga: Benarkah Atlet Bisbol Rentan Alami Cubital Tunnel Syndrome?

3. Pekerja Konstruksi

Seseorang yang profesinya menyangkut konstruksi dapat berisiko terhadap banyak kecelakaan, termasuk juga bagian kaki. Selain itu, seseorang dengan profesi ini juga dapat mengalami plantar fasciitis. Hal ini disebabkan beban yang diangkatnya setiap hari sehingga menekan bagian kaki. Akhirnya, cedera yang berkembang pada peradangan dapat terjadi dan menyebabkan kesulitan untuk berjalan karena rasa sakit yang ditimbulkan.

4. Pegawai Restoran

Pegawai restoran seperti pelayan atau juru masak dapat menghabiskan waktu berjam-jam dengan posisi berdiri atau berjalan untuk mengantarkan pesanan. Dengan posisi berdiri yang terlalu lama, dapat meningkatkan risiko untuk mengalami plantar fasciitis. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan sepatu yang selalu mendukung aktivitas kaki agar tetap nyaman. Selain itu, manfaatkan juga jam istirahat dengan mengistirahatkan kaki agar kembali rileks.

Itulah beberapa pekerjaan yang berisiko untuk mengalami plantar fasciitis. Jika kamu menggeluti profesi-profesi tersebut, ada baiknya untuk selalu berhati-hati terhadap risiko yang ada. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menggunakan sepatu yang nyaman dan juga istirahatkan kaki jika sempat. Dengan begitu, bagian tumit kamu akan selalu terasa sehat.

Baca juga: Bagaimana Cara Atasi Sindrom Nyeri Patellofemoral?

Apabila kamu memiliki pertanyaan terkait gangguan plantar fasciitis, ada baiknya untuk bertanya langsung pada dokter dari Halodoc. Kamu dapat memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call, pada aplikasi tersebut untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Southeast Orthopedic Specialist. Diakses pada 2020. 5 Jobs That Ruin Your Feet.
Nursing Center. Diakses pada 2020. Nurses & Plantar Fasciitis: Keep Your Hard-Working Feet Healthy.