• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Tips Memotong Kuku Anjing Kesayangan

Inilah 4 Tips Memotong Kuku Anjing Kesayangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Memotong kuku anjing adalah bagian penting dari perawatan anjing. Ingat, kuku anjing harus senantiasa dirawat demi kebersihan dan kesehatannya. Masalahnya, memotong kuku bisa menjadi pengalaman yang memicu kecemasan bagi banyak anjing.

Oleh sebab itu, mulailah memegang kaki dan memotong kukunya saat mereka masih kecil. Tujuannya, agar mereka terbiasa dengan kegiatan tersebut. Lalu, bagaimana sih cara memotong kuku anjing dengan benar dan aman? Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Ketahui Tips Memberi Makan Anjing Dewasa

1.Pilih Gunting Kuku yang Tepat

Cara memotong kuku anjing diawali dengan memilih gunting kuku yang tepat. Ada dua model dasar gunting kuku untuk anjing, yaitu tipe gunting dan tipe guillotine. Keduanya dapat digunakan untuk memotong kuku anjing, jadi pilihlah desain yang paling kamu sukai.

Jika anjing merasa kedua jenis gunting tersebut tidak dapat ditolerir, alternatif lainnya adalah penggiling kuku (nail grinder). Alat ini menawarkan kontrol yang bagus, tetapi membutuhkan waktu lebih lama daripada gunting dan beberapa orang (dan anjing) merasa suara dan getaran yang dihasilkan tidak menyenangkan. 

Kamu juga bisa meminta saran dari dokter hewan tentang jenis pemotong kuku apa yang terbaik untuk anjing kesayanganmu, dan cara menggunakannya dengan benar.

2.Berikan Banyak Pujian dan Camilan

Beberapa anjing tidak suka jika kakinya disentuh, jadi sebaiknya biasakan kegiatan memotong kuku ini sedari dirinya kecil. Nah, untuk membantu anjing dengan kaki yang sensitif, pastikan untuk memberi mereka banyak pujian dan camilan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba pijat kakinya secara rutin agar mereka merasa lebih nyaman ketika dirimu memotong kukunya. 

Baca juga: Waspadai Masalah Pencernaan pada Anjing di Musim Hujan

3.Cermat Ketika Memotongnya

Mulailah dengan merentangkan kaki anjing untuk memeriksa kotoran pada kukunya. Lalu, ambil jari kaki anjingmu dan pegang dengan kuat, tetapi dengan lembut. Kemudian, pegang pemotong kuku dan potonglah kuku dari atas ke bawah dengan sedikit miring, bukan dari sisi ke sisi. 

Lalu, masukkan kuku melalui lubang pemangkas untuk memotong ujung setiap kuku. Jangan memangkas dengan sudut tumpul untuk menjaga kelengkungan kuku yang ada. Setelah kuku dipotong, gunakan ampelas khusus anjing (kikir kuku) untuk menghaluskan pinggiran yang kasar.

4.Jangan Panik Bila Terluka

Ada kalanya memotong kuku anjing tak berjalan seperti yang diharapkan. Bisa saja anjing terluka ketika kamu keliru atau tidak cermat saat memotong kukunya. Lalu, bagaimana cara mengatasi kuku atau jari anjing yang terluka saat kamu memotong kukunya? 

Di kondisi ini, anjing kesayanganmu mungkin akan menyalak dan mungkin meronta. Inilah saat yang tepat untuk mengakhiri sesi memotong kuku. Setelah itu cobalah oleskan bubuk styptic khusus anjing atau pati jagung (corn starch) ke ujung kuku yang berdarah. Selanjutnya, berikan sedikit tekanan saat kamu menekan bedak ke dalam luka untuk memastikannya menempel. 

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Anjing Jantan di Sterilisasi

Ingat, jika pendarahan berlanjut selama lebih dari beberapa menit, balutlah dengan perban atau kain. Kemudian, bawalah anjing kesayanganmu ke dokter hewan terdekat. Tujuannya untuk mendapatkan penanganan yang tepat, dan memeriksa kemungkinan adanya gangguan pembekuan darah.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
American Society for the Prevention of Cruelty to Animals. Diakses pada 2020. Dog Grooming Tips.
The American Kennel Club. Diakses pada 2020. How to Trim Your Dog’s Nails Safely