• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 5 Manfaat Penting ASI untuk Newborn

Inilah 5 Manfaat Penting ASI untuk Newborn

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Air Susu Ibu (ASI) disarankan menjadi “makanan wajib” bagi bayi baru lahir alias newborn. Bukan tanpa alasan, kandungan gizi yang ada di dalam ASI nyatanya dibutuhkan bayi. Ada sederet manfaat yang bisa didapat dari menyusui secara langsung dari puting ibu. Disarankan untuk memberi ASI secara eksklusif, sampai bayi berusia 2 tahun. 

Air Susu Ibu (ASI) memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam pertumbuhan, dan menjaga tubuhnya tetap sehat. Bagi newborn, ASI bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, memperkuat kekebalan tubuh, hingga menghindari risiko serangan penyakit tertentu. Biar lebih jelas, simak pembahasan seputar manfaat ASI berikut! 

Baca juga: Mitos & Fakta Tentang Menyusui

Manfaat ASI untuk Kesehatan Bayi

ASI bisa membantu menjaga kesehatan bayi secara keseluruhan dan mendukung pertumbuhan. Setidaknya, ada beberapa manfaat penting ASI untuk newborn, di antaranya: 

1.Pencernaan Sehat 

Bayi yang mendapatkan asupan ASI disebut memiliki pencernaan yang lebih sehat. Pasalnya, kandungan gizi dalam ASI bisa membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Si Kecil, sehingga ia terhindar dari risiko gangguan seperti diare dan sakit perut.

2.Kekebalan Tubuh Lebih Baik 

Manfaat lain yang bisa didapat dari ASI adalah sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Dengan begitu, Si Kecil tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit. 

3.Menghindari Risiko Penyakit 

Manfaat penting ASI lainnya adalah menghindari risiko penyakit. Bayi yang terbiasa menyusu ASI disebut lebih jarang mengembangkan penyakit seperti asma, alergi, diabetes, serta kelebihan berat badan alias obesitas. 

4.Lebih Cerdas 

Perkembangan otak bayi yang mendapat ASI sejak dini disebut lebih baik. Maka dari itu, ASI dipercaya bisa membantu anak berkembang dengan baik dan lebih cerdas. 

5.Membangun Kedekatan

Selain manfaat kesehatan, menyusui secara langsung juga bisa membantu membangun kedekatan antara ibu dan anak. Membiasakan bayi untuk menyusu langsung dari puting payudara bisa meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak, dan hal itu bisa memberi manfaat baik untuk perkembangan anak. 

Baca juga: Ibu Baru Jangan Takut Menyusui, Ikuti Langkah Ini

Jangan menyerah untuk memberi ASI pada bayi, sekalipun di awal terasa menyulitkan atau anak menolak. Ibu baru bisa mempelajari hal ini atau meminta saran dari dokter. Coba bicarakan tips menyusui dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Download sekarang di App Store dan Google Play! 

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Bayi dengan Kondisi Tongue-tie Bagi Ibu Menyusui

Memberi ASI secara langsung memberi banyak manfaat sehat untuk ibu dan bayi, meski hal ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri. Perasaan tidak nyaman bisa terjadi dan ibu diharapkan bisa mengatasi hal itu agar bisa memberi manfaat sehat untuk bayi maupun ibu. Pada awalnya, bayi mungkin akan menolak atau kebingungan dalam menemukan puting (bingung puting).  

Referensi 
Healthline. Diakses pada 2020. Breast-Feeding vs. Bottle-Feeding: The Pros and Cons.
WebMD. Diakses pada 2020. Breast vs. Bottle for Feeding Your Baby.
NCBI. Diakses pada 2020. Effect of Breastfeeding Duration on Cognitive Development in Infants: 3-Year Follow-up Study.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Colostrum – The Superfood For Your Newborn.