• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 7 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Inilah 7 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Coba tebak, Kira-kira berapa banyaknya pengidap diabetes secara global? Jangan kaget ya, menurut data dari WHO, setidaknya saaat ini sekitar 422 juta orang di Dunia mesti berhadapan dengan penyakit ini. Angka kira-kira empat kali lebih banyak daripada 30 tahun lalu. Sungguh mengkhawatirkan, bukan?

Dari Angka di atas, kira-kira 90 persen pengidapnya merupakan pengidap diabetes tipe 2 yang sebelulnya dapat dicegah. Nah, berbicara diabetes, ada satu kondisi yang selalu berkaitan, yaitu kadar gula darah yang tinggi. Kondisi inilah yang bisa memicu atau umum dialami oleh pengidap diabetes.

Ingat, kadar gula darah yang tinggi bisa berujung fatal. Mulai dari memicu diabetes, gagal ginjal, hingga penyakit kardiovaskular. Lantas, bagaimana sih cara menurunkan gula darah?

Nah, berikut beberapa makanan yang bisa menurunan gula darah tubuh.

Baca juga: Inilah Cara Alami Menangani Diabetes dan Menurunkan Gula Darah

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan dengan indeks glikemik yang terbilang rendah. Dengan begitu, buah ini cocok dimanfaatkan untuk membantu menurunkan gula darah. Menariknya lagi, oatmeal mengandung  B-glukan, yang memiliki manfaat:

  • Mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan.

  • Meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Membantu menjaga kontrol glikemik.

  • Mengurangi lemak darah (lemak).

Sebuah tinjauan tahun 2015 mengatakan, oatmeal atau gandum memiliki efek menguntungkan untuk mengontrol glukosa darah pada pengidap diabetes tipe 2. Meski begitu, dokter merekomendasikan pengidap diabetes perlu membatasi konsumsi oatmeal. Sebab, secangkir oatmeal mengandung sekitar 28 gram karbohidrat.

  1. Kacang-kacangan

Makanan yang bisa menurunkan gula darah lainnya adalah kacang-kacangan. Makanan ini kaya serat dan rendah indeks glikemik. Di samping itu, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, dan nutrisi lainnya, termasuk:

  • Vitamin antioksidan.

  • Fitokimia, seperti flavonoid.

  • Mineral, termasuk magnesium dan kalium.

Menurut studi sistemik pada 2014 menyimpulkan, kacang-kacangan bisa bermanfaat bagi pengidap diabetes. Hal yang perlu diingat, kacang-kacangan yang baik dikonsumsi adalah kacang utuh. Bukannya kacang yang telah diproses. Sebab, kacang yang telah diproses atau mengandung perasa memiliki skor indeks glikemik yang tinggi.

  1. Ikan Tuna

Makanan yang mengandung protein dapat membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya. Protein tidak meningkatkan indeks  glikemikmu, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.

Selain itu, protein juga meningkatkan rasa kenyang. Jadi, mengandalkan protein untuk merasa kenyang ketimbang roti, nasi, ataupun pasta bisa menjadi cara yang baik untuk mengelola gula darah. Ikan tuna merupakan sumber protein yang bagus. Rendah lemak tidak sehat dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Beberapa jenis ikan yang juga direkomendasikan adalah ikan forel, ikan kembung, dan ikan salmon.

Baca juga: Inilah yang Dimaksud dengan Prediabetes dan Cara Mengatasinya

  1. Blueberry dan Blackberry

Blackberry dan blueberry tidak meningkatkan kadar gula darah seperti kebanyakan buah lainnya. Berry ini kaya serat dan memiliki konsentrasi antisianin tertinggi. Antosianin sendiri bisa menghambat enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pencernaan.

Tak cuma itu, antosianin juga dapat mencegah lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan yang kaya pati. Menariknya lagi, menurut jurnal dalam US National Library of Medicine - National Institutes of Health, menambahkan blueberry bioaktif (22,5 gram) ke smoothie dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam resistensi insulin.

5. Kakao

Kakao adalah biji mirip kacang yang digunakan untuk membuat selai cokelat dan manisan seperti mentega cokelat. Sebelum diolah, kakao memiliki rasa pahit. Biji kakao kaya akan antioksidan dan mengandung flavanols yang disebut epicatechin, yang mengatur produksi glukosa. Kondisi ini sedikit banyak dapat membantu menstabilkan gula darah, bahkan untuk pengidap diabetes.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki potensi untuk membantu mengelola gula darah. Penelitian menunjukkan asupan bawang putih dapat menurunkan glukosa darah puasa atau kadar gula darah sebelum makan.

Bawang putih juuga rendah indeks glikemik, sebab tidak memiliki karbohidrat, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Baca juga: Inilah Tanda-tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

7. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam mengandung magnesium dan vitamin A yang dapat membantu menurunkan gula darah. Selain bayam, sayuran lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kale, lobak, kubis, dan selada. Untuk menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke dalam pola makan, kamu bisa membuat olahan smoothie.

Mau tahu lebih jauh mengenai makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat atau dan voice/video call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodco sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Which foods lower blood sugar?
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Bioactives in Blueberries Improve Insulin Sensitivity in Obese, Insulin-Resistant Men and Women.
World Health Organization. Diakses pada 2020. Diabetes