• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 9 Makanan yang Kaya Vitamin E

Inilah 9 Makanan yang Kaya Vitamin E

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Vitamin E adalah senyawa yang larut dalam lemak dengan sifat antioksidan. Vitamin E penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan pembuluh darah, dan menjaga keremajaan kulit. Kandungan vitamin E bisa didapatkan secara alami melalui makanan. 

Kacang, biji-bijian, dan beberapa minyak adalah beberapa makanan yang kaya kandungan vitamin E. Sayuran berwarna hijau tua, buah-buahan, dan beberapa jenis seafood juga mengandung vitamin E yang cukup. Kini, banyak ditemukan sereal dan makanan pengganti yang mengandung vitamin E. 

Baca juga: 6 Cara Mudah untuk Tingkatkan Sistem Imun

Makanan yang Kaya Vitamin E

Makanan yang mengandung banyak vitamin E ini sebaiknya tidak kamu lewatkan, di antaranya:

  • Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari bisa menjadi cemilan enak. Kamu juga bisa menaburkannya pada yogurt, oatmeal, atau salad. Satu porsi biji bunga matahari (100 gram) mengandung 35,17 miligram vitamin E. Biji bunga matahari dikemas dengan berbagai nutrisi dan dapat membantu kamu mendapatkan cukup serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

  • Almond

Setiap 100 gram almond, setidaknya terdapat 25,63 mg vitamin E. Kamu bisa mengemil almond panggang, menambahkannya ke sereal sebagai toping dan membaurnya pada makanan yang dipanggang. Alternatif lainnya, kamu bisa minum susu almond untuk mendapatkan vitamin E secara alami. 

  • Kacang

Kacang adalah camilan yang sudah populer sejak lama. Tahukah kamu bahwa setidaknya terdapat 4,93 mg vitamin E dalam setiap 100 gram porsi kacang panggang kering. Pastikan kamu membeli kacang tanah yang dipanggang kering dibanding memilih kacang dengan garam dan perasa tambahan. 

  • Minyak

Beberapa minyak mengandung sangat tinggi vitamin E. Selain lemak dan kalori, sebagian besar minyak mengandung sedikit nutrisi lain. Misalnya minyak biji gandung, minyak dedak beras, minyak biji anggur, dan minyak safflower. 

  • Alpukat

Alpukat adalah buah serbaguna yang mengandung sangat sedikit gula dan banyak nutrisi. Dalam 100 gram buah alpukat terdapat 2,07 miligram vitamin E. Alpukat juga mengandung 10 miligram vitamin C yang menjadi tambahan menyehatkan. 

Baca juga: Ini 3 Alasan Harus Konsumsi Suplemen Vitamin E

  • Bayam

Bayam termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran berwarna hijau tua. Satu porsi atau setara 100 gram bayam mentah mengandung 2,03 miligram vitamin E. Jenis sayuran lainnya yang bisa kamu pilih yaitu brokoli, sawi, atau kubis.

  • Swiss Chard

Sayuran berdaun hijau tua ini mengandung 1,89 miligram vitamin E dalam setiap porsi 100 gram. Seperti kebanyakan sayuran hijau lainnya, lobak swiss ini mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti magnesium, vitamin C, vitamin A, dan zat besi. 

  • Labu Butternut

Butternut squash adalah sayuran lezat yang umumnya banyak dihidangkan di musim gugur dan dingin di beberapa negara. Terdapat 1,29 miligram vitamin E dalam setiap 100 gram labu butternut panggang. 

  • Sayur Bit

Meskipun banyak orang yang akrab dengan rasa bit, tapi tidak semua orang tahu bahwa ini adalah sayuran yang daunnya bisa dimakan. Kamu bisa menggunakan sayur bit dalam salad atau menumisnya dengan minyak. Satu porsi atau 100 gram sayuran bit matang mengandung 1,81 miligram vitamin E. Sayur bit juga mengandung banyak nutrisi tambahan, termasuk vitamin A, vitamin C, kalium, serat, zat besi, dan kalsium. 

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi vitamin E yang cukup akan membantu mengurangi risiko berbagai kondisi, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, dan penurunan kognitif. Jika diperlukan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E. 

Apabila kamu khawatir tentang kadar vitamin E yang diasup pada tubuh, kamu dapat berbicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc tentang peningkatan asupannya. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. 10 foods rich in vitamin E
Healthline. Diakses pada 2020. 20 Foods That Are High in Vitamin E