• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Khasiat Daun Sambiloto untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Khasiat Daun Sambiloto untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Inilah 6 Khasiat Daun Sambiloto untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 September 2022

“Daun sambiloto ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Zat andrografolida yang terkandung di dalambya memiliki khasiat sebagai antivirus, antibakteri, dan antiradang.”

Inilah 6 Khasiat Daun Sambiloto untuk Tingkatkan Daya Tahan TubuhInilah 6 Khasiat Daun Sambiloto untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alam untuk pengobatan herbal. Salah satu pengobatan herbal di Indonesia yang cukup terkenal adalah daun sambiloto.

Daun ini terkenal dengan rasa pahitnya tetapi ia memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia. Zat andrografolida yang terkandung dalam daun sambilito memiliki khasiat sebagai antivirus, antibakteri, antiradang. Oleh sebab itu, daun ini dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun sambiloto juga mengandung antioksidan lain, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin. Obat herbal ini sering digunakan sebagai obat flu alami dan penambah daya tahan tubuh karena mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Berbagai Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Dengan kandungan zat andrografolida, daun sambiloto dapat digunakan sebagai antivirus. Oleh karena itu, obat herbal ini mampu memperkuat daya tahan tubuh dari virus atau bakteri. 

Nah, berikut manfaat daun sambiloto untuk kesehatan:

  1. Meringankan Gejala Flu

Daun sambiloto dapat mengobati gejala flu seperti batuk, pilek, bersin, demam, tenggorokan gatal lebih cepat. Ini karena kegunaan antibakteri dan antivirus dari zat yang terkandung dalam herbal ini.

Untuk memaksimalkan pemulihan, konsumsi pil sambiloto bersama dengan ginseng. Selain itu, kamu juga perlu istriahat yang cukup, makan makanan yang seimbang, hindari polusi, dan tidak merokok.

  1. Mengatasi Peradangan

Ketika tubuh merasakan sakit, infeksi, atau cedera, tubuh akan otomatis bereaksi secara alami untuk melakukan perlindungan. Nah, reaksi ini disebut juga peradangan.

Peradangan dapat disertai dengan beberapa gejala, seperti demam, pembengkakan di bagian tubuh yang meradang, dan tidak enak badan. Sambiloto mengandung zat antiradang yang efektif mengatasi gejala peradangan.

  1. Menurunkan Demam

Demam terjadi akibat adanya peradangan pada tubuh. Kondisi ini terjadi apabila tubuh sedang diserang oleh virus atau bakteri. Konsumsi herbal sambiloto adalah solusi tepat karena mengandung zat antivirus dan antibakteri.

  1. Mencegah Potensi Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak yang terkandung pada obat herbal ini mampu menurunkan dan mengontrol gula darah, serta mendukung efektivitas pengobatan diabetes dengan metformin. Namun, penggunaan sambiloto harus sesuai dengan anjuran karena jika berlebihan akan menimbulkan efek berbahaya yaitu hipoglikemia.

  1. Menyembuhkan Infeksi

Sifat antibakteri, antivirus, dan antiradang dari herbal ini diketahui dapat mencegah gangguan yang disebabkan oleh infeksi, termasuk sinusitis. Zat pahit dapat membantu mencegah proses bakteri yang menyebabkan sinusitis menempel pada lapisan sinus.

Malaria, radang paru-paru, TBC, leptospirosis, kusta, herpes, sifilis, gonore, dan rabies adalah penyakit menular tambahan yang dapat diobati dengan ramuan herbal ini. Bahkan, belakangan diketahui sambiloto bisa mengurangi gejala infeksi HIV. Menurut penelitian, herbal ini dapat memperkuat sistem kekebalan pasien HIV/AIDS.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Daun sambiloto mengandung banyak zat anti kanker seperti andrographolide yang secara ilmiah terbukti efektif dalam mengobati kanker prostat, kanker lambung, dan usus besar. Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah perkembangan sel kanker.

Itulah penjelasan mengenai khasiat daun sambiloto pada kesehatan. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai hal ini, kamu bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc, ya! Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Guardian. Diakses pada 2022. Health Benefits of Drinking Bitter Leaf Juice.
Vanguard. Diakses pada 2022. Bitter Leaf: Why you should take advantage of this herb.
The Statesman. Diakses pada 2022. The health benefits of bitter leaf are impressive.