• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Inilah 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Januari 2022
Inilah 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Ada beberapa jenis sayur yang diketahui baik untuk kesehatan ginjal. Sayur-sayuran, seperti paprika merah, kubis, asparagus, kaya akan kandungan nutrisi baik yang bermanfaat untuk mendukung fungsi ginjal dan mencegah penyakit yang bisa menyerang organ penting tersebut.

Halodoc, Jakarta - Makanan sehat seperti sayur dan buah mampu menunjang kesehatan tubuh. Namun sayangnya, masih banyak orang yang enggan makan sayur dengan alasan tidak suka. Padahal, makanan tersebut memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan organ penting dalam tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan ginjal. Berikut ini beberapa sayur yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan ginjal:


1. Paprika Merah

Paprika merah merupakan sayuran ramah ginjal dengan kandungan kalium rendah, yang mampu menjaga kesehatan organ ginjal, sekaligus aman dikonsumsi pengidap sakit ginjal. Bukan itu saja, sayuran ini juga mengandung vitamin C, A dan B6, serta nutrisi lain, seperti asam folat dan serat.

2. Kubis

Kubis merupakan sayuran bebas potasium aman bagi organ ginjal. Kandungan phytochemical didalamnya, mampu membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang menjadi pemicu penyakit kronis, seperti kanker. Bukan itu saja, makanan sehat ini kaya akan serat, vitamin B6, K dan C, juga asam folat yang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Bawang Putih

Bawang putih mampu menjaga kesehatan ginjal karena sifat diuretiknya. Diuretik sendiri dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Selain itu, makanan sehat ini mampu mengurangi peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh, menurunkan kolesterol, serta berperan sebagai antibiotik alami untuk tubuh.

4. Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran yang mengandung asam folat dan serat. Sayuran ini mampu membersihkan organ ginjal secara alami, serta meningkatkan fungsinya. Kembang kol memiliki kandungan rendah potasium yang aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal kronis.

5. Asparagus 

Asparagus memiliki kandungan asparagin yang mampu membersihkan organ ginjal secara alami. Secara tidak langsung, makanan sehat ini mampu mencegah batu ginjal, dengan menunjang fungsi ginjal menjadi lebih baik. Bukan itu saja, asparagus juga mengandung tinggi serat, tvitamin A, C, E, dan K.

6. Kale

Kale merupakan sayuran yang mampu menjaga kesehatan ginjal karena mengandung rendah kalium. Makanan sehat yang satu ini juga mengandung vitamin A dan C, kalsium, serta mineral yang dapat membantu fungsi normal organ ginjal.

7. Bayam 

Bayam merupakan sumber vitamin A yang diperlukan untuk memproduksi jaringan epitel, yaitu jaringan yang melapisi tabung filtrasi kecil di dalam ginjal dan saluran kemih. Fungsinya adalah melapisi seluruh organ, pembuluh darah, pembuluh getah bening, dan rongga dalam tubuh.

8. Kacang Polong dan Kacang Hijau 

Kacang polong dan kacang hijau memiliki kandungan rendah potasium dan tinggi serat. Serat sendiri diperlukan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, yang berperan penting dalam mengelola berat badan berlebih dan diabetes. Kedua gangguan kesehatan tersebut merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

Itulah beberapa sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Menjaga kesehatan organ ginjal bukan hanya dapat dilakukan dari konsumsi makanan sehat saja, tetapi juga suplemen atau multivitamin yang sesuai dengan kondisi tubuh. Nah, untuk mendapatkan suplemen atau multivitamin yang dibutuhkan, kamu dapat menggunakan fitur cek kebutuhan obat dan vitamin di aplikasi Halodoc.


Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What foods are good for kidneys?
Fusionhealth.com.au. Diakses pada 2021. Kidney-nourishing foods.