04 October 2018

Inilah 5 Manfaat Jujitsu Bagi Kesehatan Tubuh

inilah 5 manfaat jujitsu bagi kesehatan tubuh

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya olahraga bela diri, jujitsu termasuk macam aliran beladiri yang kini banyak digemari orang. Selain bermanfaat untuk menjaga diri, seni bela diri yang berasal dari Jepang ini memiliki banyak keistimewaan bagi kesehatan fisik dan psikis. Penasaran seperti apa saja manfaat jujitsu? Berikut penjelasannya.

1. Menurunkan Berat Badan

Seiring bergulirnya waktu, seni bela diri ini juga mengalami perkembangan. Contohnya, Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) yang filosofinya bagaimana lawan yang lebih kecil, lemah, dan lambat, dapat menghadapi lawan yang besar dan kuat. Menurut ahli, seni bela diri ini punya banyak manfaat, khususnya bagi wanita.

Selain ampuh untuk melindungi diri, jenis bela diri ini juga efektif menurunkan berat badan. Bila dibandingkan dengan kick boxing yang fokus ke pukulan dan tendangan, gerakan BJJ justru enggak seperti itu. Seni bela diri ini fokus ke teknik kuncian, bantingan, cekikan, dan layaknya bergulat.

BJJ yang merupakan hasil modifikasi dari olahraga judo, fokus melatih seluruh  bagian anggota tubuh, sehingga kalori yang dibakar akan lebih banyak. Dalam praktiknya, bagian tubuh yang dilatih, antara lain bahu, dada, perut, leher, paha, dan betis.

Kata ahli BJJ, bila kamu mau proses penurunan berat badan berjalan efektif, maka harus disertai dengan pola makan yang baik. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menjajal olahraga ini sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu

2. Mengurangi Stres dan Energi Negatif

Manfaat jujitsu enggak hanya menyoal fisik saja. Olahraga bela diri yang banya menguras keringat ini juga bisa memperbaiki mood seseorang. Kata ahli, olahraga ini merangsang pelepasan zat kimia dalam tubuh yang disebut endorfin. Zat inilah yang dapat memunculkan rasa senang yang berguna untuk melepaskan segala energi negatif dan menghilangkan stres.

Di samping itu, rutin melakukan olahraga beladiri seperti jujitsu, juga dapat membantu membuat mood menjadi lebih baik. Singkat kata, manfaat jujitsu baik untuk melepas stres sehingga membuat hidup jadi lebih berkualitas.

3. Melatih Fleksibilitas dan Meningkatkan Stamina

Seni beladiri ini melibatkan hampir seluruh anggota tubuh sehingga otomatis akan meningkatkan kebugaran tubuh. Kata ahli, jujitsu juga bisa membuat sistem metabolisme tubuh bekerja lebih baik dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, jujitsu yang mengharuskan pegiatnya bergerak dengan cepat untuk melumpuhkan lawan, juga dapat melatih fleksibilitas tubuh dalam bergerak.

4. Mengencangkan Otot

Gerakan-gerakan pemanasan jujitsu dinilai baik untuk menguatkan otot. Misalnya, push up, sit up, berlari, hingga berjalan jongkok yang efeknya bisa membuat otot jadi lebih kuat dan kencang. Nah, karena melibatkan hampir  semua anggota tubuh, jujitsu sangat efektif untuk melatih kekuatan seluruh otot tubuh, terutama otot perut dan paha.

5. Lebih Berani dan Percaya Diri

Wanita yang rutin berlatih olahraga beladiri seperti jujitsu, bisa membuat dirinya jadi lebih percaya diri dan lebih berani. Selain itu, olahraga jenis ini juga bisa melatih kepekaan dan membangun kekuatan mental dalam dirinya. Nah, misinya agar perempuan lebih berani bersikap dan berdaya atas dirinya. Dengan berlatih bela diri, perempuan jadi semakin mampu menguatkan dirinya dengan bekal ilmu bela diri praktis.

Kamu juga bisa lho mendiskusikan manfaat olahraga bela diri melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: