• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Ini 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kekayaan Indonesia akan rempah-rempah memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu jenis rempah-rempah yang bisa kamu temukan dengan mudah di negeri ini adalah kayu manis. Punya aroma dan rasa yang enak, kayu manis sering dijadikan penambah rasa pada berbagai masakan dan minuman. Enggak hanya itu saja, khasiat kayu manis ternyata juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan lho. 

  1. Baik untuk Diet

Buat kamu yang sedang diet, sering-seringlah mengonsumsi kayu manis. Ini karena menurut penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute, kayu manis memiliki kandungan zat cinnemaldehyde yang bermanfaat untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat mengurangi nafsu makan kamu.

Jadi, agar berat badanmu bisa cepat turun, minumlah air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu secara rutin ya. Dengan begitu, manfaat kayu manis untuk diet bisa langsung kamu rasakan.

Baca juga: Ingin Diet, Ganti Bumbu di Dapur dengan Rempah Lezat

  1. Kaya akan Antioksidan

Selain cinnemaldehyde, kayu manis juga punya kandungan bermanfaat lainnya seperti zat anti-oksidan yang cukup tinggi. Zat ini dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh, misalnya mengurangi kerusakan dalam tubuh akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini, mencegah stres oksidatif, serta mampu mengontrol pembentukan oksida nitrat yang bisa menimbulkan gangguan otak, penyakit kanker, dan penyakit serius lainnya. Beberapa zat antioksidan yang terdapat dalam kayu manis, yaitu polifenol, asam fenolik, dan flavonoid.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat kayu manis untuk kesehatan jantung juga sudah terbukti. Rempah-rempah yang satu ini dapat mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol LDL yang jahat dan trigliserida, sementara kadar kolesterol HDL yang baik tetap stabil. Bahkan, sebuah studi review baru-baru ini mengungkapkan bahwa kayu manis juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin, kamu pun bisa terhindar dari berbagai macam gangguan jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida yang tinggi.

  1. Mencegah Diabetes

Khasiat kayu manis yang juga sudah dikenal banyak orang adalah dapat menurunkan gula darah. Kayu manis dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme, pertama dengan mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah kamu makan. Hal ini dilakukan dengan mengganggu sejumlah enzim pencernaan, sehingga karbohidrat dapat diurai dengan lebih lambat di saluran pencernaan.

Kedua, senyawa dalam kayu manis juga dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh, meskipun tidak secepat insulin itu sendiri. Sejumlah penelitian yang sudah dilakukan pada manusia juga sudah mengonfirmasi efek anti-diabetes dari kayu manis, dengan menunjukkan hasil bahwa kadar gula darah puasa dapat turun sebesar 10-29 persen dengan mengonsumsi kayu manis.

  1. Anti-Inflamasi

Ternyata, zat anti-oksidan dalam kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat ,sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan di seluruh tubuh.

Baca juga: Sering Dipakai Masak, Apa Manfaat Kunyit bagi Kesehatan?

  1. Mencegah Kanker

Manfaat kayu manis lainnya adalah bisa mencegah kanker. Hal ini berkat adanya kandungan zat anti-oksidan yang berkhasiat melindungi terhadap kerusakan DNA, mutasi sel dan pertumbuhan tumor. Sedangkan kandungan cinnemaldehyde, berguna untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.

  1. Mengurangi Nyeri Rematik

Bagi kamu yang mengidap rematik, mengonsumsi kayu manis sangat dianjurkan karena rempah-rempah ini dipercaya dapat mengurangi nyeri rematik. Hal ini turut didukung oleh penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi sitokin, yaitu protein-protein kecil yang dapat menyebabkan rematik.

  1. Baik untuk Kesuburan Wanita

Masalah kesuburan memang kerap dialami oleh wanita. Namun, kamu enggak perlu khawatir lagi karena masalah tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi kayu manis. Dikutip dari Natural Fertility Info, kayu manis berkhasiat mencegah wanita terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Kandungan enzim phosphatidylinositol 3 kinase yang terdapat di dalamnya mampu melawan penyakit yang mengganggu fungsi ovarium wanita ini. Selain itu, kayu manis juga berkhasiat memperlancar siklus menstruasi bagi kamu yang jadwal datang bulannya tidak teratur.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Lidah Buaya yang Perlu Diketahui

Banyak sekali kan manfaat kayu manis yang bisa kamu dapatkan. Jadi, kamu bisa mulai menambahkan rempah-rempah ini ke dalam makanan atau minumanmu sehari-hari. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal jenis makanan tertentu dan kandungan nutrisi di dalamnya, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:                                                                                                              
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Evidence-Based Health Benefits of Cinnamon.