• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Aktivitas Fisik di Rumah yang Bisa Dilakukan Anak Sesuai Usia

Inilah Aktivitas Fisik di Rumah yang Bisa Dilakukan Anak Sesuai Usia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Aktivitas Fisik di Rumah yang Bisa Dilakukan Anak Sesuai Usia

Halodoc, Jakarta – Sudah siap untuk libur panjang? Namun, ditengah pandemi seperti ini sebaiknya tahan dulu keinginan untuk berpergian ke tempat yang ramai demi menghindari COVID-19. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu libur panjang di rumah bersama keluarga, agar kesehatan keluarga terjaga dan juga mempererat hubungan emosional antar anggota keluarga.

Baca juga: Inilah 4 Olahraga Rumahan yang Bisa Dicoba Bersama Si Kecil

Jangan khawatir anak merasa bosan selama berada di rumah. Ibu bisa mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas fisik yang menyenangkan dan sesuai dengan usia anak. Yuk, cari tahu aktivitas fisik yang bisa dilakukan anak sesuai dengan usia, di sini untuk mengisi libur panjang di rumah!

Inilah Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Sesuai Usia Anak

Selain untuk mengisi libur panjang di akhir pekan, aktivitas fisik menjadi kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi anak. Aktivitas fisik merupakan kegiatan apapun yang dapat melibatkan pergerakan tubuh pada anak. Mulai dari kegiatan sehari-hari, permainan aktif yang melibatkan fisik, hingga berolahraga. 

Rutin melakukan aktivitas fisik membuat imun tubuh anak semakin membaik apalagi saat ini kasus positif COVID-19 masih terus meningkat. Tidak hanya itu, kegiatan ini dapat membantu mengoptimalkan kesehatan mental anak, menjaga kesehatan otak, menambah kekuatan tubuh, serta membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Berikut adalah aktivitas fisik yang bisa dilakukan sesuai dengan usia anak.

1.Usia 3–5 Tahun

Disarankan pada usia 3–5 tahun anak-anak harus memiliki aktivitas fisik yang cukup setiap harinya. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat membantu anak untuk memperkuat tulang dan tubuh serta mempertahankan berat badan yang sehat sejak dini. Tidak hanya aktivitas untuk bergerak, anak-anak usia balita membutuhkan gerakan yang beragam agar kegiatan ini menjadi menyenangkan. 

Di usia ini, ibu bisa mengajak anak untuk meniru berbagai gerakan dari hewan-hewan yang disukai anak, menari dengan lagu kesukaan, atau mengajak anak untuk bermain di halaman rumah sambil mengenal tanaman yang ada.

Baca juga: 5 Aktivitas yang Direkomendasikan untuk Anak Mengisi Liburan

2.Usia 6–8 Tahun

Pada usia ini, perkembangan anak semakin optimal sehingga ibu sudah bisa mengajak anak untuk bermain lempar tangkap bola di halaman rumah. Tidak hanya itu, ibu juga bisa mulai mengajak anak untuk melakukan olahraga ringan, seperti senam atau yoga yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Pastikan anak-anak melakukan gerakan senam atau yoga sesuai dengan usianya agar terhindar dari cedera. 

3.Usia 9–11 Tahun

Di usia ini, ibu bisa mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas fisik dengan intensitas yang lebih tinggi dibandingkan usia lain. Ibu bisa mulai mengajak anak untuk berolahraga secara rutin, misalnya dengan berjalan mengitari rumah, bermain sepeda statis, atau melakukan olahraga lompat tali.

Itulah beberapa kegiatan aktivitas fisik yang bisa ibu lakukan di rumah bersama anak. Jika anak kurang menyukai aktivitas olahraga, ibu bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan rumahan. Berbagai kegiatan rumahan yang bisa dilakukan anak, seperti menyapu halaman, membereskan mainan, membantu orangtua mencuci kendaraan, hingga berkebun. Ibu bisa rutin melakukan kegiatan ini selama 1–3 jam setiap harinya bersama anak-anak.

Baca juga: 5 Olahraga yang Boleh Diajarkan ke Anak Sejak Bisa Berjalan

Hal yang perlu diingat, kegiatan ini akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama dengan seluruh keluarga. Dengan begitu, anak akan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Jangan paksakan kegiatan ini jika anak mengalami keluhan kesehatan, seperti demam ringan, pusing, atau mual. 

Segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter agar ibu dapat melakukan penanganan pertama yang tepat pada anak. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. Fitness and Exercise for Kids.
Active for Life. Diakses pada 2020. 49 Fun Physical Activities To Do with Kids Aged 2 to 4.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Physical Activity.
Raising Children. Diakses pada 2020. Physical Activity for Babies and Children: Why and How Much.