• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Juni 2022

“Seledri mengandung air, serat, beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan yaitu mendukung kesehatan jantung, fungsi pencernaan, hingga membantu mengontrol gula darah.”

Inilah 5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Seledri merupakan sayuran yang termasuk bagian famili Apiaceae, yaitu wortel. Sayuran ini dikenal memiliki tangkai yang renyah dan bisa dipilih sebagai camilan rendah kalori. Menariknya lagi, seledri juga memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. 

Serat dalam seledri bermanfaat untuk fungsi sistem pencernaan dan kardiovaskular. Seledri juga mengandung antioksidan yang mungkin berperan dalam mencegah beberapa penyakit. Selain itu, seledri juga mengandung air, serat, beberapa vitamin dan mineral. Itulah sebabnya sayuran ini layak dijadikan menu makanan sehat.

Lantas, apa saja manfaat seledri yang perlu diketahui?

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Nutrisi dalam seledri memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, bagaimanapun, nutrisi tersebut hanya dalam jumlah yang relatif kecil. Sehingga dengan hanya mengonsumsi seledri saja tidak cukup untuk memenuhi gizi tubuh. Namun, setidaknya ini manfaat seledri untuk kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Mendukung kesehatan jantung

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, seledri juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Termasuk potasium dan kalsium, yang penting untuk kesehatan jantung. Seledri juga mengandung folat dan vitamin K, keduanya diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan pembekuan darah yang efektif. 

Seledri juga merupakan sumber senyawa tanaman pelindung yang disebut flavonoid, yang memiliki efek antiinflamasi dan perlindungan pada sistem kardiovaskular. Menjalani pola makan dengan sumber makanan berserat seperti seledri, bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Mendukung fungsi pencernaan

Seledri merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik, yang penting untuk fungsi pencernaan. Kandungan fitonutrien juga bermanfaat untuk melindungi mukosa pencernaan, dan dapat mencegah tukak lambung.

  1. Mengontrol tekanan darah

Beberapa praktisi pengobatan Cina, memanfaatkan seledri dan ekstraknya telah lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah studi yang dilansir dari PubMed Central, melihat efek ekstrak biji seledri pada tekanan darah tikus yang memiliki tekanan darah normal atau hipertensi buatan.

Peneliti pada studi tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak seledri dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan detak jantung pada tikus dengan tekanan darah tinggi. Namun, efek yang sama tidak terlihat pada tikus dengan tekanan darah normal. Sehingga masih diperlukan banyak penelitian bagaimana seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah pada manusia. 

  1. Meredakan hiperlipidemia

Hiperlipidemia mengacu pada peningkatan molekul lemak dalam darah. Kondisi ini sering kali tidak bergejala, tapi dapat meningkatkan risiko jangka panjang penyakit jantung dan stroke. 

  1. Dapat meningkatkan kontrol gula darah

Dengan indeks glikemik yang rendah dan kandungan serat yang tinggi, seledri bermanfaat bagi mereka yang perlu memantau kadar gula darahnya. Studi juga menunjukkan bahwa cara ini juga efektif untuk mengurangi kadar glukosa darah.

Itulah yang perlu diketahui mengenai potensi manfaat seledri untuk kesehatan. Lantas, apakah semua orang bisa mengonsumsi seledri untuk mendapatkan manfaatnya?

Bagi sebagian besar, seledri merupakan makanan yang sehat. Namun, bagi beberapa orang lainnya mungkin memiliki alergi terhadap seledri. Reaksi ringan setelah mengonsumsi seledri mungkin bisa terjadi. Misalnya gejala gatal pada mulut dan lidah, bersin, atau pilek.

Penting juga untuk dicatat bahwa seledri mengandung oksalat yang tinggi. Sehingga mungkin tidak cocok dikonsumsi bagi mereka yang memiliki batu ginjal, atau kondisi lainnya yang berhubungan dengan ginjal.

Untuk itu, sebaiknya tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc terlebih dulu jika khawatir memiliki masalah kesehatan terkait ginjal. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Health benefits and risks of celery
BBC Good Food. Diakses pada 2022. Top 5 health benefits of celery
Live Science. Diakses pada 2022. Celery: Health benefits & nutrition facts